Comscore Tracker

Duo Minions Berpeluang Raih Penghargaan BWF Player of The Year 2018

Anthony Ginting juga masuk nominasi


Setelah serangkaian turnamen BWF World Tour yang digelar di sepanjang tahun 2018 ini, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) bersiap memberikan penghargaan kepada para pebulu tangkis yang dinilai tampil hebat di tahun ini.

Sabtu (8/12/2018) akhir pekan kemarin, BWF telah merilis beberapa nominasi peraih BWF Award of the year 2018. BWF Player of The Year merupakan penghargaan tahunan dari BWF berdasarkan pada prestasi atlet sepanjang tahun. Pemenang penghargaan akan dipilih oleh BWF Awards Commission. Menariknya, ada beberapa pebulu tangkis Indonesia yang masik dalam daftar nominasi BWf Award 2018. Siapa saja?

1. Marcus/Kevin kandidat kuat peraih Male Player of The Year

Duo Minions Berpeluang Raih Penghargaan BWF Player of The Year 2018bwfbadminton.com/news-single


Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, masuk dalam nominasi BWf Awards 2018 untuk kategori Male Player of The Year. Pesaing Marcus/Kevin untuk kategori ini adalah tunggal putra asal Jepang, Kento Momota dan pemain ganda campuran Tiongkong, Zheng Siwei.

Sepanjang tahun 2018 ini, Marcus/Kevin mampu melanjutkan dominasi mereka di ganda putra. Ganda putra ranking 1 dunia ini telah meraih 8 gelar BWF World Tour plus medali emas Asian Games 2018. Delapan gelar BWF World Tour yang berhasil mereka raih yakni di ajang Daihatsu Indonesia Masters Super 500, All England Super 1000, India Open Super 500, Blibli Indonesia Open Super 1000, Japan Open Super 500, Denmark Open Super 750, Fuzhou China Open Super 750 dan Hong Kong Open Super 500.

Bahkan, pada Desember ini, pasangan yang dijuluki Duo Minions ini berpeluang menambah gelar. Mereka akan tampil di BWF World Tour Finals 2018 yang digelar di Tiongkok mulai 12 Desember 2018. Merujuk pada pencapaian konsisten tersebut, Marcus/Kevin berpeluang besar terpilih dibanding Momota atau Siwei meski keduanya juga berprestasi di tahun ini.

Bila terpilih, Marcus/Kevin berarti meraih BWF Male Player of The Year secara beruntun di tahun 2017 dan 2018. Tahun 2017 lalu, Marcus/Kevin terpilih sebagai Male Player of The Year di Dubai. 

Baca Juga: Draw BWF World Tour Finals Diumumkan, Minions Berada di Grup Neraka

2. Apriyani Rahayu dan Gregoria Mariska masuk nominasi "Eddy Choong Most Promising Player of The Year"

Duo Minions Berpeluang Raih Penghargaan BWF Player of The Year 2018badmintonindonesia.org

Sementara di kategori Eddy Choong Most Promising Player of The Year alias pemain paling menjanjikan di tahun 2018, ada dua pemain Indonesia yang masuk dalam nominasi. Yakni pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dan pemain ganda putri, Apriyani Rahayu.

Di tahun ini, meski belum mampu juara BWF World Tour, Gregoria jadi semifinalis Thailand Open 2018 dan Denmark Open 2018. Pemain berusia 19 tahun ini juga seringkali membuat kejutan dengan menumbangkan pemain-pemain unggulan.

Sedangkan Apriyani yang berpasangan dengan Greysia Polii, meraih dua gelar di India Open 2018 Super 500 dan Thailand Open Super 300 serta meraih medali perunggu di nomor perorangan dan beregu Asian Games 2018. Di tahun 2017 lalu, Apriyani juga masuk nominasi di kategori yang sama. Gelar ini dimenangi oleh pemain Tiongkok, Chen Yufei.

Dikutip dari badmintonindonesia.org Apriyani mengaku senang kerja kerasnya mendapat apresiasi. "Tahun lalu saya dinominasikan di kategori yang sama, tapi belum bisa menang. Semoga tahun ini bisa menang. Semoga ini bisa menambah motivasi saya agar dapat prestasi lebih baik lagi," kata Apriyani kepada Badmintonindonesia.org.

Gregoria dan Apriyani bersaing dengan beberapa nominasi lainnya seperti tunggal putri Malaysia yang merupakan juara dunia junior 2018, Goh Jin Wei, pasangan ganda putra Tiongkok, Han Chengkai/Zhou Haodong dan pemain ganda Tiongkok, He Jiting.

 

3. Sementara Anthony Ginting masuk nominasi "BWF Most Improved Player of The Year 2018"

Duo Minions Berpeluang Raih Penghargaan BWF Player of The Year 2018twitter.com/inabadminton

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting juga masuk dalam nominasi BWF Award 2018 untuk kategori BWF Most Improved Player of The Year 2018 alias pemain yang perkembangannya paling pesat di tahun ini.

Anthony Ginting yang kini masuk 10 besar tunggal putra top dunia, tahun ini berhasil meraih gelar di BWF World Tour di Daihatsu Indonesia Masters 2018 dan China Open 2018. Ia juga meraih medali perunggu Asian Games 2018 di nomor perorangan dan beregu.

Untuk kategori ini, Anthony Ginting bersaing dengan pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, pemain ganda Korea, Seo Seung Jae, pemain ganda Tiongkok He Jiting dan pasangan ganda putri Jepang yang memenangi Kejuaraan Dunia 2018, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara.

5. Pebulu tangkis Para-badminton Indonesia juga masuk nominasi

Duo Minions Berpeluang Raih Penghargaan BWF Player of The Year 2018www.paralympic.org/news

Satu lagi pebulu tangkis Indonesia yang masuk dalam kategori BWF Award Nominees 2018 adalah, Leani Ratri Oktila. Pebulu tangkis para-badminton ini masuk dalam kategori Female Para-badminton Player of The Year 2018. Leani merupakan peraih medali emas Asian Para Games 2018 untuk kategori ganda putri SL3-SU5 dan ganda campuran SL3-SU5.

Leani bersaing dengan dua kandidat lainnya, yakni pemain tunggal putri para badminton Thailand, Sujirat Pookkham dan Yuma Yamazaki dari Jepang, tunggal putri para badminton dari Jepang.

Pengumuman pemenang BWF Player of The Year akan dilakukan dalam acara gala dinner BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, Tiongkok, pada Senin, 10 Desember 2018 pukul 18.30 waktu Guangzhou. Dari lima nama pemain Indonesia tersebut, siapa menurut kalian yang akan meraih penghargaan individu dari BWF ini?

Baca Juga: Ini Lho 8 Ganda Campuran yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2018

Hadi Santoso Photo Community Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You