Terbaik, Ini 4 Fakta Marcus/Kevin Juara di Malaysia Masters 2019

Bekal pertahankan gelar di Indonesia Masters 2019

Indonesia berhasil membawa pulang satu gelar dari turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2019. Satu gelar diraih pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya setelah mengalahkan ganda tuan rumah, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di final yang dimainkan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/1/2019).

Gelar yang diraih Marcus/Kevin ini bak menjadi penebus kegagalan ganda putri Greysia Polii/Apriani Rahayu yang di laga final sebelumnya takluk dari ganda Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.  Berikut beberapa fakta menarik dari gelar yang diraih  Marcus/Kevin di turnamen BWF World Tour Super 500 berhadiah total 350 ribu dolar AS ini.

1. Berbekal head to head sempurna, Marcus/Kevin menang mutlak di final

Terbaik, Ini 4 Fakta Marcus/Kevin Juara di Malaysia Masters 2019twitter.com/antoagustian

Pertandingan final Malaysia Masters 2019 menjadi final yang nyaman bagi pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Betapa tidak, dalam final yang hanya berdurasi singkat, 36 menit tersebut, Marcus/Kevin tidak mendapatkan kesulitan berarti dari ganda Malaysia.

Berbekal head to head 3-0 di pertemuan sebelumnya melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi membuat Marcus/Kevin rupanya bisa bermain dengan nyaman. Sebaliknya, Ong/Teo seperti bermain antiklimaks. Padahal, mereka sempat menang straight game atas unggulan 2 asal Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di perempat final.

Sejak awal pertandingan, The Minnios--julukan Marcus/Kevin mampu mengontrol pertandingan dan hampir selalu unggul dalam perolehan poin. Setelah unggul 21-15 di game pertama, ganda Malaysia sempat memberikan perlawanan ketata di awal game kedua. Toh, Marcus/Kevin akhirnya bisa menyudahi final tersebut dengan kemenangan 21-16.

Marcus/Kevin pun berhasil meraih gelar pertamanya di tahun 2019 ini. Sepanjang penampilan di Malaysia Masters 2019, Marcus/Kevin menghadapi pertandingan paling berat ketika tampil di perempat final menghadapi ganda Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko yang memaksa mereka bermain rubber game.

2. Meski dikepung ganda tuan rumah di semifinal, Marcus/Kevin berhasil mengulang prestasi manis tahun 2018 lalu

Terbaik, Ini 4 Fakta Marcus/Kevin Juara di Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Gelar yang diraih Marcus/Kevin di Malaysia Masters terasa sangat manis bagi Indonesia. Sebab, sejak babak perempat final Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putra. Bahkan, di semifinal, ganda rangking 1 dunia ini sempat 'dikepung' oleh tiga ganda putra tuan rumah.

Ya, di semifinal, Sabtu (19/1/2018) kemarin, Marcus/Kevin mendapatkan perlawanan ketat dari ganda senior tuan rumah, Goh V Shem/Tan Wee Kiong. Mereka menang dengan skor cukup ketat, 21-18, 24-22 atas pasangan ganda putra peraih medali perak Olimpiade 2016 ini. Sementara Ong Yew Sin/Teo Ee Yi bertemu dengan rekan senegaranya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Toh, Marcus/Kevin mampu melewati kepungan tiga ganda Malaysia tersebut dengan hasil sempurna. Yakni juara. Gelar ini membuat Marcus/Kevin mampu mengulang prestasi di tahun 2018 lalu. Mereka langsung juara dalam penampilan perdana di awal tahun. Bedanya, di tahun 2018 lalu mereka absen di Malaysia Masters dan baru tampil di Indonesia Masters yang berujung juara.

Baca Juga: Masuki Babak Final, Inilah 5 Fakta Laga Puncak Malaysia Masters 2019

3. Marcus/Kevin raih gelar kedua di Malaysia Masters dan perpanjang dominasi Indonesia di ganda putra

Terbaik, Ini 4 Fakta Marcus/Kevin Juara di Malaysia Masters 2019twitter.com/inabadminton

Gelar di Malaysia Masters 2019 merupakan raihan kedua bagi Marcus/Kevin selama berpartisipasi di turnamen ini. Sebelumnya, mereka sudah pernah menjadi yang terbaik di turnamen yang dulunya merupakan level Grand Prix Gold ini. Tepatnya di edisi 2016. Dan, sebuah kebetulan, kala itu, Marcus/Kevin juga jadi juara setelah mengalahkan ganda top Malaysia, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong lewat rubber game. Koo/Tan sendiri merupakan pemegang juara terbanyak Malaysia Masters dengan tiga kali juara.

Tidak hanya menorehkan catatan pribadi, gelar Marcus/Kevin ini juga memperpanjang dominasi ganda putra Indonesia di turnamen Malaysia Masters. Dalam edisi tiga tahun terakhir, ganda putra Indonesia selalu juara di turnamen ini. Dimulai dari Marcus/Kevin yang juara di tahun 2016, lalu Berry Angriawan/Hardianto di tahun 2017 dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di tahun 2018 lalu seperti dikutip dari thestar.com.my.

Salut untuk ganda putra Indonesia.

4. Bekal bagus untuk tampil di Indonesia Masters 2019 dan mempertahankan gelar

Terbaik, Ini 4 Fakta Marcus/Kevin Juara di Malaysia Masters 2019twitter.com/antoagustian

Gelar juara dari Malaysia Masters menjadi bekal bagus bagi Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sebelum tampil di 'rumah sendiri'. Ya, pekan ini, mulai Selasa (22/1/2019), turnamen Indonesia Masters Super 500 akan mulai digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta. Marcus/Kevin merupakan juara bertahan. Mereka tentunya akan berupaya untuk mempertahankan gelar.

Berdasarkan hasil drawing, Marcus/Kevin akan bertemu dengan ganda putra Jerman, Mark Lamsfus/Marvin Emil Seidel di putaran pertama alias babak 32 besar pada Rabu (23/1/2019) seperti dikutip dari bwfbadminton.com. Di atas kertas, Marcus/Kevin yang menjadi unggulan 1, diunggulkan bisa menang.

Hanya saja, Marcus/Kevin harus mampu mengatasi kendala recovery yang mepet. Praktis, mereka hanya memiliki waktu istirahat dua hari sebelum kembali ke Jakarta, kembali berlatih dan bersiap tampil. Semoga kondisi mereka tetap bugar dan tampil prima di Indonesia Masters 2019.

Selamat untuk Marcus/Kevin, semoga terus konsisten sepanjang tahun. Dan semoga pemain-pemain Indonesia lainnya lebih terpacu untuk lebih berprestasi.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Lengkap Babak Final Malaysia Masters 2019

Hadi Santoso Photo Verified Writer Hadi Santoso

cinta menulis seperti mencintai sepak bola dan bulutangkis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya