Comscore Tracker

4 Fakta Menarik di Balik MotoGP Prancis 2019

Marquez bersaudara jadi juara bersama

Jakarta, IDN Times - MotoGP seri ke-5 dihelat di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (19/5). Pembalap andalan pabrikan Honda, Marc Marquez, berhasil mengasapi pesaingnya dalam balapan 27 lap tersebut.

Baby Alien --julukan Marquez-- berhasil mencatatkan waktu tercepat 41 menit 53,647 detik. Ia terpaut cukup jauh dengan pembalap lainnya macam Andrea Dovizioso (41 menit 55.631 detik), Danilo Petrucci (41 menit 55.789 detik), Jack Miller (41 menit 56.587 detik), dan Valentino Rossi 41 menit 56.700 detik).

Berikut fakta menarik yang tersaji di MotoGP Prancis 2019:

1. Marc Marquez berhasil jadi yang tercepat di tiga seri

4 Fakta Menarik di Balik MotoGP Prancis 2019motogp.com

Marquez berhasil membukukan kemenangan secara beruntun setelah pada seri sebelumnya yang dihelat di Sirkuit Jerez, Spanyol, juga meraih posisi pertama di akhir balapan. Hal itu membuat dia meraih tiga kemenangan dalam lima seri balapan MotoGP yang telah di gelar, yakni Argentina, Spanyol, dan Prancis.

Hasil itu juga membuat posisi pembalap asal Negeri Matador tersebut memimpin klasemen balapan dengan raihan 95 poin dari tiga kali menang, dan empat kali naik podium.

Pesaing terdekatnya terpaut delapan poin dengan perolehan 87 poin dari sekali menang hasil tiga kali naik podium.

Baca Juga: [BREAKING] Marc Marquez Rebut Podium Pertama di Sirkuit Jerez

2. Marquez bersaudara jadi juara bersama di Prancis

4 Fakta Menarik di Balik MotoGP Prancis 2019motogp.com

Ternyata tak hanya Marc Marquez saja yang berhasil meraih kemenangan, saudaranya Alex Marquez juga berhasil jadi yang tercepat di Moto2.

Kemenangan ini juga merupakan yang kedua kalinya didapat di ajang tersebut. Terakhir, Alex Marquez mampu jadi juara di Sirkuit Montegi, Jepang, pada 2017 bersama March VDS.

3. Marquez catatkan kemenangan ke-300 Honda

4 Fakta Menarik di Balik MotoGP Prancis 2019motogp.com

Kemenangan Marquez di tiga seri musim ini berhasil mengantarkan Honda Racing Corporation (HRC) meraih kemenangan ke-300 pada ajang perlombaan balapan kelas premier ini. Kemenangan perdana tim pabrikan asal Jepang ini dimulai pada tahun 1966 yang ditorehkan oleh pembalap Inggris, Jim Redman.

4. Pembalap asal Spanyol teruskan rekor selalu ada di podium di MotoGP

4 Fakta Menarik di Balik MotoGP Prancis 2019motogp.com

Pembalap asal Spanyol memang seperti memiliki jalan hidup untuk menunggangi motor cepat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pembalap asal Negeri Matador yang berprestasi, sebut saja Jorge Lorenzo.

Tahun ini pembalap Spanyol pun terus mendominasi di setiap seri. Buktinya, dari lima seri yang sudah digelar, pembalap Spanyol tak pernah putus naik podium, Qatar (Marc Marquez), Argentina (Marc Marquez), Amerika (Alex Rins), Spanyol (March Marquez), dan Prancis (March Marquez).

Baca Juga: Penuh Kejutan, Ini Fakta-Fakta Seputar MotoGP Spanyol

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You