Anies Baswedan Dukung Tim DKI Jakarta Langsung di Papua

DKI Jakarta ada di peringkat tiga klasemen sementara

Jayapura, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hadir langsung mendukung kontingen yang dipimpinnya di PON XX Papua 2021. Baru datang sore, dia langsung menyambangi Arena Aquatik, Kampung Harapan, kompleks Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Senin (11/10/2021) malam.

Kedatangan Anies memberikan motivasi untuk para atlet DKI Jakarta di cabang olahraga renang. Terbukti, mereka bisa meraup tiga emas dalam beberapa nomor yang dipertandingkan.

Anies tak mau ambil pusing soal kans DKI Jakarta yang bakal berat mewujudkan targetnya menjadi juara umum. Terlebih, Jawa Barat bersama Jawa Timur masih kokoh di papan atas dan terus meraup medali emas.

Baca Juga: Gulat PON XX Papua Diwarnai Kericuhan di Arena

1. Pengalungan medali adalah gambaran dari perjuangan atlet

Anies Baswedan Dukung Tim DKI Jakarta Langsung di PapuaPeraih Medali Emas cabor Renang 200m Gaya Dada Putra, Gagarin Nathaniel Yus dari DKI Jakarta (tengah), mencatatkan rekor anyar di PON XX Papua. (IDN Times/Tata Firza).

Dia menyebut, yang terpenting dari gelaran PON adalah bagaimana atlet melakukan yang terbaik, saat masa persiapan hingga pertandingan. Itu harus jadi apresiasi lebih, karena perjuangan mereka bersama tim pelatih dan elemen pendukung, bisa bertanding atas nama DKI Jakarta.

"Ketika kita menyaksikan pengalungan medali, tak usah bertanya soal perasaan atlet. Coba bagaimana perasaan mereka ketika berjuang untuk persiapan, bangun pagi, berlatih dan bekerja keras, hingga meninggalkan kesibukan lainnya, itu terus berjalan selama bertahun-tahun," kata Anies kepada awak media.

2. PON lebih dari olahraga

Anies Baswedan Dukung Tim DKI Jakarta Langsung di PapuaAtlet Renang DKI Jakarta Gagarin Nathaniel Yus meraih medali Emas cabor Renang nomor 100m Gaya Dada Putra PON XX PAPUA. Medali diserahkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Stadion Aquatik Kampung Harapan Jayapura, Senin (11/10/2021). (Foto: PB PON XX PAPUA/Rahmat Takbir)

Perjuangan ini pun tergambar dalam pengalungan medali. Sudah pasti, kata Anies, atlet-atlet bakal merasakan kebahagiaan, karena kerja kerasnya sepanjang tahun, kedispilinan, hingga sikap pantang menyerah, bisa terbayarkan dengan prestasi terbaik. 

Anies menyebut, jika PON ini bukan hanya berbicara soal prestasi semata. Lebih dari itu, ajang multievent olahraga ini jadi merupakan gambaran persatuan dan kesatuan Indonesia yang harus dijaga.

"Ini bicara tentang persaudaraan, persahabatan, dan sportivitas, yang dijaga. Saya di sini mengajak semua untuk menjaga nilai-nilai itu. Esensinya adalah melakukan yang terbaik dengan nilai-nilai tersebut," kata Anies.

3. DKI Jakarta ada di posisi ketiga klasemen perolehan medali PON XX Papua

Anies Baswedan Dukung Tim DKI Jakarta Langsung di PapuaPeraih Medali Emas cabor Renang 200m Gaya Dada Putra, Gagarin Nathaniel Yus dari DKI Jakarta (tengah), mencatatkan rekor anyar di PON XX Papua. (Foto : PB PON XX PAPUA/Rahmat Takbir)

Dia pun menyebut, jika persaingan ini terjadi dalam PON saja. Selanjutnya, mereka akan bersatu membela panji Indonesia di ajang internasional, seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Jadi perolehan medali adalah nomor sekian dari gelaran ini.

"Saya ingin sampaikan kepada Anda, ambil pesan itu, di PON ini mudah mudahan akan lebih bagus lagi ke depan. Di bidang olahraga apapun yang punya semangat juang, dan stamina yang kuat dari para atlet yang berlaga di PON ini," bebernya.

Sejauh ini, DKI Jakarta masih tertahan di peringkat tiga perolehan medali PON XX Papua. Mereka sudah mengoleksi 223 medali, dengan rincian, 78 emas, 66 perak, 79 perunggu. Catatan mereka masih tertinggal jauh dari Jabar yang ada di peringkat pertama dengan raihan 93 emas, 73 perak, dan 78 perunggu.

Baca Juga: Final Renang PON XX Papua Hujan Rekor, Jatim Paling Banyak

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya