Comscore Tracker

Didiskualifikasi dari Judo, Miftahul Pindah ke Blind Chess

Menpora setuju dan sudah mengetes Miftah

Jakarta, IDN Times - Judoka Miftahul Jannah mengatakan dirinya akan tetap menjadi atlet pasca-didiskualikasi dari pertandingan blind judo, lantaran menolak melepas hijabnya. Bukan judo, melainkan blind chess atau catur. 

Pernyataan Miftah awalnya disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dalam konferensi pers perihal aturan larangan menggunakan pelindung kepala dalam olahraga judo.

"Yang saya sangat bangga dengan Miftah adalah dia akan terus berkomitmen dengan menjadi atlet. Jika tidak di blind judo dia akan jadi atlet catur tunanetra," ungkap Imam di GBK Arena, Jakarta, Selasa (9/10).

Baca Juga: Kasus Diskualifikasi Miftahul Jannah, Ini Kata Ma'ruf Amin

1. Berawal dari pertemuan pada Senin malam (8/10)

Didiskualifikasi dari Judo, Miftahul Pindah ke Blind ChessIDN Times / Helmi Shemi

Senin (8/10), Imam bertemu dengan Miftah di Wisma Atlet pukul 23.00 WIB. Dalam pertemuan yang berlangsung hingga 1,5 jam itu, Menpora banyak mendengar apa yang dirasakan Miftah, pelatihnya, dan National Paralympic Committee (NPC) pasca Miftah didiskualifikasi dari judo.

"Akhirnya Miftah katakan, 'Saya ingin tetap jadi atlet dan akan berusaha mewakili Indonesia, tapi tidak lagi di sekarang (judo). Miftah akan menjadi atlet blind chess," ungkap Imam.

2. Miftah sudah mulai main catur sejak usia empat tahun

Didiskualifikasi dari Judo, Miftahul Pindah ke Blind ChessIDN Times / Helmi Shemi

Miftah mengaku sudah bermain catur sejak usia empat tahun dan sempat mengikuti turnamen catur pada usia enam tahun.

"Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan. Hobi yang sangat Miftah cintai yaitu catur. Catur itu bagaikan sahabat Miftah. Jadi Miftah ingin mengabdi lagi kepada catur," ujar dia.

3. Menolak kembali ke judo

Didiskualifikasi dari Judo, Miftahul Pindah ke Blind ChessIDN Times / Helmi Shemi

Miftah tetap menolak kembali jadi atlet judo jika nantinya larangan menggunakan pelindung kepala direvisi International Judo Federation (IJF). Dia mengaku sudah kadung cinta dengan olahraga catur.

"Gak. Miftah sudah berkomintmen akan berusaha menjadi atlet catur, meskipun banyak rintangannya yang harus Miftah lewati," pungkas Miftah.

Hebat ya guys, semangat Miftah untuk menjadi atlet tidak kendur.

Baca Juga: Mengaku Sudah Tahu Aturan, Ini Alasan Miftahul Tetap Pakai Hijab

Topic:

  • Rochmanudin
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You