7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu Resto

Kobe Bryant ternyata fasih berbahasa Italia

Jakarta, IDN Times - Legenda bola basket Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter yang terjadi di kawasan Calabasas, Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (27/1) pagi waktu setempat.

Insiden helikopter tersebut juga merenggut nyawa putri Kobe Bryant, Gianna Bryant, yang masih berusia 13 tahun. Total ada sembilan orang tewas dalam insiden mengerikan ini.

Kepergian Kobe Bryant yang sangat tak terduga tersebut mengejutkan dunia. Ucapan duka cita pun mengalir deras tak hanya dari atlet basket, tapi juga dari hampir semua atlet, selebritas, hingga tokoh dunia.

Yup, Kobe Bryant memang bukan sekedar bintang di dunia basket. Ia, seperti juga Michael Jordan dan Magic Johnson, menginspirasi semua orang. Kobe mengoleksi cincin juara NBA pada 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010. Tiga gelar pertama ditorehkannya bersama Big Man yang juga legenda LA Lakers, Shaquille O'Neal.

Prestasi individunya juga tak kalah bagus. Dia mampu menjadi MPV pada kompetisi edisi 2008 silam. Kobe juga sempat memperkuat All Star sebanyak 18 kali, dan empat di antaranya berhasil jadi pemain terbaik, yakni pada 2002, 2007, 2009, dan 2011.

Kobe akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 2016. Dia bermain selama 20 musim untuk LA Lakers. Atas dedikasinya itu, nomor punggung yang biasa dikenakan, yakni nomor delapan dan 24 di pensiunkan oleh klub.

Terlepas dari semua penghargaan dan prestasi, ada beberapa hal tentang Kobe Bryant yang tersimpan dalam kegelapan dan banyak publik yang tahu mengenai itu. Oleh sebab itu, IDN Times merangkum beberapa fakta menarik tentang pemain All Star yang dilansir dari Bleacher Report.

1. Kobe Bryant ternyata lancar berbahasa Italia

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu RestoKobe Bryant kala mengakhiri kariernya bersama Lakers. businessinsider.com

Tak banyak orang tahu, pebasket yang meninggal di usia 41 tahun itu menghabiskan sebagian masa kecilnya di Italia. Walhasil, ia di sana sudah belajar bahasa Italia pada usia enam tahun di sekolah dasar.

Mantan pemain LA Lakers yang terbiasa tampil sebagai shooting guard itu masih berbicara bahasa Italia dengan lancar sampai akhir hayatnya, dan dia telah menggunakannya untuk berkomunikasi dengan beberapa rekan timnya di lapangan.

Kobe juga dikenal lebih tertarik dengan sepak bola dibandingkan permainan basket pasca pulang sekolah saat masih di Italia. Oleh sebab itu, Kobe mengambil kelas bahasa agar bisa berkomunikasi dengan baik dengan rekan-rekannya yang lain kala itu.

Tak mengejutkan pula jika Kobe memiliki dua mobil bikinan Italia: Ferrari dan Lamborghini.

Baca Juga: 5 Koleksi Mobil Kobe Bryant, Ada Jeep Juga Loh!

2. Nama depan Kobe ternyata terinspirasi dari sebuah menu steak

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu Restobusinessinsider.com

Nama Kobe ternyata menyimpan cerita menarik kalau tidak bisa dibilang lucu. Nama tersebut muncul ketika kedua orang tuanya, Joe Bryant dan Pamela Cox Bryant, melihat sebuah menu daging sapi Kobe di sebuah restoran.

Keduanya tertarik dengan nama Kobe pada menu di restoran tersebut. Lalu mereka menamai putranya itu dengan nama Kobe. Sangat jarang seseorang diberi nama berdasarkan sebuah nama menu daging di restoran.

Namun, di luar hal itu nama Kobe ternyata mampu menginspirasi dan meningkatkan popularitas sejak sang legenda datang ke NBA.

3. Kobe Bryant ternyata memiliki nama tengah, loh!

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu Restothe18.com

Ternyata Bryant bukanlah nama tengah yang tercatat dalam akta kelahiran. Kobe memiliki nama tengah Bean sebelum nama Bryant. Nama tersebut kemungkinan berasal dari nama panggilan ayahnya "Jellybean" yang dia dapatkan selama bermain.

Ini merupakan nomenklatur yang cukup unik untuk pebasket yang tak biasa.

4. Kobe Bryant membawa Brandy ke pesta prom sekolah SMA-nya

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu RestoStylecaster.com

Sebagian besar rekan-rekannya membawa pacar atau teman wanita ke pesta prom sekolah menengah, tapi Kobe memutuskan untuk berjalan menuruni karpet merah dengan gaya yang elegan dengan salah satu bintang musik populer, Brandy Norwood ke pesta prom-nya.

Oleh sebab itu, wajar jika Kobe sudah dianggap sebagai seorang selebritas jauh sebelum dia masuk dalam liga.

5. Kobe Bryant adalah guard pertama yang masuk draft pemain langsung dari sekolah menengah

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu RestoLegenda NBA, Kobe Bryant. ABC News

Bryant membuat kejutan ketika ia direkrut dari Sekolah Menengah Merion. Ia masuk Draft seleksi di urutan ke-13 pada tahun 1996 silam. Maklum kala itu usianya masih sangat muda karena baru menginjak 17 tahun. bahkan, ia kala itu ibunya yang harus menandatangani kontrak Kobe di Lakers

Dipilih dalam Draft 1996, Bryant mendarat di Los Angles setelah bersaing dengan Charlotte Hornets (yang awalnya menginginkan dia). Sampai akhirnya, Kobe bergabung dengan skuad Lakers yang kala itu juga mendatangkan Shaquille O'Neal plus beberapa nama lama macam Nick Van Exel, Eddie Jones, Cedric Ceballos, Rick Fox dan Elden Campbell.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini masuk jadi anggota seumur hidup LA Lakers, sebab ia merupakan guard pertama yang direkrut langsung LA Lakers langsung dari sekolah menengah.

6. Mengapa Kobe Bryant memakai nomor delapan

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu Restoslamloan.com

Kobe Bryant menggunakan nomor punggung 33 dalam sebagian besar penampilannya semasa SMA. Akhirnya ia memilih untuk menggunakan nomor delapan ketika mentas di NBA.

Lalu, mengapa dia beralih ke nomor delapan? nomor itu memiliki memori sejarah lantaran Kobe mengenakannya saat masih memulai belajar basket di Italia dan itu merepresentasikan nomor punggung yang pernah Kobe Bryant gunakan semasa di kamp ABCD Adidas, yakni satu, empat, dan tiga.

7. Jadi bagaimana tepatnya Bryant bertemu istrinya Vanessa?

7 Fakta Mengejutkan Kobe Bryant, Nama Depannya Dicomot dari Menu RestoInstagram.com/kobebryant

Keduanya benar-benar bertemu pada tahun 1999, ketika Vanessa baru berusia 17 tahun di sekolah menengah. Pada saat itu, dia berperan sebagai penari latar dalam sebuah video musik. Tapi apa yang dilakukan Bryant di sana?

Selain memeriksa syuting The Eastsidaz, Bryant berada di studio untuk merekam rapnya sendiri yang tak pernah benar-benar diluncurkan. Mungkin lebih baik bahwa keahliannya di mic tidak pernah menjadi arus utama.

Baca Juga: Saksi Ungkap Detik-detik Jatuhnya Helikopter yang Tewaskan Kobe Bryant

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya