Inilah 4 Pasangan Pemain Penakluk Marcus/Kevin di Tahun 2018

Yang nomor 3 bikin penasaran

Tahun 2018 seolah menjadi milik pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Ganda putra rangking 1 dunia ini berhasil melanjutkan dominasi mereka. Marcus/Kevin berhasil meraih delapan (8) gelar turnamen BWF World Tour 2018 plus medali emas Asian Games 2018. Jumlah tersebut lebih banyak dari raihan 7 gelar turnamen BWF di tahun 2017.

Meski mendominasi, bukan berarti Marcus/Kevin tidak pernah tersentuh kekalahan. Sepanjang tahun 2018 ini, Marcus/Kevin juga merasakan pahitnya kekalahan. Berikut beberapa pemain yang pernah mengalahkan Marcus/Kevin di tahun 2018 ini.

1. Ganda Tiongkok, He Jiting/Tan Qiang kejutkan Marcus/Kevin di perempat final Malaysia Open 2018

Inilah 4 Pasangan Pemain Penakluk Marcus/Kevin di Tahun 2018bwfworldtour.bwfbadminton.com

Turnamen Malaysia Open 2018 yang digelar di Kuala Lumpur pada akhir Juni, menjadi kegagalan pertama Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di tahun 2018. Meski diunggulkan sebagai unggulan 1, Marcus/Kevin hanya sampai di babak perempat final turnamen BWF Super 750 ini.

Di luar dugaan, Marcus/Kevin kalah dari pasangan muda asal Tiongkok, He Jiting/Tan Qiang di perempat final. Bahkan, The Minions--julukan Marcus/Kevin kalah straight game dengan skor cukup telak, 17-21, 11-21.

Hebatnya, sepekan kemudian, Marcus/Kevin langsung move on dengan jadi juara di Indonesia Open 2018. Mereka kemudian juga berhasil revans atas He Jiting/Tan Qiang di semifinal Japan Open dan putaran pertama Denmark Open 2018 pada pertengahan Oktober 2018. Terakhir, keduanya bertemu di final Fuzhou China Open Super 750 yang dimenangi Marcus/Kevin. Catatan pertemuan mereka di tahun 2018 pun menjadi 3-1 untuk Marcus/Kevin.

 

2. Ganda terbaik Jepang hentikan Marcus/Kevin di perempat final Kejuaraan Dunia 2018

Inilah 4 Pasangan Pemain Penakluk Marcus/Kevin di Tahun 2018bwfbadminton.com

Di akhir Juli, Marcus/Kevin tampil di BWF World Championship alias Kejuaraan Dunia 2018 yang digelar di Nanjing, Tiongkok. Marcus/Kevin datang sebagai unggulan 1 di turnamen grade 1 yang belum pernah mereka juarai tersebut.

Setelah mengalahkan ganda Polandia, lalu ganda Tiongkok Han Chengkai/Zhou Haodong di putaran dua dan ganda Ruaia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov di putaran ketiga, perjalanan Marcus/Kevin terhenti di perempat final. Mereka kalah straight game 19-21, 18-21 dari ganda putra terbaik Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Di tahun 2019 nanti, Marcus/Kevin telah menetapkan turnamen penting yang menjadi incaran mereka. Salah satunya Kejuaraan Dunia 2019. Dikutip dari badmintonindonesia.org, Marcus berharap tahun depan hasilnya bagus seperti tahun ini. "Tahun depan tentunya mau gelar juara dunia dan juara lagi di world tour finals. Kami selalu melakukan yang terbaik di setiap turnamen yang kami ikuti," ucap Marcus.

Baca Juga: Kevin/Marcus Rebut 9 Gelar Sepanjang 2018, Ini Daftarnya!

3. Han Chengkai/Zhu Haodong, satu-satunya pasangan yang menang dua kali dari Marcus/Kevin

Inilah 4 Pasangan Pemain Penakluk Marcus/Kevin di Tahun 2018www.xinhuanet.com

Tiongkok rupanya menyiapkan ganda putra muda untuk mematahkan dominasi Marcus/Kevin. Selain He Jiting/Tan Qiang, juga ada pasangan Han Chengkai/Zhou Haodong. Nah, khusus Han/Zhou, Marcus/Kevin sempat kalah dua kali dari ganda putra tersebut.

Kekalahan pertama terjadi di semifinal China Open 2018 pada 22 September. Marcus/Kevin takluk dari Han/Zhou di semifinal lewat kekalahan rubber game. Kekalahan ini membuat head to head keduanya menjadi 1-1 usai sebelumnya Marcus/Kevin menang di Kejuaraan Dunia 2018. Namun, di final French Open 2018 pada 28 Oktober 2018, Marcus/Kevin kembali kalah. Lagi-lagi lewat rubber game 21-23, 21-8, 17-21.

Kedua pasangan ini sebenarnya berpeluang bertemu di BWF World Tour Finals pada pertengahan Desember lalu di Guangzhou. Keduanya berada di satu grup di babak penyisihan. Tetapi, keduanya batal bertanding karena Marcus/Kevin walk out akibat cedera yang dialami Marcus.

4. Meski kalah head to head, "Duo Menara" Tiongkok kalahkan Duo Minions di BWF World Tour Finals 2018

Inilah 4 Pasangan Pemain Penakluk Marcus/Kevin di Tahun 2018bwfworldtourfinals.bwfbadminton.com

Terlepas dari dominasi Marcus/Kevin dalam perolehan gelar, persaingan di ganda putra sejatinya sangat ketat. Pasangan di ganda putra berpeluang saling mengalahkan. Itu terjadi ketika Marcus/Kevin dikalahkan duo pasangan jangkung asal Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen di babak penyisihan grup BWF World Tour Finals di Guangzhou pada 13 Desember 2018 lalu. Marcus/Kevin kalah 18-21, 22-24.

Padahal, secara head to head, Marcus/Kevin unggul telak, 8-1 atas mereka. Di tahun ini, dari dua kali pertemuan di final turnamen BWF, Marcus/Kevin juga selalu menang atas pasangan berjuluk "duo menara" karena postur mereka yang tinggi, Li (1,95 meter) dan Liu (1,93 meter) tersebut. Marcus/Kevin menang di final Indonesia Masters dan Japan Open 2018

Namun, seperti kata pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Minarat, itulah permainan, kadang menang dan kadang kalah. "Tiap pemain sekarang pasti mau mengalahkan Kevin/Marcus. Kevin/Marcus harus lebih siap menghadapi siapa pun, terutama pemain Tiongkok yang sangat ingin mengalahkan mereka. Perlu ketenangan, fokus dan mental yang kuat," kata Aryono seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Menarik ditunggu bagaimana kiprah Duo Minions--julukan Marcus/Kevin di tahun 2019 mendatang. Dengan lawan-lawan yang masih sama seperti di tahun 2018 ini, selama tidak ada masalah kebugaran, Marcus/Kevin tentunya punya peluang untuk kembali mendominasi sektor ganda putra.

Baca Juga: Bikin Bangga, Minions Raih Penghargaan BWF Male Player of the Year

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You