Bantai Timor Leste, Timnas U-18 Kokoh di Puncak Klasemen

Beckham cetak satu gol untuk Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-18 berhasil kuasai puncak klasemen Grup A pada Piala AFF U-18 usai berhasil mengandaskan Timor Leste dengan skor telak 4-0 dalam laga yang dihelat di Stadion Binh Doung, Vietnam, pada Kamis (8/8) sore tadi.

Tampil tanpa mesin gol utamanya, Bagus Kahfi, Timnas U-18 tetap tampil agresif dengan menurunkan trio penyerang Fajar Fathur, Sutan Zico, dan Mochamad Supriyadi. Sejak dimulai laga, skuat Garuda Muda sudah bisa mengurung pertahanan Timor Leste.

Tampil dominan, tim besutan Fakhri Husaini langsung unggul cepat lewat gol cantik yang dicetak kapten Timnas U-18, David Maulana. Memanfaatkan umpan di sudut kanan pertahanan lawan, ia berhasil melepaskan sepakan terukur yang menghujam langsung gawang Timor Leste yang dikawal Nelson Pinto.

Usai unggul satu gol, Timnas U-18 tampil lebih terbuka. Mereka hampir memperlebar keunggulan setelah mendapatkan peluang pada menit ke-15. Sayang, tendangan Supriyadi yang mengarah ke gawang Timor Leste justru mengenai rekannya sehingga bola langsung mengarah ke luar.

Usai laga berjalan 20 menit, Timnas U-18 menurunkan tensi perrtandingan. Hal itu dimanfaatkan oleh Timor Leste untuk melakukan serangan. Tak jarang, gawang Timnas U-18 yang dikawal Ernando mendapatkan ancaman dari para penyerang Timor Leste.

Ditekan di sisa laga, Timnas U-18 justru kembali unggul pada menit ke-40. Pemain pengganti, Salman Alfarid, berhasil mencetak gol kedua bagi Garuda Muda melalui tendangan keras menyusur tanah, memanfaatkan kemelut yang terjadi di jantung pertahanan Timor Leste.

Jelang turun minum, Timnas Indonesia mendapatkan hadiah penalti usai Sutan Zico dijatuhkan pemain belakang Timor Leste saat memasuki menit ke-45+2. Beckham Putra yang menjadi algojo berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membawa TImnas U-18 unggul 3-0 di babak pertama.

Usai turun minum, kedua tim tak melakukan perubahan signifikan. Walau Timnas U-18 masih menguasai laga, mereka kesulitan menambah gol dalam laga tersebut. Sebaliknya, Timor Leste berhasil tampil lebih terbuka dan menyerang.

Hingga memasuki menit ke-70, kedua tim masih belum bisa mengubah keadaan. Skor 3-0 untuk keunggulan David Maulana dan kolega masih belum bisa dihentikan.

Lima menit berselang, sang tamu hampir memperkecil ketertinggalan usai pemain pengganti, Aldo Amaral berhasil melakukan tendangan jarak jauh. Beruntung, Ernando masih bisa tampil gemilang dengan menepis tendangan tersebut.

Timnas U-18 tersengat. Mereka langsung membalas dengan serangan berbahaya. Hasilnya, Sutan Zico mampu mencetak gol keempat bagi Timnas U-18 lewat sontekan di depan mulut gawang Timor Leste. Ia berhasil memanfaatkan umpan matang yang diberikan David Maulana dari tendangan bebas.

Tertinggal 4-0, Timor Leste berusaha mencetak gol untuk memperkecil kedudukan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan wasit yang memimpin jalannya laga, mereka gagal mencetak gol. Sehingga, keunggulan empat gol Timnas U-18 pun bertahan hingga akhir laga.

Hasil itu membuat Indonesia berhasil mengokohkan diri di puncak klasemen Grup A dengan raihan enam poin dari dua kemenangan. Mereka juga jadi tim paling produktif dengan torehan 11 gol dan cuma kemasukan dua gol saja.

 

Susunan pemain:


Timnas Indonesia U-18: Ernando Ari; Muhammad Yudha/Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa; Brylian Nagiehta Aldama, David Maulana, Bechkam Putra Nugraha/Braif Fatari; Fajar Fathur, Sutan Zico/Saddam Emiruddin Gaffar, Muhammad Supriyadi.

Timor Leste U-18: George Jose; Nelson Pinto, Jaimito da Costa Soares, Gumario Agusti, Mauzinho Bametode; Kay Olok Sword Gusmau, Nelson Jose Antonio, Expedito Da Conceciao, Kornelis Portela/Aldo Amaral, Salvado Da Silva; Dom Lucas Braz, Osorio Angelo Gusmao.

Baca Juga: Laga Perdana Piala AFF, Timnas U-18 Menang 7-1 atas Filipina

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya