Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakers

Mulai dari Kobe Bryant hingga Kareem Abdul-Jabbar

Bintang sekaligus juara NBA, LeBron James, resmi diboyong dari Cleveland Cavalier ke LA Lakers pada 2 Juli lalu dengan banderol 154 juta dollar dan masa kontrak empat tahun. Sebelumnya ada banyak sekali klub yang mengincar LeBron James, sebut saja Philadelphia 76ers, Denver Nuggets sampai Houston Rockets. Namun akhirnya pemain yang memiliki julukan The King ini memilih untuk bermain di LA Lakers.

Sebagai seorang pemain bintang, LeBron memang telah menorehkan banyak sekali catatan rekor. Ia bahkan mampu membawa Cleveland Cavaliers ke final NBA empat kali berturut-turut dan menjadi juara untuk pertama kalinya dalam 52 tahun terakhir di tahun 2016.

Yang terbaru, LeBron dinobatkan sebagai pemain dengan perolehan steal terbanyak sepanjang babak play-off musim lalu. Dengan kepindahannya ke LA Lakers, LeBron diharapkan dapat membuat taring Lakers makin tajam, melihat bahwa klub tersebut terus gagal mencapai babak play-off NBA dalam lima tahun terakhir.

Tak hanya LeBron yang tergoda, ternyata 7 legenda NBA dibawah ini juga sempat bermain dan mempersembahkan gelar bagi LA Lakers. Siapa saja, simak daftar di bawah ini.

1. Kareem Abdul-Jabbar

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Kareem Abdul-Jabbar membela Lakers dari 1975 hingga 1989. Kemampuannya memang tidak main-main dan sering dipuji oleh banyak kritikus basket. Dengan statistik hingga mencapai 27 poin, 7 steal dan 9 rebound per pertandingan, tentu saja ia menjadi sosok yang disegani sekaligus di hormati.

Bahkan banyak pihak menyebut Kareem Abdul-Jabbar sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang masa, dan disandingkan dengan legenda basket Michael Jordan.

2. Wilt Chamberlain

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersnba.com

Bagi para fans NBA, nama Wilt Chamberlain sudah tak asing di telinga. Ia dikenal sebagai pemain dengan kemampuan atletis yang luar biasa. Membela LA Lakers di tahun 1969 hingga 1973, Chamberlain memiliki angka statistik yang cukup hebat.

Performanya per pertandingan rata-rata dapat menghasilkan 21 poin tembakan ke basket, 19 rebound dan 5 assist. Tak heran jika Chamberlain banyak dielu-elukan saat itu.

3. Shaquille O'Neal

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Barangkali tokoh ikonik LA Lakers yang paling dikenal adalah pemain yang satu ini. Meski Shaquille O'Neal memulai karir bersama klub Orlando Magic dan memenangkan piala kejuaraan pertama kali bersama Miami Heat, namun LA Lakers menjadi tempat dimana karirnya berada di puncak.

Selama musim tahun 1999-2000, O'Neal memiliki statistik penampilan yang luar biasa. Ia memiliki rata-rata 27 poin tembakan, 15 rebound, 5 steal dan 3 assist untuk tiap pertandingan di babak play-off dengan persentase shooting mencapai 50,4%.

Karirnya di Lakers terhitung sejak tahun 1996-2004 mampu berkontribusi kepada klub untuk meraih gelar sekaligus menorehkan namanya dalam daftar 10 pemain terbaik sepanjang sejarah NBA.

4. Magic Johnson

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Earvin Johnson atau yang lebih sering disapa Magic Johnson membela Lakers pada 1979 hingga 1991. Ia sempat vakum sebelum akhirnya kembali membela Lakers untuk musim 1995-1996. Bisa dibilang Magic Johnson adalah salah satu point guard terbaik yang pernah dimiliki oleh klub.

Ia menyumbang sebanyak 5 gelar selama karirnya di Lakers dan 3 kali mendapatkan gelar sebagai Most Valuable Player. Magic Johnson sering disebut sebagai seorang "combo guard" karena ia piawai tak hanya sebagai point guard, tetapi juga shooting guard serta power forward.

Kecakapannya dalam bermain sebagai posisi apapun memang patut diacungi jempol mengingat statistik performa Johnson bisa menyentuh angka 17 poin tembakan, 6 rebound serta 10 asisst per pertandingan.

5. Karl Malone

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Meski hanya satu musim membela Lakers, pemain yang dijuluki "The Mailman" ini punya catatan rekor yang hebat sepanjang karir olahraga basketnya. Postur, stamina fisik serta kemampuan lompatan Karl Malone mampu membuatnya menjadi salah satu power forward yang disegani.

Selama 19 tahun karirnya, rata-rata statistik Karl Malone mencapai 36 poin tembakan dan 16 rebound. Dari daftar 20 power forward terbaik dalam sejarah NBA, rekor yang dicetak oleh Karl Malone hanya mampu dilampaui oleh Kareem Abdul-Jabbar.

6. Kobe Bryant

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Selain Shaquille O'Neal, nama lain yang melekat erat pada LA Lakers adalah Kobe Bryant. Tentu saja, Bryant sudah membela Lakers sejak 1996 dan memutuskan pensiun pada 2016 lalu. Banyak fans yang mengatakan bahwa 20 tahun karir Kobe Bryant di Lakers adalah bukti loyalitas yang sesungguhnya.

Sebagai shooting guard, Bryant punya catatan rata-rata performa yang menyentuh angka 25 poin tembakan, 5 rebound, 5 steal dan 4 assist per pertandingan. Ia juga mempersembahkan lebih dari empat gelar juara kepada klub.

7. Pau Gasol

Selain LeBron James, 7 Pemain Bintang Ini Pernah Berlabuh ke LA Lakersmetrics101.com

Pau Gasol pertama kali bergabung bersama LA Lakers di musim 2008-2009 dan langsung menjadi salah satu kontributor utama penyumbang gelar championship di tahun 2009. Ia memiliki statistik 17 poin tembakan dan 5 steal per pertandingan.

Nah, itu dia 7 bintang NBA yang pernah membela LA Lakers selain LeBron James. Wah, semoga di musim depan LeBron James bisa segera memberikan gelar kepada klub, ya!

Hanifah Pramesti Photo Verified Writer Hanifah Pramesti

Hmm- Let me think...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya