300 Hari Menuju PON 2021, Panitia Gelar Fetival Cahaya Papua

Sosialisasi PON XX Papua 2021

Jakarta, IDN Times - Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar pada Oktober 2021 telah mencapai final.  Bertepatan dengan 300 hari menuju PON XX Papua 2021, Panitia Besar ajang tersebut menggelar virtual event Festival Cahaya Papua, Kamis (31/12/2020).

Festival Cahaya Papua digelar untuk menyosialisasikan kegiatan PON XX Papua 2021 dan menebarkan euforia dalam rangka 300 hari menuju ajang tersebut.

1. Acara pertunjukan virtual pertama di Indonesia

300 Hari Menuju PON 2021, Panitia Gelar Fetival Cahaya PapuaKetua harian PB PON, Yunus Wonda. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Acara ini akan menjadi pertunjukan virtual pertama di Indonesia dengan set panggung serta berbagai seni dan budaya Papua di atas kapal landing craft tank berlatarkan keindahan alam Papua.

“Dalam rangka 300 hari jelang pelaksanaan PON, kami menyelenggarakan sebuah festival penuh cahaya dari Papua. Festival ini sekaligus mengenalkan potensi pariwisata yang ada di Papua. Kegiatan ini sebagai momentum sosialisasi logo, maskot, pictogram dan slogan PON XX Papua 2021, sekaligus penanda Provinsi Papua siap melaksanakan PON XX Papua 2021. Berkenaan dengan ini,” Ketua Harian Pengurus Besar PON, Yunus Wonda.

Baca Juga: Alasan Pemerintah Memundurkan PON Papua ke Oktober 2021 

2. Virtual Cahaya Papua diramikan artis ibu kota

300 Hari Menuju PON 2021, Panitia Gelar Fetival Cahaya PapuaPadi Reborn/dok. Padi Reborn

Beberapa artis juga bakal ambil bagian  dalam ajang ini, seperti  Padi Reborn dan Raffi Ahmad. Sementara, pertunjukan lainnya dari Jayapura, dari Art Dance, Papua Original, Yewen Papu, Pragina Gong, Epo D’Fenomeno, De Sagoo, & Rasmel Band juga menambah kemeriahan Festival Cahaya Papua jelang 300 hari PON XX Papua 2021

3. Masyarakat bisa menoton secara streaming

300 Hari Menuju PON 2021, Panitia Gelar Fetival Cahaya PapuaIlustrasi live streaming (pixabay.com)

Ajang ini sengaja digelar secara virtual, selain itu orang-rang yang terlibat juga bekerja dengan memperhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa menikmati suguhan acara dengan menaati protokol kesehatan dan menikmati pertunjukan virtual event ini di rumah saja.

Pengambilan gambar Festival Cahaya Papua sendiri telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dari studio Jakarta dan Jayapura. Sehingga, kegiatan ini bisa disaksikan secara streaming melalui official Youtube : PONXX2021Papua, official Facebook : PONXX2021Papua, dan salah satu televisi swasta nasional.

“Untuk mencegah penyebaran pandemik COVID-19, maka kami merancang konsep virtual event sehingga masyarakat bisa menonton dengan aman dan nyaman melalui streaming di official Facebook serta YouTube Channel PON XX Papua dan Metro TV dari rumah,” ujar dia.

Baca Juga: Cerita Atlet: Lewati Pandemik dan Kesedihan Akibat PON Diundur

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya