Pencak Silat Targetkan 5 Emas, Pesilat Diminta Tetap Bermain Lepas

Tantangan terberat datang dari pesilat-pesilat ASEAN

Jakarta, IDN Times - Pencak silat menargetkan lima medali emas dari ajang Asian Games 2018 ini. Meski begitu para pesilat diminta untuk tidak merasa terbebani dengan target tinggi tersebut.

"Intinya harus tetap waspada, jangan lengah. Kalau lengah maka akan diserang," kata Pelatih tim pencak silat Indonesia Abas Akbar seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/8).

Abas mengatakan target lima medali emas hanya bisa diraih jika para pesilat memberikan performa maksimal mereka. Namun ia juga mengingatkan para atlet untuk tetap bermain lepas.

1. Berlatih sejak SEA Games 2017

Pencak Silat Targetkan 5 Emas, Pesilat Diminta Tetap Bermain LepasIDN Times/Helmi Shemi

Abas mengatakan target lima emas tersebut memang bukan hal yang mudah diraih. Namun ia optimistis bisa mencapai target tersebut karena para atlet telah disiapkan sejak sebelum SEA Games 2017.

Baca Juga: Dramatis: Pesilat Indonesia Ini Menang di 3 Detik Terakhir! 

2. Lawan terberat datang dari negara ASEAN

Pencak Silat Targetkan 5 Emas, Pesilat Diminta Tetap Bermain LepasANTARA FOTO/INASGOC/Melvinas Priananda/nak/18.

Sementara Wakil Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Muhammad Taufiq mengatakan kekuatan pencak silat saat ini sudah merata di hampir negara-negara ASEAN, seperti Malaysia, Thailand dan juga Vietnam.
"Semua hampir rata kemampuannya, kita tidak bisa membeda-bedakannya lagi," kata kata Taufiq.
 

3. Jadwal pencak silat hari ini

Pencak Silat Targetkan 5 Emas, Pesilat Diminta Tetap Bermain LepasIDN Times/Helmi Shemi

Pertandingan pencak silat Asian Games 2018 digelar di Padepokan Pencak Silat Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Hari ini dua pesilat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah dan Eko Febrianto, akan bertanding di  babak perempat final Asian Games 2018. 

Hanifan akan bertemu pesilat Laos Phoumiphon Vongphakdy di kelas C 55kg-60kg putra pada pukul 14.00 WIB. Sementara Eko akan melawan pesilat Singapura Sheik Farhan Sheik Alauddin di kelas J 90kg-95kg putra.

Selain itu juga ada pesilat Indonesia yang akan bertanding di kelas seni, yakni Puspa Arumsari (putri) dan Sugianto (putra).

Baca Juga: Asian Games 2018: Ini Jadwal Pertandingan Pencak Silat Akhir Pekan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya