Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!

Catat tanggal obor Asian Games mampir di kotamu

Jakarta, IDN Times – Akhir pekan ini pawai obor Asian Games 2018 akan dimulai. Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan melibatkan 53 pemerintah kabupaten dan kota di 18 provinsi dalam kegiatan pawai obor.

Obor ini memiliki tinggi 60 cm dan lebar 3,5-9 cm. Berat kosong obor ini adalah 1,6 Kg dan 1,7 Kg saat terisi penuh bahan bakar gas propane. Berikut ini adalah perjalanan obor Asian Games:

1. Perjalanan obor dimulai dari India

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!korea.net

Api obor Asian Games ke-18 akan diambil dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India pada 17 Juli. India adalah tuan rumah Asian Games pertama pada 1951. Di sana api obor akan dihasilkan dari cermin parabola yang diarahkan langsung ke matahari.

2. Penyatuan kedua api di candi Prambanan

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!tropicalife.net

Selepas pengambilan api dari India pada 17 Juli, obor Asian Games akan tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah pada 18 Juli. Tepatnya di candi Prambanan, akan ada penggabungan api obor yang sudah dinyalakan di India dengan api abadi di Mrapen.

Mitos yang beredar, api dari Mrapen ini abadi dan tidak akan mati meski terkena hujan.

3. Menuju Stadion Sriwedari

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!kemdikbud.go.id

Obor kemudian akan mulai berkeliling Indonesia, mulai dari Yogyakarta pada 19 Juli menuju Stadion Sriwedari sebagai tempat bersejarah bagi olah raga Indonesia. Di situ pertama kalinya Pekan Olah raga Nasional (PON) di gelar.

4. Melewati makam bung Karno

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!wikipedia

Obor lalu di bawa ke Blitar 20 Juli, untuk kemudian di bawa ke makam Presiden Pertama Indonesia, Soekarno dan dilanjutkan ke Malang lewat Kepanjen.

5. Gunung Bromo, Banyuwangi dan Bali

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!Pixabay.com

Obor akan dibawa ke Gunung Bromo pada 21 Juli dan ke Banyuwangi pada 21-23 Juli. Sampai di Banyuwangi, obor dibawa ke Kawah Ijen dan pantai Boom. Lepas dari pantai Boom, obor akan dibawa pada 23-24 Juli ke Bali, tepatnya berkeliling gilimanuk, Kuta, dan Tanah Lot. 24 Juli obor kemudian menuju Mataram, NTB melalui udara. 

6. Obor dibawa menyelam di Raja Ampat

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!source_name

Obor lalu diterbangkan ke Raja Ampat, Papua melalui sorong untuk dibawa menyelam dan berlayar dengan kawalan kapan-kapal perang suku Papua di Pianemo, sebelum akhirnya di karak keliling kota Sorong.

Obor lalu dibawa ke Makassar melalui jalur darat menuju Tanjung Bira. Pada 30-31 Juli, obor dibawa dari Makasar ke Banjarmasin dan dipamerkan kepada masyarakat di Pasar Terapung.

7. Menuju Pulau Sumatera

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!anekatempatwisata.com

Obor akan dibawa ke Aceh pada 31 Juli - 1 Agustus untuk di arak keliling kota sebelum menuju Danau Toba dan diarak menuju pantai Bul-Bul. Obor juga akan di bawak ke Pekanbaru, Bukit Tinggi dan Jambi pada 1-3 Agutus.

Obor juga akan dibawa ke Palembang dengan tujuan Jakabaring dan dibawa ke Pulau Kamaro melewati jembatan Ampera sebelum menuju Bandar Lampung.

8. Keliling kota di Pulau Jawa

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!.palacehotel.co.id

Dari Bandar Lampung obor dibawa menyebrang ke pelabuhan Merak, Banten, Serang pada 9-10 Agustus. Dilanjutkan ke kota Purwakarta, dan Bandung, tepatnya Gedung Sate. Pada 12-13 Agustus, api menuju Garut, Cianjur dan diinapkan di Istana Cipanas. 

9. Berakhir di Jakarta

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!ANTARAFOTO/Galih Pradipta

Pada 17 Agustus, obor dibawa ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu untuk ikut dalam upacara bendera HUT RI. Sore harinya, obor dibawa ke Istana Negara dan pada saat upacara penurunan bendara. Di sini akan ada prosesi serah terima obor dari Presiden ke Ketua Inasgoc.

Pada 18 Agustus, obor yang menginap di Balai Kota Jakarta akan di bawa oleh torch barrier bersama 2018 pelari lainnya menuju GBK. Lalu api akan dinyalakan dua torch ambassador pada saat upacara pembukaan Asian Games 2018.

Baca Juga: Promo Menarik Diberikan Canon dan Datascrip Selama Asian Games 2018

Begini Panjangnya Perjalanan Obor Asian Games 2018!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya