1.373 Pebulu Tangkis Indonesia Berebut Hadiah Senilai Rp600 Juta

PBSI apresiasi kejuaraan level nasional

Jakarta, IDN Times - Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, mengapresiasi penyelenggara kejuaraan level nasional bertajuk Polytron Walikota Cup Solo 2023. Terlebih, musim ini gelarannya bisa diikuti berbagai klub dan atlet di penjuru Indonesia. 

Sebagaimana diketahui, ajang bergensi itu tengah berjalan sejak 5 sampai 10 Juni 2023. Kejuaraan nasional yang berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah tersebut, diikuti sebanyak 1.373 pebulu tangkis yang berasal dari 225 klub di tanah air.

“Kehadiran kelompok dewasa dalam Polytron Walikota Cup Solo 2023 ini bertujuan sebagai wadah uji kemampuan bagi para atlet junior yang baru beranjak dewasa. Karena di tingkat nasional, pertandingannya minim. Dalam satu tahun mungkin hanya satu dua kejuaraan yang memasukkan kategori dewasa," ujar Basri Yusuf.

"Sementara para atlet itu butuh jam terbang untuk masuk ke jenjang senior. Untuk itu, saya berterima kasih kepada Polytron yang melalui kejuaraan ini telah menunjukkan kepedulian pada pembinaan atlet di seluruh jenjang, dari usia dini hingga dewasa," lanjut dia. 

1. Atlet-atlet antusias ikut kejuaraan

1.373 Pebulu Tangkis Indonesia Berebut Hadiah Senilai Rp600 JutaSri Fatmawati (atlet PB Jaya Raya) jadi salah satu atlet yang mentas di ajang Polytron Walikota Cup Solo 2023. (Dok. Istimewa)

Salah satu peserta yakni Emanuel Joseph Surya Hartono yang turun di kelompok U-19, mengaku antusias menghadapi Polytron Walikota Cup Solo 2023. Atlet asal Pekalongan yang berstatus juara bertahan di nomor ganda taruna putra ini, optimistis bisa tampil optimal sehingga dapat kembali menjadi kampiun.

“Semoga saya bisa mempertahankan gelar juara bertahan, syukur kalau bisa mendapat medali lebih dari satu nomor. Walaupun banyak lawan yang cukup berat pada kejuaraan kali ini, seperti dari klub Jaya Raya, Exist, Champion dan Mutiara Cardinal,  tapi dengan persiapan latihan yang cukup, saya optimistis,” ujar Jose.

Sementara, atlet PB Jaya Raya, Sri Fatmawati, menganggap kejuaraan ini sebagai ajang penting bagi para atlet, khususnya kelompok usia dewasa untuk berlaga di tengah minimnya penyelenggaraan kejuaraan nasional di tahun ini. Dia pun bakal berusaha maksimal untuk meraih hasil terbaik di ajang ini.

Meski masih dalam kondisi pemulihan cedera, ia akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Di samping itu, Sri menyadari ketatnya peta persaingan pada kategori dewasa, dengan hadirnya para mantan penghuni Pelatnas diantaranta Fitriani, Anggia Shitta, dan Putri Larasati. 

“Saya masih cedera penebalan tulang engkel di kaki sebelah kiri dari setahun terakhir. Tapi hal itu tidak membuat saya patah semangat, karena senang banget akhirnya ada kejuaraan seperti ini. Saya tidak ngoyo untuk target medali emas, yang terpenting bermain secara maksimal,” kata atlet unggulan kedua untuk nomor tunggal dewasa putri ini.

Baca Juga: Superliga Junior 2023 Digelar, Perebutkan Hadiah Rp1 Miliar

2. Jumlah peserta yang terus meningkat

1.373 Pebulu Tangkis Indonesia Berebut Hadiah Senilai Rp600 JutaSesi foto bersama para narasumber Polytron Walikota Cup Solo 2023: (ki-ka) Yuni Kartika (Wakil Ketua I Polytron Walikota Cup Solo 2023), Titis Maulida Rahma (atlet PB Djarum), Basri Yusuf (Ketua Pengprov PBSI Jateng), Eddy Prayito (Wakil Ketua Pelaksana Polytron Walikota Cup Solo 2023), Akmal Zaidan Pamuji (atlet Mutiara Cardinal), Emanuel Joseph Surya Hartono (atlet PB Djarum), Sri Fatmawati (atlet PB Jaya Raya). (Dok. Istimewa)

Direktur Komersial Polytron, Tekno Wibowo, menuturkan jika Polytron Walikota Cup Solo 2023 diharapkan dapat menjadi tolok ukur pengembangan bakat pebulutangkis Indonesia. Terlebih lagi, tahun ini jumlah peserta meningkat signifikan yang akan membuat persaingan menapaki tangga juara semakin kompetitif.

Sebagai catatan, pada edisi sebelumnya yakni Walikota Cup Solo 2022, terdapat 762 peserta yang bertanding pada 19 nomor dari berbagai kategori usia.

“Dengan semakin kompetitifnya kejuaraan Polytron Walikota Cup 2023 ini diharapkan bisa menjadi awal yang bagus untuk regenerasi dan mengasah bibit atlet bulutangkis yang berbakat di Indonesia. Polytron menganggap bahwa kejuaraan seperti ini sangat bermanfaat dan penting bagi para atlet sebagai pengalaman tanding untuk mengasah mental dan kemampuan dan dapat dijadikan barometer untuk menjadi lebih baik lagi demi menggapai prestasi dan cita-cita di kejuaraan level Internasional,” ujar Tekno Wibowo.

Wakil Ketua Pelaksana Polytron Walikota Cup Solo 2023, Eddy Prayitno, menyatakan panitia telah siap menyambut ribuan atlet pebulutangkis yang datang dari penjuru Indonesia tersebut. Demi memastikan kejuaraan ini berjalan lancar, pertandingan akan digelar di 12 lapangan yang tersebar di tiga gelanggang olahraga yakni GOR Sritex A, GOR Sritex B dan GOR Universitas Sebelas Maret.

“Mewakili seluruh panitia, kami mengucapkan selamat datang kepada para atlet. Manfaatkanlah kejuaraan ini dengan sebaik-baiknya, tunjukkan kemampuan seoptimal mungkin di atas lapangan dan semoga melalui kejuaraan ini dapat lahir atlet-atlet yang bisa meneruskan kejayaan bulutangkis Indonesia,” tandas Eddy Prayitno.

3. Pemenang akan dapat poin untuk peringkat di level nasional

1.373 Pebulu Tangkis Indonesia Berebut Hadiah Senilai Rp600 JutaGanda putri PB Djarum, Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina, dalam pertandingan final beregu putri U-19 Polytron Superliga Junior 2023. Laga ini berlangsung di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (14/5). (Dok. PB Djarum)

Kenaikan jumlah peserta ini tak lepas dari status Polytron Walikota Cup Solo 2023 sebagai Kejuaraan Swasta Nasional yang masuk dalam kalender PBSI. Dengan status tersebut, para atlet yang berpartisipasi dan meraih gelar juara akan mendapat poin guna meningkatkan peringkat mereka di level nasional.

Hal ini tentunya menjadi magnet bagi para pebulutangkis dan klub yang ada di Indonesia.

Ajang ini akan mempertandingkan 26 kategori usia. Di level junior terdapat nomor tunggal putra dan tunggal putri (U11, U13, U15, U17, dan U19), ganda putra dan ganda putri (U13, U15, U17, dan U19), serta ganda campuran (U15, U17, dan U19).

Sementara, kategori dewasa akan mempertandingkan lengkap lima partai yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. 

Para atlet bulu tangkis terbaik bakal unjuk kemampuan di arena pertandingan guna merebut gelar juara dan total hadiah lebih dari Rp600 juta. 

Baca Juga: PB Djarum Perkasa, Jadi Juara Umum Superliga Junior 2023

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya