7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diri

Hanya untuk perlindungan diri!

Kejahatan bisa terjadi dimana, kapan, dan menimpa siapa saja. Maka dari itu kita perlu waspada dan hati-hati serta tidak lupa membekali diri. Salah satu bekal diri yang penting adalah dengan pengetahuan dasar untuk melindungi diri. Perlindungan diri berguna agar ketika di situasi genting, kita tahu apa yang harus dilakukan. 

Salah satu cara mempertahankan diri dalam keadaan terancam ialah dengan menyerang titik lemah pelaku untuk melarikan diri. Dengan diserang titik lemahnya, seorang pelaku akan kehilangan fokus sehingga memberikan kita jeda waktu krusial untuk lari. Berikut ini adalah titik lemah pada tubuh yang bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan perhatian pelaku kejahatan.

1. Ulu Hati

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwww.healthline.com/Pichamon Chamroenrak

Ulu hati terletak di bawah dada tulang taju pedang tepat di tengah badan. Bagian ini biasa disebut juga dengan solar plexus. Yang membuat ulu hati menjadi area sensitif adalah karena disana terdiri atas banyak susunan saraf.  Selain itu di ulu hati juga terdapat diafragma yang membantu pernafasan. Ketika ulu hati terpukul, difragma akan menjadi kaku dan menjadikan seseorang sulit bernafas dan memberikan efek mual dan muntah. Pukulan dengan kepalan tangan atau tendangan efektif untuk membuat pelaku kejahatan kesakitan dan memberi kita waktu untuk ambil langkah seribu.  

2. Hidung

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwww.newhealthadvisor.com

Hidung bisa menjadi sasaran melemahkan lawan yang posisinya dekat dengan kita. Hidung merupakan susunan tulang rawan lunak yang mudah patah saat dipukul. Ketika hal itu terjadi, biasanya akan menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri yang lumayan menyakitkan. Rasa sakit itu akan membuat pelaku lemah dan melepaskan cengkeramannya.

3. Kemaluan

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwellnesskeen.com

Sudah tidak asing lagi bahwa kemaluan merupakan area sensitif yang menjadi bagian terlemah manusia. Bagian tersebut terdiri atas banyak saraf yang apabila dipukul tidak hanya membuat pelaku kesakitan, bahkan juga bisa kehilangan kesadaran beberapa saat. Pukulan di bagian kemaluan bisa dilakukan dengan tendangan, atau dengkulan dari bagian bawah.

Baca Juga: Jago Bela Diri, Inilah 6 Film Terbaik dari Aktor Donnie Yen

4. Tepi leher

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwww.newhealthadvisor.com

Bagian tepi leher merupakan area yang sensitif karena di area tersebut terdapat pembuluh darah leher dan arteri karotid. Menyerang bagian ini, membuat pelaku terkejut dan kesakitan karena aliran darah terganggu. Gunakan tepi tangan ketika ingin menyerang bagian ini. Tetapi tetap harus hati-hati, karena jika serangan berlebihan bisa menyebabkan akibat yang fatal.

5. Dagu

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diripixabay.com/pedjasayeret1

Ketika dipukul di dagu atau lebih tepatnya rahang bawah, kepala akan terasa berputar. Ada susunan saraf di dagu yang berkaitan langsung dengan otak. Beberapa detik saat kepala terasa berputar, otot dan cairan dalam kepala akan berusaha meredamnya. Ketika itu terjadi, pelaku akan kehilangan kesadaran sesaat dan merupakan saat yang tepat untuk lari.

6. Jakun

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwww.personaldefenseworld.com/Michael D'Angona

Jakun pada laki-laki atau ternggorok merupakan area yang tidak terlindungi oleh tulang. Menyerang bagian tersebut dapat menyebabkan sesak nafas. Bahkan dengan pukulan ringanpun, bagian ini akan menyebabkan sistem pernafasan seseorang terganggu beberapa detik. Waktu yang singkat tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menyelamatkan diri. 

7. Mata

7 Titik Terlemah Manusia ini Wajib Diketahui untuk Perlindungan Diriwellnesskeen.com

Sudah menjadi rahasia umum, mata merupakan bagian tubuh  yang lemah. Menyerang mata bisa mengunakan gerakan mencolok, meninju ataupun mencungkil. Selain memberikan efek sakit, menyerang mata juga bisa mengalihkan penglihatan pelaku dan memberi kita jeda waktu berharga.

Menyerang titik rawan tidak digunakan untuk melukai melainkan hanya untuk melemahkan lawan agar kita punya waktu untuk menyelamatkan diri. Membekali diri dengan pengetahuan dasar self defense perlu dilakukan agar kita bisa meminimalkan kemungkinan menjadi korban. Tetap waspada dimanapun dan kapanpun berada ya!

Baca Juga: Jadi Kuat dan Sehat, Ini 6 Manfaat Bela Diri bagi Kesehatan Dirimu

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya