Comscore Tracker

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records 

Lewis Hamilton catat beberapa rekor.

Formula One merupakan ajang balap yang paling diminati di dunia. Pertandingan ini berakar dari seri grand prix motor Eropa yang berlangsung sekitar tahun 1920-an dan 1930-an. Sekarang kompetisi balapan ini sudah merambah ke berbagai penjuru dunia. 

Sejak awal pertandingan yang berlangsung di tahun 1950, Formula One sudah mencatat beberapa rekor yang unik dan bergengsi, beberapa diantaranya masuk ke dalam Guinness World Records. Rekor-rekor ini contohnya. 

1. Sirkuit Formula One terpendek

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records monaco-addict.com

Circuit de Monaco adalah sirkuit terpendek berdasarkan jarak putaran selama penyelenggaraan perlombaan Kejuaraan Dunia Formula One. Sirkuit ini berada di Monte Carlo, Monako dan telah mengadakan balapan mulai 1929-2011. Meskipun panjang haluannya telah mengalami  bertahun-tahun, sirkuit ini berada pada titik terpendek antara 1929 hingga1979 yaitu 1,9 mil atau 3,1 kilometer.

2. Sirkuit Formula One terpanjang

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records commons.wikimedia.org

Sirkuit terpanjang dengan jarak putaran dalam penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Formula Satu adalah Sirkuit Pescara, yang menjadi tuan rumah balapan pada tahun 1957. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan sekitar 16 mil atau 25,8 km. Beberapa bagian sirkuit berada di sepanjang tepi tebing dan bagian lainnya berbukit hingga banyak ahli berpendapat bahwa Pescara adalah trek F1 paling berbahaya sepanjang masa.

3. Balapan malam Formula One pertama

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records monaco-addict.com

Balapan malam pertama Formula Satu diadakan di Sirkuit Jalan Marina Bay, Singapura, pada 28 September 2008. Perlombaan dimenangkan oleh Fernando Alonso yang mengendarai mobil untuk Renault.

Baca Juga: 5 Pebalap Tercepat Sesi Terakhir Test Pra Musim F1 2019

4. Pembalap termuda yang memenangkan Kejuaraan Dunia Formula One

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records guinnessworldrecords.com

Pembalap termuda yang memenangkan perlombaan Kejuaraan Dunia Formula Satu adalah Max Verstappen yang lahir pada 30 September 1997 di Belanda. Verstappen memenangkan balapan pertamanya pada 15 Mei 2016 di Grand Prix Spanyol, Montmeló, Spanyol saat berusia 18 tahun 228 hari. Dia juga menjadi orang Belanda pertama yang memenangkan perlombaan F1.

5. Kemenangan Balap Formula One terbanyak yang berlangsung berturut-turut

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records independent.co.uk

Lewis Hamilton berhasil memperoleh 18 kemenangan secara berturut-turut dari 27 Juli 2014 hingga 5 Juli 2015. Hamilton memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat oleh Jackie Stewart. Stewart sendiri memperoleh 17 kemenangan pada tahun 1970.

6. Orang yang berhasil memperoleh posisi terdepan paling banyak sepanjang karir di Formula One.

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records motorauthority.com

Rekor ini adalah rekor lain yang di catat oleh Lewis Hamilton. Ketika memperoleh rekor ini di tanggal 24 November 2018, Hamilton berhasil memenangkan 83 ajang balapan untuk McLaren dan Mercedes dari 9 Juni 2007 hingga 24 November 2018. Rekor Hamilton ini berhasil melewati rekor Michael Schumacher dari 68 di Grand Prix Italia di Monza pada 2 September 2017.

7. Kecepatan tercepat di Grand Prix Formula Satu

7 Rekor Formula One yang Tercatat di Guinness World Records redbull.com

Kecepatan tertinggi yang dicatat dalam balap Grand Prix Formula One adalah 372,6 km / jam (231,5 mph) oleh Juan Pablo Montoya dengan menggunakan sebuah McLaren-Mercedes di Monza di Grand Prix Italia pada 4 September 2005. 

Itulah 7 rekor Formula One yang tercatat di Guinness World Records. Menurutmu ekor mana yang paling unik?

Baca Juga: Ini Daftar Pembalap & Tim F1 di Formula 1 Musim 2019

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You