4 Fakta Pemain-Pemain Indonesia di BliBli Indonesia Open 2018

Turnamennya dimulai hari ini

Mulai hari ini, Selasa (3/7/2018) turnamen BliBli Indonesia Open 2018 digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta hingga 8 Juli mendatang. Turnamen level teratas dalam rangkaian seri BWF World Tour (level Super 1000) berhadiah total 1.250.000 USD ini diikuti pebulu tangkis top dunia di lima nomor yang dipertandingkan (tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran).

Tentu saja, sebagai tuan rumah, Indonesia juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Bila di Indonesia Open 2017 lalu Indonesia hanya bisa meraih satu gelar, bagaimana tahun ini? Berikut fakta-fakta pemain Indonesia di Indonesia Open 2018.

1. Ada 31 wakil Indonesia yang tampil di BliBli Indonesia Open 2018  

4 Fakta Pemain-Pemain Indonesia di BliBli Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Turnamen BliBli Indonesia Open 2018 tidak memberlakukan babak kualifikasi. Meski begitu, ada cukup banyak pemain Indonesia yang tampil di salah satu turnamen bergengsi dalam rangkaian World Tour BWF di tahun 2018 ini.  

Total ada 31 pemain Indoesia yang tampil di lima nomor BliBli Indonesia Open 2018.. Di nomor tunggal putra, ada tiga pemain Indonesia yang tampil. Yakni Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan Tommy Sugiarto yang pekan lalu tampil di Malaysia Open 2018. Kemudian 4 pemain tunggal putri yakni Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Gregoria Mariska dan Lyanny Mainaky yang menjadi pemain PFR (promoted from reserves) alias promosi ke babak utama.

Sementara di nomor ganda, Indonesia memiliki cukup banyak wakil yang tampil. Yakni tujuh (7) pasangan ganda putra, kemudian 10 pasangan ganda putri dan tujuh (7) pasangan ganda campuran. 

Semoga pemain-pemain Indonesia bisa menampilkan performa terbaik di "rumah" sendiri.

 2. Tiga pemain Indonesia masuk daftar unggulan

4 Fakta Pemain-Pemain Indonesia di BliBli Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Dari 31 pemain Indonesia yang tampil di BliBli Indonesia Open 2018, ternyata hanya ada tiga pemain yang masuk dalam daftar seeded (unggulan). Ini karena memang daftar seeded dihuni oleh pemain-pemain top dunia sehingga tidak sembarang pemain yang masuk kategori unggulan.

Tiga pemain Indonesia yang masuk unggulan yakni pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang menjadi unggulan 1 ganda putra, lalu pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu yang menjadi unggulan 7 ganda putri. Serta, pasangan senior, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi unggulan pertama di ganda campuran.

Yang paling menarik ditunggu tentunya kiprah dari Marcus/Kevin. Pasalnya, di Indonesia Open 2017 lalu, Duo Minionas, julukan Marcus/Kevin, di luar dugaan langsung tersingkir di round 1. Setelah pekan lalu gagal di Malaysia Open 2018, menarik ditunggu bagaimana respons Marcus/Kevin di BliBli Indonesia Open 2018.

Sayangnya, di putaran pertama, Marcus/Kevin sudah harus terlibat perang saudara dengan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pada Rabu (4/7/2018). Salah satu dari mereka akan langsung out.

3. Beberapa pemain Indonesia langsung bertemu unggulan utama di putaran pertama   

4 Fakta Pemain-Pemain Indonesia di BliBli Indonesia Open 2018twitter.com/inabadminton

Berstatus tuan rumah bukan berarti pemain-pemain Indonesia akan mendapatkan drawing mudah di round 1. Justru, ada beberapa pemain Indonesia yang langsung bertemu lawan 'kelas berat' di putaran pertama.

Di tunggal putra, Jonatan Christie akan langsung menghadapi unggulan 1 asal Denmark yang juga tunggal putra rangking 1 dunia, Viktor Axelsen. Sementara di tunggal putri, Fitriani bertemu unggulan 4 asal Thailand, Ratchanok Intanon.

Lalu di ganda putra, pasangan Fajar Alfian/M.Rian Ardianto akan menghadapi ganda Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang baru saja menjadi juara Malaysia Open 2018. Dan, pasangan ganda putri, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta akan bertemu unggulan 2 asal Jepang, Sayaka Hirota/Yuki Fukushima. 

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti mengatakan, namanya pertadingan, PBSI tidak bisa memilih lawan karena, sudah ditentukan undian. "Mau tidak mau ya harus usaha keras, positif saja. Anak-anak akan tampil di depan publik sendiri, mereka pasti mau berikan yang terbaik," ujar Susy dalam konferensi pers Blibli Indonesia Open 2018 seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

 

4. Pemain-pemain Indonesia ditarget satu gelar  

4 Fakta Pemain-Pemain Indonesia di BliBli Indonesia Open 2018Twitter.com/inabadminton

Pemain-pemain Indonesia diharapkan bisa memenuhi target untuk meraih satu gelar di BliBli Indonesia Open 2018. Dikutip dari badmintonindonesia.org, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti menyebutkan target ini paling realistis mengingat ini turnamen level teratas dalam rangkaian seri BWF World Tour.

Di Indonesia Open 2017, Indonesia juga meraih satu gelar lewat pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di ganda campuran. Kala itu, mereka mengalahkan ganda campuran rangking 1 dunia asal China, Zheng Siwei/Cheng Qingchen. Liliyana menyebut Indonesia Open tahun ini kemungkinan besar menjadi yang terakhir baginya. 

"Saya ingin kasih yang terbaik. Walau pun tahun lalu sudah juara Indonesia Open, rasa penasaran sedikit hilang," ujar Liliyana dikutip dari Badminton Indonesia.

 

Sebelumnya, PBSI juga menargetkan meraih satu gelar di Malaysia Open 2018 pekan lalu. Namun, target tersebut gagal diwujudkan. Bahkan, tidak ada pemain Indonesia yang bisa tampil di final. Semoga kali ini terwujud, bahkan bisa lebih.  

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya