Hadapi Ganda Muda Tuan Rumah di Final, Begini Kata Duo Minions

Semoga kali ini bisa juara

Turnamen bulutangkis Fuzhou China Open 2018, memasuki babak akhir. Lima pertandingan final dari lima nomor (tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran) akan digelar Minggu (11/11/2018). Indonesia masih punya satu wakil di final.

Ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi satu-satunya harapan bagi Indonesia untuk bisa membawa pulang gelar dari Fuzhou China Open 2018. Siapa lawan di final dan bagaimana peluang Marcus/Kevin untuk jadi juara?

1. Ke final setelah kalahkan juara dunia 2017 dalam waktu 1 jam 5 menit

Hadapi Ganda Muda Tuan Rumah di Final, Begini Kata Duo Minionstwitter.com/inabadminton

Ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berhasil lolos ke final setelah memenangi pertandingan ketat melawan ganda senior Tiongkok, Zhang Nan/Liu Cheng lewat rubber game. Butuh waktu 1 jam 5 menit bagi Marcus/Kevin untuk mengalahkan ganda juara dunia 2017 ini dengan skor 17-21, 21-18, 21-14.

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Kevin mengaku dirinya dan Marcus seringkali melakukan kesalahan sendiri di game pertama sehingga membuat lawan terus menekan. "Kami kalah start. Tapi di game berikutnya kami lebih baik," ujar Marcus.. 

Baca Juga: 3 Pemain Indonesia Hadapi Andalan Tuan Rumah di Fuzhou China Open 2018

2. All Indonesian Final gagal terwujud, Marcus/Kevin kembali hadapi ganda tuan rumah di final

Hadapi Ganda Muda Tuan Rumah di Final, Begini Kata Duo Minionsbwfworldtour.bwfbadminton.com

Indonesia sebenarnya berpeluang menciptakan "all Indonesian final" di ganda putra. Sayangnya, Hendra Setiawan/Mohamad Ahsan seperti tampil antiklimaks di semifinal. Pasangan senior yang pernah juara dunia dua kali ini takluk straight game 14-21, 15-21 dari ganda Tiongkok, He Jiting/Tan Qiang selama 35 menit. 

Dengan demikian, di final, Duo Minions, julukan Marcus/Kevin, akan kembali bertemu ganda tuan rumah. Marcus/Kevin yang menjadi unggulan 1, akan menghadapi pasangan He Jiting/tan Qiang yang merupakan 'junior' nya Zhang Nan/Liu Cheng dan bukan termasuk unggulan. Ini akan menjadi pertemuan keempat bagi mereka. Untuk sementara Marcus/Kevin unggul 2-1. Bagaimana kali ini?  

3. Begini komentar Duo Minions usai dipastikan bertemu ganda muda Tiongkok di final

Hadapi Ganda Muda Tuan Rumah di Final, Begini Kata Duo Minionstwitter.com/inabadminton

Kemenangan atas Zhang Nan/Liu Cheng di semifinal mempertegas dominasi Marcus/Kevin atas ganda senior Tiongkok tersebut. Marcus/Kevin yang merupakan ganda rangking 1 dunia, kini telah memenangi lima pertandingan dari enam kali pertemuan dengan juara dunia 2017 itu. Namun, Kevin/Marcus kini acap kali masih kewalahan ketika menghadapi pasangan muda Tiongkok. 

Ada dua ganda putra muda Tiongkok (berusia 20 tahun) yang penampilannya kini melejit dan beberapa kali menghadapi Marcus/Kevin di final. Salah satunya pasangan He Jiting/Tan Qiang. Terakhir, dua pekan lalu, Marcus/Kevin dikalahkan Han Chengkai/Zhou Haodong di final French Open 2018.  

Kevin Sanjaya menyebut sebenarnya antara pasangan senior dan yang muda sama saja. Secara permainan tidak jauh beda dengan mengandalkan kecepatan dan kekuatan serta tidak mudah dimatikan. "Jadi, tidak bisa bilang lebih mudah menghadapi yang mana, tergantung keadaan di lapangan. Mungkin kalau pasangan muda Tiongkok mainnya lebih nothing to lose," jelas Kevin.

Marcus Gideon menambahkan, bila sudah tampil di final, harus melawan siapa saja. Sebab, pemain yang tampil di final pastinya penampilannya memang bagus. "Kalau sudah di final, ketemu siapa saja pasti tidak mudah. Mau ketemu pasangan Indonesia juga pasti nggak akan gampang, kami harus siap melawan siapa saja," ujar Marcus.

Marcus/Kevin pastinya sudah belajar dari kekalahan dari ganda muda Tiongkok di French Open 2018 dua pekan lalu. Kali ini mereka berpeluang besar juara. Hayo, yang yakin Duo Minions juara angkat tangan?

Baca Juga: Indonesia Loloskan Enam Wakil ke Perempat Final Fuzhou China Open 2018

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya