Inilah 4 Lawan Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Open 2019

Marcus/Kevin perang saudara melawan Fajar/Rian

Turnamen bulu tangkis Celcom Axiata Malaysia Open 2019 mulai memasuki babak penting. Hari ini, Jumat (5/4/2019), turnamen BWF World Tour Super 750 ini akan memasuki babak delapan besar. Ya, babak perempat final di lima sektor akan dimainkan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, mulai pukul 15.00 waktu setempat.

Kabar bagusnya, Indonesia masih memiliki enam (6) wakil di sektor tunggal putra, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Bahkan, satu laga perempat final di sektor ganda putra mempertemukan sesama pemain Indonesia.

Artinya, Indonesia sudah memastikan satu tempat di semifinal. Bagaimana peluang empat pemain Indonesia lainnya untuk lolos ke semifinal. Berikut lawan-lawan yang akan dihadapi pemain-pemain Indonesia di perempat final Malaysia Open 2019.

1. Setelah kalahkan Momota, Jonatan Christie ingin pecah telur melawan Viktor Axelsen

Inilah 4 Lawan Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Open 2019bwfworldtour.bwfbadminton.com

Tunggal putra, Jonatan Christie menjadi satu-satunya harapan Indonesia di perempat final sektor tunggal putra Malaysia Open 2019. Kemenangan Jonatan atas pemain rangking 1 dunia dan juga unggulan 1, Kento Momota di round 2, Kamis (4/4) kemarin menjadi pertanda bagus di turnamen berhadiah 700 ribu dolar ini. Namun, perjuangan Jonatan jauh dari kata selesai.

Di perempat final, Jojo--panggilan Jonatan akan kembali menghadapi lawan berat. Dia akan bertemu pemain terbaik Denmark yang menjadi unggulan 6, Viktor Axelsen di babak perempat final (5/4).

Laga nanti akan menjadi pertemuan ketiga antara Jojo dan Axelsen. Dalam dua pertemuan sebelumnya, Jojo selalu kalah dari Axelsen. Pertemuan terakhir terjadi di Indonesia Open 2018 lalu. Kala itu, Jojo dipermalukan di "rumah sendiri" oleh Axelsen dengan skor 10-21, 19-21.

Setelah kemarin berhasil mengalahkan Momota untuk kali pertama dalam tiga pertemuan, Jojo kini juga berpeluang pecah telur dalam pertemuan ketiganya melawan Axelsen. Jojo mengatakan tidak mau terlalu lama merayakan kemenangan atas Momota.

"Saya sudah bisa melewati babak dua, sekarang saya harus fokus lagi di perempat final. Axelsen pemain bagus. Setelah ini saya mau istirahat dan bersiap untuk besok,” ujar Jonatan seusai menang atas Momota di round 2 seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

2. Tontowi/Winny akan menghadapi ganda campuran tuan rumah

Inilah 4 Lawan Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Open 2019bwfworldtour.bwfbadminton.com

Di sektor ganda campuran, pasangan Tontowi Ahmad/Winny Octavina juga menjadi satu-satunya harapan Indonesia di perempat final Malaysia Open 2019. Pasangan yang baru dipasangkan sejak awal Maret lalu ini memperlihatkan penampilan konsisten dengan menapak ke babak penting di turnamen BWF.

Di round 2 kemarin, Owi/Winny memenangi perang saudara melawan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja yang merupakan unggulan 8, lewat rubber game ketat 19-21, 21-18, 21-19. Di perempat final, Owi/Winny akan menghadapi ganda campuran Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Laga nanti akan menjadi pertemuan pertama mereka di turnamen BWF. Sama seperti Owi/Winny, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing juga lolos ke perempat final lewat perjuangan hampir satu jam usai menang rubber game atas ganda campuran India, Pranaav Jerry Chopra/Reddy Sikki 15-21, 21-17, 21-13 seperti dikutip dari bwfworldtour.bwfbadminton.com.

Tontowi menyebut akan mempelajari permainan ganda campuran Malaysia tersebut. Cara ini yang juga mereka lakukan sebelum laga melawan Hafiz/Gloria. Meski, mantan tandem Liliyana Natsir ini menyebut yang terpenting sejatinya adalah kesiapan di lapangan.

“Kami jaga kondisi saja. Istirahat yang cukup, jaga makan. Yang penting sebenarnya ada di diri kami. Kami harus bisa main fokus dan tenang. Mudah-mudahan bisa menang,” ujar Tontowi seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Baca Juga: 6 Wakil Indonesia Melaju ke Babak QF Malaysia Open 2019

3. Hendra/Ahsan bertemu duo menara China Li Junhui/Liu Yuchen, Marcus/Kevin perang saudara melawan Fajar/Rian

Inilah 4 Lawan Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Open 2019bwfbadminton.com

Ganda putra senior Indonesia, Mohamamd Ahsan/Hendra Setiawan akan menghadapi lawan tangguh di babak perempat final. Hendra/Ahsan akan bertemu unggulan 2 dari China, Li Junhui/Liu Yuchen yang dijuluki duo menara karena postur mereka yang tinggi menjulang. Li bertinggi badan 195 cm dan Liu 193 cm.

Dua pasangan ganda putra ini sudah seringkali bertemu di lapangan. Pertandingan nanti merupakan pertemuan ke-10 mereka. Dari sembilan pertemuan sebelumnya, Li/Liu unggul head to head 6-3 atas Hendra/Ahsan.

Namun, di pertemuan terakhir di Indonesia Masters 2019, Hendra/Ahsan mampu menang dua game langsung, 21-16, 21-12 atas pasangan juara dunia 2018 ini. Dan memang, penampilan Li/Liu di tahun 2019 ini belum istimewa.

Faktanya, mereka masih belum meraih gelar. Sementara Hendra/Ahsan sudah meraih gelar prestisius, All England 2019. Karenanya, Hendra/Ahsan punya peluang untuk memenangi laga perempat final nanti.

Di perempat final lainnya, dua ganda putra andalan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus melakoni perang saudara demi berebut tiket ke semifinal. Dari catatan pertemuan, Marcus/Kevin sementara unggul 3-0 atas Fajar/Rian. Pertemuan terakhir terjadi di perempat final Indonesia Masters 2019 pada pertengahan Januari lalu.

Fajar mengaku penasaran bisa mengalahkan Marcus/Kevin. Meski, mereka tidak mau terbebani. “Penasaran pasti ya. Nggak cuma lawan Kevin/Marcus saja, masih banyak juga pemain yang belum pernah kami kalahkan. Tapi kami tetap berusaha untuk nggak memikirkan itu, supaya mainnya enjoy dan keluar semua,” ungkap Fajar seperti dikutip dari badmintonindonesia.org

4. Di ganda putri, Ni Ketut/Rizki ditantang ganda putri China yang awal Maret lalu meraih gelar di German Open 2019

Inilah 4 Lawan Pemain Indonesia di Perempat Final Malaysia Open 2019bwfworldtour.bwfbadminton.com

Di sektor ganda putri, pasangan Ni Ketut Mahadewi/Rizki Amelia Pradipta menjadi satu-satunya wakil Indonesia di perempat final. Menariknya, Ni Ketut/Rizki tampil di perempat final setelah dua kali memenangi perang saudara. Di round 1, mereka mengalahkan Yulfira Barkah/Jauza F Sugiarto 21-15, 22-20 dan di round 2 kemarin, mereka menang rubber game atas unggulan 4, Greysia Polii/Apriani Rahayu 21-14, 20-22, 21-18.

Di perempat final, Ni Ketut/Rizki akan menghadapi ganda putri China, Du Yu Li Yinhui. Ganda putri China ini lolos ke perempat final setelah mengalahkan ganda kuat Thailand, Puttita Supajiraul/Sapsiree Taerattanachai dua game langsung, 21-19, 21-11.

Ini merupakan pertemuan pertama Ni Ketut/Rizki melawan Du Yue/Li Yinhui di turnamen BWF World Tour. Di atas kertas, kualitas dua pasangan sejatinya berimbang. Meski, Du Yue/Li Yinhui tahun sudah meraih gelar di German Open Super 300 2019 pada awal Maret lalu dengan mengalahkan ganda putri top Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi di final. Namun, kemenangan atas Greysia/Apri yang merupakan rangking 4 dunia, menjadi bekal bagus bagi Ni Ketut/Rizki untuk menghadapi ganda China ini.

“Di perempat final harus meningkatkan fokusnya lagi. Karena lawannya juga belum pernah ketemu,” ujar Rizki seperti dikutip dari badmintonindonesia.org.

Selain satu 'tiket semifinal dari perang saudara ganda putra yang dipastikan menjadi milik Indonesia, kita tentunya berharap empat wakil Indonesia lainnya yang bertanding di perempat final, berhasil lolos ke semifinal.

Baca Juga: 5 Pemain Unggulan Ini Gagal Melaju ke QF Malaysia Open 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya