Comscore Tracker

Anthony Ginting Takluk, Indonesia Tanpa Gelar di Hong Kong Open 2019

Anthony Ginting kalah dalam tiga set oleh Lee Cheuk Yiu

Jakarta, IDN Times - Tunggal Putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dipastikan gagal menjadi juara pada ajang Hong Kong Open 2019, Minggu (17/11) sore. Meladeni atlet bulu tangkis non unggulan yang jadi wakil tuan rumah, Lee Cheuk Yiu, Ginting ditaklukkan tiga set yakni 16-21, 21-10, dan 22-20.

Di set pertama, kedua pemain sama-sama tampil hati-hati. Keduanya terlihat tak mau tampil terlalu agresif dengan saling mengejar poin. Tapi, Ginting mampu tampil lepas sehingga terus memperlebar jarak poin hingga akhirnya berhasil menutup set pertama dengan skor 21-16.

Memasuki set kedua, giliran Lee Cheuk Yiu yang unjuk gigi. Ia tampil lebih menyerang melancarkan smash-smash keras ke arah Ginting. Hal itu membuat pemain asal Cimahi tersebut tertekan sehingga sering membuat kesalahan sendiri yang membuat jarak poin tertinggal 11-4.

Alih-alih mengejar poin, Ginting acap kali memberikan bola tanggung yang mudah dilahap oleh Lee Cheuk Yiu. Hal itu membuat Lee sangat mudah meraup poin demi poin pada set kedua ini. Ia pun cukup perkasa mengunci set kedua dengan skor 21-10. Hal itu memaksa pertandingan harus diselesaikan dengan rubber set.

Namun, memasuki set penentu, pemain berusia 23 tahun itu masih belum bisa tampil seperti set pertama. Lee Cheuk Yiu masih saja mendominasi permainan dan membuat Ginting tertinggal cukup jauh 5-1. Hal itu nampak membuat Lee tampil di atas angin untuk menyelesaikan rubber set ini dengan kemenangan.

Ginting sempat bangkit memberi perlawanan. Ia sempat memperpendek perolehan angka menjadi 17-13. Memainkan strategi dengan banyak menempatkan bola-bola di depan net terbukti membuat Lee Cheuk Yiu tak berkutik sampai akhirnya menyamakan skor 18-18. Hal itu membuat sisa pertandingan berjalan lebih ketat.

Sempat unggul 20-19, perolehan angkanya justru kembali disamai Lee Cheuk Yiu menjadi 20-20, sehingga terjadi jus. Hal itu ternyata membuat pemain bulu tangkis tuan rumah mendapatkan angin kedua. Walhasil set ketiga ini berhasil diakhiri oleh Lee Cheuk Yiu dengan kemenangan 22-20.

Kekalahan Ginting membuat Indonesia gagal meraih satu pun gelar juara pada ajang Hong Kong Open 2019. Sebelumnya, pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan juga harus puas jadi runner up karena dikalahkan Choi Solgyu/Seo Seung Jae dengan skor 21-13, 12-21, dan 13-21.

Baca Juga: [BREAKING] Ahsan/Hendra Gagal Rebut Gelar Juara Hong Kong Open 2019

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You