Inilah "Rapor" Pemain Indonesia di Hari Pertama Hong Kong Open 2018

Debut Tontowi/Della berujung kekalahan

Turnamen bulu tangkis Hong Kong Open 2018, resmi dimulai Selasa (13/11/2018). Di hari pertama, turnamen BWF World Tour Super 500 berhadiah 400 ribu US Dolar ini mempertandingkan babak kualifikasi semua nomor serta babak pertama (32 besar) di sektor ganda campuran.

Ada tujuh (7) pemain Indonesia yang tampil di hari pertama Hong Kong Open, baik di babak kualifikasi maupun di babak 32 besar. Sayangnya, tidak semua pemain Indonesia berhasil meraih kemenangan. Berikut rapor pemain Indonesia di hari pertama Hong Kong Open 2018.

1. Dua tunggal putri Indonesia lolos ke babak utama

Inilah Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Hong Kong Open 2018https://badmintonindonesia.org/app/information/default.aspx?

Indonesia akhirnya memiliki wakil di tunggal putri Hong Kong Open 2018. Sebelumnya, tiga tunggal putri Indonesia harus melangkah dari babak kualifikasi. Mereka yakni Ruselli Hartawan, Dinar Dyah Ayustine dan Yulia Yosephin Susanto.

Dari tiga nama tersebut, hanya Ruselli dan Dinar yang berhasil lolos ke babak utama. Ruselli berhasil mengalahkan pemain Tawain, Lee Chia Hsin 21-7, 21-16 hanya dalam waktu 20 menit. Sementara Dinar harus memeras keringat saat mengalahkan pemain Tawain, Chiang Ying Li lewat rubber game 24-26, 21-12, 21-11 selama 50 menit.

Sementara Yulia takluk dari pemain tuan rumah, Deng Joy Xuan. Tunggal putra Henrikho Wibowo juga gagal lolos ke babak utama usai kalah dari pemain Taiwan, Hsu Jen Hao.

Di round 1 babak utama yang dimainkan Rabu (14/11/2018), Dinar akan menghadapi tunggal putri Hongkong, Cheung Ngan Yi. Sementara Ruselli bertemu lawan tangguh, Chen Xiaoxin dari Tiongkok. Semoga keduanya mampu menang.

Baca Juga: Ini Daftar Pemain Indonesia yang Bertanding di Hong Kong Open 2018

2. Debut Tontowi Ahmad/Della Destiara berakhir pahit

Inilah Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Hong Kong Open 2018badmintonindonesia.org

Turnamen Hongkong Open 2018 menjadi "panggung" pertama bagi ganda campuran 'racikan baru' PBSI. Tontowi Ahmad yang selama ini bermain dengan Liliyana Natsir, dicoba bermain dengan Della Destiara Haris.

Seiring bakal pensiunnya Liliyana Natsir tahun depan, PBSI memang harus mulai mencoba menemukan penggantinya. Caranya, Tontowi dipasangkan dengan tandem baru. Nama Della Destiara Haris yang selama ini main di ganda putri, jadi pilihan. 

Sayangnya, debut mereka berakhir pahit. Tontowi/Della langsung kandas di babak 32 besar setelah kalah dari ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 15-21, 9-21 dalam waktu 32 menit. Dan memang, ganda Jepang yang menjadi unggulan 7 ini bukan lawan sembarangan. Tahun ini, mereka meraih gelar juara All England Open 2018 dengan mengalahkan ganda top Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di final.

Dikutip dari Badmintonindonesia.org, Tontowi mengaku dirinya dan Della memang harus lebih banyak berlatih bersama demi menemukan chemistry. "Sebenarnya saya antusias berpasangan dengan partner baru, tapi kami memang belum dapat chemistry-nya. Kami baru latihan satu kali. Kalau langsung bertemu lawan seperti ini dan main begini, jujur masih berat," kata Tontowi.

3. Dua ganda campuran Indonesia melaju ke babak 16 besar

Inilah Rapor Pemain Indonesia di Hari Pertama Hong Kong Open 2018badmintonindonesia.org

Kabar bagusnya, dua ganda campuran Indonesia lainnya yang tampil di round 1, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Ronald/Annisa Saufika, berhasil melaju ke putaran kedua (babak 16 besar). 

Praveen/Melati memenangi pertandingan tiga game melawan ganda tuan rumah, Chang Tak Ching/NG Wing Yung. Kalah tipis 18-21 di game pertama, Praveen/Jordan lantas bangkit di game kedua. Mereka unggul 21-15 dan menuntaskan pertandingan lewat kemenangan 21-15 di game ketiga dalam waktu 46 menit.

Sementara Ronald/Annisa membuat kejutan dengan memulangkan ganda Tiongkok ungulan 5, Zhang Nan/Li Yinhui. Ronald/Annisa bahkan unggul dua game langsung 21-14, 21-15 dalam waktu 28 menit.

Babak 32 besar Hong Kong Open akan berlanjut di hari kedua, Rabu (14/11/2018). Akan ada 14 pemain Indonesia yang tampil. Diantaranya tunggal putra Jonatan Christie dan Atnhony Gintin, ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya juga ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Doakan semoga ada banyak pebulu tangkis Indonesia yang berhasil lolos ke babak 16 besar ya.

Baca Juga: Tiga Pasangan Unggulan Ini Kalah di R1 Hong Kong Open 2018

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya