Indonesia Berpeluang Raih 1 Gelar di SaarLorLux Open 2018

Ganda putri Indonesia tampil di final

Kabar bagus datang dari turnamen bulutangkis SaarLorlux Open yang digelar di Saarbrucken, Jerman. Indonesia berpeluang membawa pulang satu gelar dari turnamen BWF World Tour level Super 100 (SaarLorLux Open). Itu setelah ganda putri Indonesia, Rizki Amelia/Ni Ketut Mahadewi berhasil lolos ke final setelah memenangi pertandingan semifinal yang digelar Sabtu (3/11/2018) malam.

Bagaimana perjuangan Rizki/Ni Ketut untuk loloske final? Dan, siapa lawan yang akan mereka hadapi di final serta peluang untuk juara?

1. Kalahkan ganda tuan rumah di semifinal

Indonesia Berpeluang Raih 1 Gelar di SaarLorLux Open 2018twitter.com/inabadminton

Tiket lolos ke final diraih Ni Ketut Mahadew/Rizki Amelia Pradipta dengan cukup mudah. Mereka berhasil mengalahkan ganda Jerman, Linda Efler/Isabel Herttrich dua game langsung 21-16, 21-13 hanya dalam waktu 38 menit seperti dikutip dari bwfbadminton.com.

Meski menang relatif mudah dan hampir selalu unggul dalam perolehan poin melawan ganda tuan rumah tersebut, Rizki mengaku sempat kehilangan konsentrasi. "Sebetulnya kami tadi sempat kehilangan fokus, tapi kami terus mengingatkan satu sama lain untuk tetap konsentrasi satu demi satu poin," tutur Rizki dikutip dari badmintonindonesia.org.

Bisa lolos ke final menjadi pencapaian bagus bagi Rizki/Ni Ketut. Sebab, mereka belum lama dipasangkan. SaarLorLux Open 2018 merupakan turnamen ketiga bagi pasangan baru ini. Sebelumnya, mereka tampil di French Open dan Denmark Open 2018. Mereka mampu lolos ke perempat final Denmark Open 2018 yang merupakan turnamen BWF level super 750 (jauh di atas SaarLorLux Open). 

Baca Juga: 2 Ganda Putri Indonesia ke Semifinal Macau dan SaarLorLux Open 2018

2. Di final hadapi ganda Bulgaria unggulan 1

Indonesia Berpeluang Raih 1 Gelar di SaarLorLux Open 2018bwfbadminton.com

Di final yang akan digelar Minggu (4/11/2018), Rizki/Ni Ketut akan menghadapi ganda putri Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva. Ganda bersaudara yang menjadi unggulan 1 ini lolos ke final setelah mengalahkan ganda putri Inggris, Chloe Birch/Lauren Smith.

Penampilan kakak adik asal Bulgaria ini memang tengah meningkat, pekan lalu, mereka juga menapaki babak final di ajang French Open 2018. Nah, di French Open tersebut, Ni Ketut/Rizki kalah dari Stoeva bersaudara di round 2 dengan skor 17-21, 17-21.

Karenanya, laga final nanti akan menjadi kesempatan bagi Rizki/Ni Ketut untuk melakukan revans. Ni Ketut mengaku sudah paham permainan ganda Bulgaria yang disebutnya kuat dalam serangan dan pertahanan.

"Dan yang saya lihat mereka sedang percaya diri. Yang disiapkan untuk besok itu pertahanan kami harus rapat dan tidak boleh kalah kuat. Kami juga harus siap dari segi mental dan fokus, jangan sampai banyak membuat kesalahan yang tidak perlu" ujar Ketut dikutip dari badmintonindonesia.org.

3. Sayangnya, dua ganda Indonesia di Macau Open gagal lolos ke final

Indonesia Berpeluang Raih 1 Gelar di SaarLorLux Open 2018twitter.com/inabadminton

Kabar bagus dari SaarLorLux Open 2018 menjadi pelipur lara bagi kegagalan Indonesia di Macau Open 2018. Di turnamen BWF level Super 300 yang digelar bersamaan dengan SarLorLux Open ini, Indonesia tidak memiliki wakil di final. Itu setelah dua ganda Indonesia terhenti di semifinal.

Pasangan ganda campuran Indonesia, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow dihentikan ganda Hongkong unggulan kedua, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah dengan skor 20-22, 10-21.

Sementara pasangan ganda putri Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto takluk dari pasangan Jepang, Misato Aratama/Akane Watanabe lewat rubber game, 21-17, 14-21, 15-21.

Semoga Rizki/Ni Ketut tampil optimal di final dan bisa membawa pulang gelar ya.

Baca Juga: Tiga Wakil Ganda Putri Jejaki Perempat Final Kejuaraan Dunia 2018

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya