4 Fakta Pertandingan Krusial Indonesia Lawan Thailand di Piala Thomas

Bila menang, Indonesia lolos ke perempat final

Tim putra Indonesia akan melakoni pertandingan krusial di Piala Thomas 2018 dengan menghadapi tuan rumah Thailand, Selasa (22/5/2018) malam waktu setempat. Ini merupakan pertandingan kedua bagi Indonesia dan Thailand di penyisihan Grup B Piala Thomas 2018.

Di pertandingan pertama, Minggu (20/5/2018) Indonesia menang 5-0 atas Kanada. Sementara Thailand kalah tipis dari Korea 2-3. Maknanya, Thailand yang kini dilatih mantan legenda ganda putra Indonesia, Rexy Mainaky, akan mati-matian di laga nanti. Karena bila kalah berarti tersingkir.

Sementara bagi Indonesia, kemenangan akan membawa Hendra Setiawan dkk lolos ke perempat final. Di atas kertas, Indonesia seharusnya bisa menang. Namun, tampil di rumah sendiri, Thailand bisa saja membuat kejutan. Berikut empat fakta pertandingan ini.

1. Indonesia unggul head to head mutlak atas Thailand

4 Fakta Pertandingan Krusial Indonesia Lawan Thailand di Piala Thomastwitter.com/inabadminton

Dalam sejarah penyelenggaraan Piala Thomas, tim putra Indonesia sudah beberapa kali bertemu tim putra Thailand. Pertandingan nanti merupakan pertemuan ke-10. Nah, dari 9 pertemuan sebelumnya, Indonesia selalu menang atas Thailand, seperti dikutip dari Instagram badmintalk_com. Artinya, merujuk head to head, Indonesia unggul mutlak.

Pertemuan terakhir terjadi di penyisihan grup Piala Thomas 2016. Kala itu, Indonesia menang 4-1. Satu kemenangan dipersembahkan oleh Anthony Sinisuka Ginting, yang dulu menjadi tunggal ketiga tetapi kini "naik kelas" menjadi tunggal pertama.

2. Rombak pemain, Indonesia mainkan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sebagai ganda pertama

4 Fakta Pertandingan Krusial Indonesia Lawan Thailand di Piala Thomastwitter.com/inabadminton

Tim putra Indonesia sudah mengumumkan daftar pemain yang akan tampil menghadapi tim putra Thailand di pertandingan nanti. Daftar tersebut berbeda dari tim yang mengalahkan Kanada 5-0 di pertandingan pertama, Minggu (20/5/2018).

Dikutip dari akun Twitter resmi Humas dan Media PP PBSI, pasangan ganda putra ranking 1 dunia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya akan tampil sebagai ganda pertama. Ini akan menjadi penampilan perdana Marcus/Kevin di Piala Thomas 2018 setelah tidak dimainkan saat melawan Kanada. Sementara Fajar Alfian/M Rian Ardianto akan menjadi ganda kedua.

Bagi Marcus/Kevin, pertandingan ini akan menjadi kesempatan menghapus "noda". Saat menang 4-1 dari Thailand di Piala Thomas 2016 lalu, satu-satunya pemain Indonesia yang kalah adalah Marcus/Kevin.

Kala itu, Marcus/Kevin kalah dari Dechapol Puavaranukroh/Bodin Issara. Kali ini, Marcus/Kevin akan  bertemu Kittisak Namdash/Nipitpho Puangphuaphet.

3. Jonatan Christie masih belum main, Ihsan Maulana jadi tunggal kedua

4 Fakta Pertandingan Krusial Indonesia Lawan Thailand di Piala Thomastwitter.com/inabadminton

Sementara untuk nomor tunggal putra, tidak ada nama Jonatan Christie dalam daftar pemain tim Indonesia. Jonatan yang mengalami sakit sebelum turnamen dimulai, rupanya masih menjalani masa recovery.

Tiga slot sektor tunggal, tunggal pertama akan diisi oleh Anthony Sinisuka Ginting, lalu Ihsan Maulana menjadi tunggal kedua dan Firman Abdul Kholik sebagai tunggal ketiga. Komposisi ini sama persis seperti ketika melawan Kanada.

Bila ketika melawan Kanada, Ginting, Ihsan dan Firman berhasil menyumbang poin, semoga kali ini juga ada cerita yang sama.

4. Awas, tunggal putra Thailand bisa membuat kejutan

4 Fakta Pertandingan Krusial Indonesia Lawan Thailand di Piala Thomasbwfbadminton.com

Indonesia harus mewaspadai tunggal putra Thailand. Sebab, ketika melawan Korea Selatan di pertandingan pertama, Thailand mendapatkan dua poin dari nomor tunggal. Yakni lewat Kantaphon Wangcharoen dan Pannawit Thongnuam, seperti dikutip dari Tournamentsoftware.com.

Menghadapi Indonesia, Thailand melakukan perubahan komposisi pemain di nomor tunggal. Suppanyu Avihingsanon yang sebelumnya jadi tunggal pertama, kali ini tidak dimainkan.

Khosit Phetpradab yang merupakan peraih medali perak SEA Games 2017, akan menjadi tunggal pertama dan menjadi lawan Ginting. Lalu Wangcharoen bertemu Ihsan dan Pannawit Thongnuam bertemu Firman.

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya