Comscore Tracker

3 Hal Tentang Muhammad Zohri, The Flash Indonesia Juara Atletik Dunia

Usianya baru 18 tahun, lho!

Jakarta, IDN Times - Atlet Atletik Lalu Muhammad Zohri mencuri perhatian setelah dirinya memenangi Kejuaraan Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7).

Zohri yang baru berusia 18 tahun menyabet medali emas dari nomor bergengsi 100 meter dengan waktu 10,18 detik. Ia mengalahkan dua pelari Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang mencatatkan waktu 10,22 detik.

Tak hanya itu, Zohri juga menjadi pelari Indonesia pertama yang pernah menjuarai nomor 100 meter di ajang tersebut. Prestasi terbaik sebelumnya yang pernah diraih pelari Indonesia adalah juara ke-8 pada 1986 silam.

"Saya akan berpesta malam ini," kata Zohri seperti dikutip dari laman resmi IAAF, Rabu (11/7). 

Bagi Zohri, kemenangan ini akan selalu dikenangnya. "Ini pengalaman yang hebat!"

1. Pemuda kelahiran Nusa Tenggara Barat yang mengejutkan

3 Hal Tentang Muhammad Zohri, The Flash Indonesia Juara Atletik Duniaiaaf.org

Zohri dilahirkan di Nusa Tenggara Barat pada 1 Juli 2000. Sehingga usianya saat ini baru 18 tahun 11 hari. Zohri tumbuh dalam keluarga yang tidak mampu. Bahkan, kedua orangnya telah tiada. Hidup berprihatin sejak kecil agaknya telah menempa mental dan semangat juangnya hingga bisa menjadi juara atletik dunia.

2. Berlatih di pelantas

3 Hal Tentang Muhammad Zohri, The Flash Indonesia Juara Atletik Duniaiaaf.org

Zohri mulai bergabung dengan pusat pelatihan nasional sejak Januari 2018. Sejak itu dia berada dalam pantauan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). 

Seorang pelatih mengatakan kekuatan utama Zohri berada pada otot-otot kakinya yang sangat kuat. Selain itu, Zohri juga dianugrahi bakat alam yang luar biasa.

3. Membidik medali emas Asian Games 2018

3 Hal Tentang Muhammad Zohri, The Flash Indonesia Juara Atletik Dunia

Kini Zohri mulai membidik medali emas Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September medatang.

"Sekarang saya harus mempersiapkan diri untuk Asian Games," kata Zohri.  

Baca Juga: Bangga! Pemuda Asal NTB Raih Emas di Kejuaraan Atletik di Finlandia

Line IDN Times

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You