Comscore Tracker

Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini Harapannya

Aprilia Manganang ingin berkeluarga

Jakarta, IDN Times - Mantan atlet voli putri, Serda Aprilia Santini Manganang resmi mengganti namanya menjadi Lanang. Pria yang menjalani proses corrective surgery ini pun punya harapan besar untuk masa depannya.

Suatu saat, ia berharap bisa jadi orang yang lebih berguna, khususnya setelah berkeluarga kelak.

“Suatu saat nanti, saya akan berkeluarga dan punya anak-istri. Saya akan menunjukkan kasih sayang saya,” kata mantan pemain Alko Bandung itu, dikutip YouTube TNI AD, Kamis (18/3/2021). 

1. Ucapan terima kasih Aprilia Manganang alias Lanang untuk semua pihak yang mendukungnya

Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini Harapannyainstagram.com/manganang92

Manganang tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya usai menjalani operasi. Menurut dia, momen tersebut sudah sangat ditunggu. Ia pun berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantunya.

“Puji tuhan banget sama Tuhan Yesus. Berkatnya saya bisa lewati ini. Saya sangat bersyukur Tuhan telah mempertemukan bapak (Andika) dan ibu (Yetty) dengan saya. Dan, saya mengucapkan juga terima kasih kepada para dokter yang sudah membantu saya,” ujar Manganang.

Kebahagiaan Manganang bukan tanpa sebab. Ia mengaku, sudah menunggu momen ini selama 28 tahun, hingga akhirnya bisa terlaksana. 

Baca Juga: Nama Baru Aprilia Manganang yang Penuh Doa: Lanang

2. Singgung bantuan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istrinya Yetty

Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini HarapannyaTangkapan layar KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri), Yetty Andika Perkasa (tengah), dan Aprilia Manganang alias Lanang (kanan) di kanal YouTube TNI AD. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Kini, Manganang merasa auranya yang dulu sempat terpendam bisa keluar. Dia merasakan dirinya lebih fresh usai menjalani proses corrective surgery dari wanita menjadi pria. 

Manganang menilai, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istrinya Yetty Andika Perkasa punya andil besar dalam proses ini. 

“Mungkin tanpa ada beliau (Andika dan Yetty), saya tak bisa seperti sekarang. Bapak dan ibu luar biasa baik. Keduanya tulus dan ikhlas membantu pengobatan ini. Dan, saya tak akan menyia-nyiakan semuanya,” ucapnya.

3. Nama Lanang adalah pemberian istri Kepala Staf Angkatan Darat

Aprilia Manganang Ganti Nama Jadi Lanang, Ini HarapannyaTangkapan layar istri KSAD Yetty Andika Perkasa di kanal YouTube TNI AD. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Nama Lanang sendiri merupakan pemberian dari istri Kepala Staf Angkatan Darat tersebut. Yetty menyebut nama tersebut adalah pemberiannya sebagai seorang ibu yang selalu mendoakan anaknya, termasuk Manganang. 

“Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Nama tersebut artinya lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang, Manganang bisa menjadi lelaki sejati,” ujar Hetty.

Yetty berharap, pria yang kini bernama Lanang itu bisa dididik KSAD untuk menjadi lelaki kebanggaannya. 

“Saya dan bapak ingin membantu kamu untuk menjalani apa yang diberikan tuhan, karena kamu sebagai laki-laki,” kata dia.

Aprilia Manganang atau Lanang sendiri sebelumnya didiagnosa memiliki kelainan pada sistem reproduksi yang dalam terminologi kesehatan disebut Hipospadias. Hal itu baru ia ketahui saat berusia 28 tahun.

Baca Juga: 7 Fakta Hipospadia, Penyakit Eks Pevoli Aprilia Manganang 

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya