Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019

Tujuh pemain Indonesia berpeluang ke perempat final

Hasil manis diraih pemain-pemain Indonesia di hari kedua turnamen Orleans Masters 2019 yang digelar di Prancis, Rabu (20/3/2019) siang hingga malam waktu setempat atau sampai Kamis (21/3) dini hari tadi waktu Indonesia. Kecuali tunggal putra yang sudah memainkan putaran (round) 2, empat sektor lainnya baru memainkan round 1 setelah menyelesaikan babak kualifikasi pada hari sebelumnya.

Hasilnya, Indonesia memiliki tujuh wakil yang lolos dan akan tampil di babak berikutnya. Ketujuh pemain tersebut tampil di lima nomor. Siapa saja dan bagaimana perjuangan mereka untuk lolos ke R2/R2 turnamen BWF World Tour Super 100 ini?

1. Melalui pertandingan ketat selama satu jam lebih, Gatjra Piliang lolos ke round 3 di sektor tunggal putra

Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019twitter.com/INABadminton

Tunggal putra Indonesia, Gathra Piliang Fiqihilahi Cupu langsung menghadapi pertandingan ketat di pertandingan pertamanya di Orleans Masters 2019. Gatjra yang langsung tampil di round 2 pada pukul 18.30 waktu setempat atau tengah malam waktu Indonesia, dipaksa bermain rubber game dengan skor ketat selama 1 jam menit oleh pemain India, Harsheel Dani.

Sempat kalah 23-25 di game pertama, Gatjra bisa move on di game kedua dan berbalik menang tipis 23-21. Di game penentuan, pemain kelahiran Situbondo, Jawa Timur yang baru berusia 19 tahun ini tampil on form dan menang 21-14 seperti dikutip dari bwfbadminton.com.

Gatjra kini menjadi satu-satunya harapan Indonesia di sektor tunggal putra yang tampil di Orleans Masters 2019. Di round 3, Kamis (21/3) dia akan kembali menghadapi pemain India, Mithun Manjunath untuk berebut 'tiket tampil' ke perempat final. Sebelumya, tunggal putra juga mengirimkan Karono di turnamen ini. Sayangnya, Karono yang tampil di babak kualifikasi, tak mampu lolos ke babak utama.

2. Menang mudah di R1, Choirunnisa hadapi unggulan 5 di R2 tunggal putri

Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019twitter.com/INABadminton

Di sektor tunggal putri, satu-satunya wakil Indonesia yang tampil di babak utama, Choirunnisa, berhasil melaju ke putaran kedua. Pemain asal Bandung berusia 19 tahun ini menang straight game atas pemain asal Mauritius, Kate Foo Kune, 21-16, 24-22 selama 32 menit, Rabu (21/3).

Di putaran kedua yang akan dimainkan hari ini, Choirunnisa yang pada Februari lalu menjadi runner-up di Iran International Challenge, akan menghadapi lawan tangguh. Dia akan bertemu unggulan 5 asal Turki, Neslihan Yigit.

Indonesia sebenarnya mengirimkan tiga pemain di Orleans Masters 2019. Sayangnya, hanya tersisa Choirunnisa yang berhasil melaju ke round 2. Dua pemain Indonesia lainnya, Aurum Oktavia dan Bening Sri Rahayu yang tampil di babak kualifikasi, gagal lolos ke babak utama.

Baca Juga: Daftar Pemain Indonesia yang Bertanding di Orléans Masters 2019

3. Ganda putra punya dua wakil di putaran II, berpeluang teruskan pencapaian bagus para senior di bulan Maret ini

Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019olahragapedia.com

Di sektor ganda putra, dua wakil Indonesia yang tampil di putaran pertama, yakni pasangan Pramudya Kusumawardana Riyanto/Yeremia Erich Yacob dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, berhasil lolos ke putaran II. Keduanya berpeluang untuk meneruskan 'rapor' bagus senior mereka yang telah meraih dua gelar (All England dan Swiss Open) selama bulan Maret ini.

Pasangan Pramudya/Yeremia berhasil mengalahkan ganda Thailand, Pakin Kuna-Anuvit/Natthapat Trinkajee 21-14, 23-21 selama 30 menit. Sementara Shohibul Fikri/Bagas Maulana mengalahkan pemain India, Khrisna Prasad Garaga/Dhruv Kapila 21-14, 21-16 dalam waktu 25 menit.

Di putaran kedua yang menjadi laga perebutan tempat di perempat final, Shohibul Fikri/Bagas Maulana akan menghadapi ganda Skotlandia, Alexander Dunn/Adam Hall. Sementara Pramudya/Yeremia akan menghadapi lawan berat, yakni ganda Taiwan yang menjadi unggulan 5, Lee Yang/Wang Chi-lin. Ganda Taiwan ini merupakan finalis Swiss Open 2019 Super 300. Mereka dikalahkan ganda Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di final.

4. Dua ganda putri Indonesia berpeluang raih gelar pertama di tahun 2019

Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019twitter.com/inabadminton

Di sektor ganda putri, pasangan muda Indonesia, Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil mengawali penampilan di Orleans Masters 2019 dengan cemerlang. Agatha/Siti yang menjadi unggulan 8 di turnamen ini, menang dengan "skor sadis" 21-9, 21-11 atas ganda Estonia, Kati-Kreet Marran/Helina Ruutel dalam waktu 24 menit.

Agatha/Siti menyusul pasangan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto yang langsung lolos ke round 2. Yulfira/Jauza yang menjadi unggulan 4, mendapat bye di putaran pertama. Dua ganda putri Indonesia ini berpeluang juara. Selain menjadi unggulan, ganda putri dari China, Korea tidak ikut tampil di turnamen ini. Bahkan, ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang menjadi unggula 1, telah mengundurkan diri.

Namun, sebelum bicara gelar, keduanya harus lebih dulu memastikan lolos ke perempat final. Di putaran II, Kamis (21/3) malam nanti, Yulfira/Jauza akan menghadapi ganda putri India, Pooja Dandu/Sanjana Santosh. Sementara Agatha/Siti akan bertemu ganda Bulgaria, Nikoletta Bukoviczki/Daniella Gonda seperti dikutip dari bwfbadminton.com.

5. Rehan Naufal Kusharjanto bersama pasangan barunya lolos ke putaran II di ganda campuran

Rapor Penampilan Pemain Indonesia di R1 & R2 Orleans Masters 2019twitter.com/ina_bminton

Di sektor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto yang tampil bersama pasangan barunya, Lisa Ayu Kusumawati, berhasil lolos ke putaran II setelah memenangi pertandingan rubber game ketat melawan ganda Taiwan. Rehan/Lisa menang dramatis 21-15, 18-21, 24-22 atas ganda Taiwan, Lu Chia-pin/Sung Shuo-yin selama 54 menit seperti dikutip dari bwfbadminton.com.

Di putaran II, Lisa dan Rehan yang merupakan juara Asia junior 2017 saat berpasangan dengan Siti Fadi Silva, akan menghadapi lawan berat, yakni ganda senior Irlandia, Sam Magee/Chloe Magee. Sam (29 tahun) dan Chloe (30 tahun) merupakan unggulan 6 di turnamen ini.

Rehan/Lisa kini menjadi satu-satunya harapan Indonesia di sektor ganda campuran di Orleans Masters 2019. Itu setelah dua ganda campuran Indonesia tereliminasi di putaran I kemarin. Pasangan Andika Ramadiansyah/Bunga Romadhini dikalahkan unggulan 1 asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. Sementara Renaldi Samosir/Hediana Julimarbela dikalahkan ganda Taiwan, Lee Yang/Chang Hsin Tien.

Semoga tujuh pemain/ganda Indonesia yang tampil di putaran II/III Orleans Masters 2019, Kamis (21/3) malam nanti bisa tampil maksimal dan lolos ke perempat final. Meski, beberapa dari mereka akan menghadapi lawan yang tidak mudah.

Baca Juga: Habis di Semifinal, Indonesia Tanpa Wakil di Final Orleans Masters

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya