Comscore Tracker

Alvin Tehupeiory Gagal ke Semifinal 100 Meter Putri Olimpiade

Alvin tak bisa pecahkan catatan terbaik pribadinya

Jakarta, IDN Times - Sprinter Indonesia, Alvin Tehupeiory harus terhenti langkahnya di babak utama dalam cabang olahraga atletik nomor 100 meter putri. Mentas di heat dua, Alvin harus puas finish di peringkat bontot dalam pertandingan yang digelar di National Stadium, Jumat (30/7/2021). 

Alvin mencatatkan waktu 11,92 detik dalam babak ini. Ia kalah cepat dibandingkan tujuh sprinter lainnya. Ia terpaut 1,1 detik dari wakil Jamaika, Elaine Thompson Herah yang finish di peringkat pertama dengan catatan waktu 10,82 detik.

Dalam catatan di situs Olympic, Alvin juga mencatatkan reaction time terlambat dibandingkan sprinter lainnya saat start. Ia mencatatkan waktu 0,189 detik saja.

Baca Juga: Ada Apresiasi Menanti Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

1. Tiga sprinter melaju ke semifinal 100 meter putri

Alvin Tehupeiory Gagal ke Semifinal 100 Meter Putri OlimpiadeSprinter Indonesia Alvin Tehupeiory (kanan) gagal di babak pertama 100 meter putri cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 dengan catatan waktu 11,92 detik. (ANTARA/Sigid Kurniawan/wsj).

Hasil dari pertarungan di heat dua membuat tiga sprinter teratas berhak melaju ke babak semifinal. Selain Elaine yang sudah memastikan satu tiket tersebut, wakil Swiss, Mujinga Kambundji yang berada di peringkat dua dengan catatan waktu 10,95 detik juga otomatis lolos ke semifinal.

Sementara, satu tiket terakhir diraih wakil Jerman, Tatjana Pinto (Jerman) yang berhasil jadi sprinter tercepat ketiga di heat dua. Ia mencatatkan waktu 11,16 detik dan bisa melewati lima pesaing lain yang ada di bawahnya termasuk, Alvin.

Baca Juga: Inilah Daftar Medali Bulu Tangkis Indonesia Sepanjang Olimpiade

2. Catatan Alvin tak di babak pertama, tak lebih baik dari kualifikasi

Alvin Tehupeiory Gagal ke Semifinal 100 Meter Putri OlimpiadeAlvin Tehupeiory, atlet asal Indonesia. (instagram.com/alvinatehupeiory)

Catatan waktu yang ditorehkan Alvin kali ini, masih kalah dengan yang sudah dia torehkan di babak kualifikasi nomor 100 meter putri. Sebelumnya, pelari berusia 26 tahun itu berhasil mencatatkan waktu 11,89 detik. Ia jadi yang tercepat ketiga, di belakang Joella Lloyd dari Antigua dan Barbuda, serta Asimenye Simwaka dari Malawi. 

Catatan Alvin ini juga belum bisa melewati torehan terbaik pribadinya dalam nomor 100 meter putri. Ia sebelumnya sudah pernah mencatatkan waktu 11,64 detik, terpaut 0,25 detik dari yang dia catatakan di babak utama nomor 100 meter putri Olimpiade kali ini.

3. Belum bisa pecahkan rekor nasional

Alvin Tehupeiory Gagal ke Semifinal 100 Meter Putri OlimpiadeAlvin Tehupeiory, atlet asal Indonesia. (instagram.com/alvinatehupeiory)

Dengan demikian, Alvin juga gagal mematahkan rekor nasional yang sudah bertahan selama 22 tahun terakhir nomor 100 meter putri.  Irene Truitje Joseph masih mempertahankan rekor 11,57 detik di nomor tersebut saat mentas di SEA Games 1999 silam.

Nama Alvin sebenarnya bukan pilihan pertama saat Indonesia mendapatkan tiket tambahan Olimpiade cabor atletik melalui jalur universality place. Kandidat utama yang dipilih adalah Emilia Nova, peraih medali perak nomor 100 meter gawang Asian Games 2018.

Baca Juga: Atletik Indonesia Dikepung Kekurangan Fasilitas dan Popularitas

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya