Comscore Tracker

14 Tahun Berkarier, Tontowi Ahmad Blak-blakan soal Lawan Terberatnya

Owi sudah memenangi semua gelar, tapi siapa lawan terberat?

Jakarta, IDN Times - Kurang-lebih 14 tahun lamanya berkarier di dunia tepok bulu, Tontowi Ahmad sudah memenangi semua gelar bergengsi yang ada. Mulai dari gelar All England hingga status sebagai ranking 1 dunia sudah diraih oleh pria yang juga akrab disapa Owi ini.

Bersama duet sehatinya, Liliyana Natsir, pasangan ganda campuran yang akrab disapa Owi/Butet ini juga membungkus 2 gelar Kejuaraan Dunia serta 1 medali emas Olimpiade pada 2016 lalu.

Lalu pertanyaannya kemudian, dalam rentang karier yang lebih dari satu dekade itu, siapa lawan terberat yang pernah dihadapi oleh Owi?

1. Sebut Zhang Nan/Zhao Yunlei sebagai rival berat

14 Tahun Berkarier, Tontowi Ahmad Blak-blakan soal Lawan Terberatnyabadmintonplanet.com

Sama-sama berada di puncak kejayaan dan relatif seumuran, Owi menyebut bahwa ganda campuran asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei, sebagai lawan terberat semasa berkarier. Tak bisa dipungkiri memang, kedua ganda campuran ini memang silih berganti menjuarai turnamen dan berebut ranking 1 dunia di rentang 2012-2016, sebelum akhirnya Tiongkok memunculkan duet baru, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong.

"Lawan terberat Zhang Nan/Zhao Yunlei. Mereka nyaris gak ada kekurangan. Pemain mixed double yang lengkap ya ada di mereka. Kita kalau mau ngalahin mereka, harus benar-benar prima secara kondisi. Secara permainan, Owi/Butet kala itu ya sama seperti Zhang Nan/Zhao Yunlei," ujar Owi dalam live Instagram bersama PB Djarum, Selasa (19/5).

Secara rekor sendiri, statistik memang membenarkan omongan Owi. Pasangan Zhang/Zhao memang superior atas Owi/Butet karena sanggup mengoleksi 13 kemenangan dari total 20 kali pertemuan antara keduanya. Beruntungnya, salah satu kemenangan krusial diraih Owi/Butet atas rival bebuyutannya itu justru di ajang prestisius, yakni Olimpiade pada 2016 lalu di semifinal.

Baca Juga: Tontowi Ahmad Pensiun, Benarkah karena Status Magang di Pelatnas?

2. Lawan tangguh selain Zhang Nan/Zhao Yunlei

14 Tahun Berkarier, Tontowi Ahmad Blak-blakan soal Lawan TerberatnyaGoh Liu Ying di Indonesia Masters 2020 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Selain ganda Tiongkok, Tontowi juga menyebutkan sederet pasangan ganda campuran yang cukup sulit ia kalahkan bersama Butet kala itu. Dari deretan nama itu, ada dua pasangan yang diberi perhatian khusus oleh Owi.

"Sebenarnya semua lawan berat ya, tapi dulu ada juga Ucok (Praveen) sama Debby (Susanto). Terus ada juga Goh Liu Ying (ganda campuran asal Malaysia)," ujar Owi.

Sekadar trivia, Goh bersama tandemnya, Chan Peng Soon, adalah lawan Owi/Butet di final Olimpiade Rio 2016. Pada laga final tersebut, kemenangan bersejarah sukses ditorehkan Owi/Butet sekaligus mengembalikan tradisi emas dari bulu tangkis di ajang Olimpiade yang terhenti pada tahun 2012.

3. Owi belum akan 100 persen pensiun

14 Tahun Berkarier, Tontowi Ahmad Blak-blakan soal Lawan Terberatnyainstagram.com/tontowiahmad_

Dijelaskan lagi olehnya, Tontowi Ahmad mengaku bahwa ia hanya pensiun dari pelatnas saja, namun belum akan meninggalkan dunia bulu tangkis untuk selamanya. Dari pengakuannya di live bersama PB Djarum, pria kelahiran Banyumas itu tak menampik bahwa ia masih siap bermain di ajang liga.

"Kalau berhenti total sih saya gak ya. Masih tetap latihan tapi gak intens kayak di Cipayung," kata Owi mengungkapkan status pensiunnya.

Owi menyatakan dirinya hanya resmi pensiun dari turnamen internasional dan pensiun sebagai atlet nasional.

"Kalau ada liga-liga saya masih mikir-mikir," kata atlet jebolan PB Djarum ini.

"Apalagi kalau ditawarinnya saya main sama Ci Butet," kata Owi lagi sembari tertawa.

Baca Juga: Gak 100 Persen Pensiun, Tontowi Ahmad Masih Ingin Main di Liga

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya