4 Fakta Pemain Indonesia di Singapore Open 2018

Turnamennya dimulai hari ini

Mulai hari ini, Selasa (17/7/2018), turnamen bulutangkis Singapore Open 2018 akan digelar. Turnamen BWF World Tour Super 500 yang digelar sejak tahun 1987 ini akan digelar di Singapore Indoor Stadium (SIS) hingga 22 Juli mendatang

Ada beberapa pemain top dunia yang ikut meramaikan turnamen berhadiah 355 ribu dolar ini. Indonesia juga mengirimkan beberapa pemain utamanya. Siapa saja pemain Indonesia yang tampil? Berikut 4 fakta pemain Indonesia di Singapore Open 2018

1. Ada 9 pemain Indonesia yang terlebih dulu tampil di babak kualifikasi

4 Fakta Pemain Indonesia di Singapore Open 2018twitter.com/inabadminton

Singapore Open 2018 dimulai dengan babak kualifikasi yang dimainkan Selasa (17/7/2018). Ada sembilan (9) pemain Indonesia yang harus melangkah dari babak kualifikasi demi merebut 'tiket' tampil di babak utama.

Sembilan pemain Indonesia akan yang melakoni babak kualifikasi yakni empat pemain tunggal putra, Firman Abdul Kholik, Henrikho Kho Wibowo, Shesar Hiren Rhustavito dan Sony Dwi Kuncoro. Lalu di tunggal putri ada Rusydina Antardayu Riodingin.

Sementara di nomor ganda putra ada Andika Ramadiansyah/Rinov Rivaldy dan Kenas Adi Haryanto/Agripinna Prima Rahmanto Putra. Dan, di ganda campuran ada Yehezkiel Fritz Mainaky/Lyanny Alessandra Mainaky serta pasangan juara dunia junior 2017, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari seperti dikutip dari bwfworldtour.com.

Semoga ada banyak pemain Indonesia yang bisa lolos ke babak utama. 

2. Ada 16 pemain Indonesia yang langsung tampil di babak utama

4 Fakta Pemain Indonesia di Singapore Open 2018twitter.com/inabadminton

Selain sembilan pemain yang terlebih dulu tampil di babak kualifikasi, ada 16 pemain Indonesia yang langsung tampil di putaran pertama babak utama Singapore Open 2018. Ke-16 pemain itu tampil di lima nomor yang dipertandingkan, yakni nomor tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran.

Di tunggal putra hanya Ihsan Maulana Mustofa yang langsung tampil di babak utama. Lalu di tunggal putri ada tiga pemain, yakni Lyanny Alessandra Mainaky, Ruselli Hartawan dan Yulia Yosephin Susanto. Sementara di ganda putra ada tiga (3) pasangan, yakni ganda senior Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Rian Agung Saputro/Angga Pratama dan Akbar Bintang Cahyono/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Lalu di sektor ganda putri ada empat (4) pasangan. Yakni Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Yulfira Barkah/Rosyita Eka Putri, Cynthia Shara Ayunidha/Narulia Ersa, Mychelle Bandaso/Winny Oktavina Kandow. Serta lima (5) pasangan di ganda campuran seperti dikutip dari bwf.tournamentsoftware.com.

3. Hari ini, 4 pasangan ganda campuran Indonesia tampil di round 1

4 Fakta Pemain Indonesia di Singapore Open 2018badmintonindonesia.org

Selain memainkan babak kualifikasi, hari pertama Singapore Open 2018, Selasa (17/7/2018) juga mempertandingkan putaran pertama/round 1 nomor ganda campuran. Ada empat pasangan ganda campuran Indonesia yang akan tampil untuk berjuang lolos ke round 2. 

Keempat pasangan tersebut yakni Ronald/Annisa Saufika yang bertemu ganda Jerman unggulan 6, Marvin Emil Seidel/Linda Efler, Andika Ramaddiansyah/Mychelle Bandaso bertemu ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa, lalu Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow menghadapi ganda Hongkong, Hee Chun Mak/Yeung Nga Ting.

Serta Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami yang akan menghadapi ganda Inggris runner up Thailand Open 2018, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Merujuk pada jadwal tersebut, hanya Yantoni/Marsheilla yang menghadapi lawan berat. Meski begitu, Yantoni/Marsheilla berpeluang menang karena Chris/Gabby Adcock tenaganya baru saja terkuras setelah tampil di final Thailand Open 2018. 

4. Ada 3 pemain Indonesia yang masuk daftar unggulan

4 Fakta Pemain Indonesia di Singapore Open 2018twitter.com/inabadminton

Dibandingkan dengan Thailand Open 2018, Indonesia menurunkan beberapa pemain senior di Singapore Open 2018. Salah satunya pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang baru saja menjadi juara di Indonesia Open 2018.

Tontowi/Liliyana menjadi unggulan 1 ganda campuran di Singapore Open 2018. Termasuk juga pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menjadi unggulan 5. Kemarin, dua ganda Indonesia yang pernah menjadi juara dunia ini, serta pasangan Della/Rizki yang menjadi unggulan 2 ganda putri telah mencoba lapangan di SIS.

Merujuk tidak tampilnya beberapa ganda top dari China dan Jepang di turnamen ini, ganda Indonesia berpeluang meraih gelar. Termasuk di nomor ganda putri. Setelah akhir pekan kemarin, Greysia Polii/Apriani Rahayu bisa juara di Thailand Open 2018, ganda putri Indonesia diharapkan bisa kembali juara di Singapore Open 2018.

Pelatih pendamping ganda putri Indonesia, Chafidz Yusuf menyebut persiapan ganda putri yang tampil di Singapore Open 2018 sudah maksimal. Khusus untuk Della/Harris, dia berharap bisa juara. "Mungkin lawan yang berat dari negara Thailand. Tapi mudah-mudahan mereka bisa. Secara rangking harusnya Della/Rizki berada di atas lawan itu," tutur Chafidz seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya