5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian Games

Apa ya?

Jakarta, IDN Times - Salah satu yang tidak dapat dipisahkan dari Asian Games adalah pawai obor. Pawai obor ini dimulai pada Asian Games 1958 atau yang ketiga dan berlokasi di Jepang. Pawai obor Asian Games 1958 dimulai dari Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, tempat diselenggarakannya Asian Games kedua.

Di Jepang sendiri, pawai obor dimulai dari Okinawa hingga pulau Kyushu. Obor Asian Games ketiga dinyalakan oleh peraih medali emas Olimpiade Jepang pertama dan juara Olimpiade Asia pertama dalam acara individu, Mikio Oda.

Sudah 56 tahun lalu sejak pertama kali Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games keempat. Kini kamu dapat menyaksikan peristiwa bersejarah pawai obor di Indonesia. Berikut ini adalah sejumlah fakta tentang obor Asian Games 2018 yang perlu kamu tahu:

1. Desain obor dari gabungan 2 alat beladiri tradisional

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian Gamesasiangames2018.id

Desain Obor Asian Games 2018 ini merupakan perpaduan dua alat beladiri tradisional yakni Betawi (Jakarta) dan Palembang. Golok asal Jakarta dan skin asal Palembang menjadi referensi utama obor ini. Desain ini diharapkan mencerminkan semangat untuk terus mengasah diri dan melambangkan persatuan.

2. Dimensi obor

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian Gamesasiangames2018.id

Obor ini memiliki tinggi 60 cm dan lebar 3,5-9 cm. Berat kosong obor ini adalah 1,6 Kg dan 1,7 Kg saat terisi penuh bahan bakar gas propane.

3. Keliling 50 kota di Indonesia

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian Gamesinstagram.com/asiangames2018

Obor berwarna perak ini nantinya akan diarak melewati dua negara: India dan Indonesia, serta melewati 50 kota di Indonesia. Pawai obor akan melewati pulau Jawa, Bali, juga Provinsi Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat dan berlanjut ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyeberang ke Pulau Sumatera, yang dimulai di Aceh.

4. Asal api obor Asian Games

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian Gamesmineski.net

Pawai obor Asian Games akan dimulai pada 17 Juli 2018 di Stadion Nasional Mayor Dhyan Chand di New Delhi, tuan rumah Asian Games pertama. Api akan dihasilkan dari cermin parabola yang diarahkan langsung ke matahari. Obor kemudian akan diangkut ke nyala api abadi di Mrapen, Jawa Tengah pada 18 Juli sebelum berkeliling melewati 50 kota di Indonesia.

5. Dibawa oleh Susi Susanti dan Hamish Daud

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Pawai Obor Asian GamesIDN Times/Ramadani Barus

Mantan atlet bulu tangkis Susi Susanti dipilih menjadi torch ambassador atau duta obor Asian Games 2018. Ia terpilih karena banyaknya prestasi yang ia raih.

Tugas torch ambassador ini adalah memegang obor Asian Games 2018 didampingi oleh 10 torch barrier yang terdiri dari atlet nasional atau daerah. Nantinta juga ada 10 tour guard dari TNI yang mengawal dan mengamankan kondisi lintasan arakan dan api.

Baca juga: Begini Megahnya Panggung Asian Games 2018, Ada Gunungnya Lho!

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya