[BREAKING] Bandung BJB Tandamata Segel Gelar Proliga 2022 Putri

Bandung BJB Tandamata kalahkan Gersik Petrokimia 3-1

Jakarta, IDN Times - Bandung BJB Tandamata menyegel gelar juara Proliga 2022 Putri. Hal itu dipastikan usai mereka mampu mengalahkan Gersik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-1 dalam laga grand final yang digelar di Padepokan Voli, Sentul, Bogor, Sabtu (26/3/2022). 

Bandung BJB Tandamata mampu menang 25-17 pada set pertama. Kemudian, mereka juga berhasil meraih kemenangan pada set kedua dengan skor 25-19. sempat mencuri poin pada set ketiga dengan menang 22-25, tapi Bandung BJB Tandamata akhirnya mengunci kemenangan pada set keempat dengan skor 25-18.

Jalannya duel grand final untuk kategori putri ini berjalan sangat seru. Sejak set pertama dimulai, kedua tim sudah melakukan duel sengit. Kejar-kejaran poin pun sempat terjadi hingga keduanya meraup poin imbang 8-8.

Setelah itu, BJB tampil lebih terbuka. Nicoleta Verovic beberapa kali melancarkan smash keras yang tak bisa dikembalikan Gersik Petrokimia. Hal itu membuat Bandung BJB Tandamata terus menambah pundi-pundi poin.

Di sisi lain, digantinya Jennifer Yanet Alvarez Hernandez yang berperan sebagai outside hitter, membuat tekanan yang dimiliki Gersik Petrokimia berkurang. Hal itu dimanfaatkan dengan baik Bandung BJB Tandamata hingga bisa unggul jauh 22-14.

Verovic yang tampil menawan dalam duel ini terus bisa memimpin tim asal Kota Kembang unggul. Spike kerasnya pun terus memberikan banyak poin bagi Bandung BJB Tandamata hingga bisa menutup set kemenangan dengan skor 25-17.

Memasuki set kedua, Gersik Petrokimia langsung tancap gas untuk terus unggul. Hal itu ternyata membuat pemain Bandung BJB Tandamata tertekan. Walhasil, Jennifer Yanet dan kolega unggul 8-6.

Walau tertinggal, Bandung BJB Tandamata justru tampil lebih terbuka. Hal itu membuat mereka meraup beberapa poin. Hingga akhirnya, spike dari Verovic bisa membuat timnya menyamakan kedudukan 13-13 dari Gersik Petrokimia.

Setelah itu, duel berjalan lebih sengit. Kejar-kejaran poin terus terjadi dalam set kedua ini. Namun, Bandung BJB Tandamata untuk pertama kalinya bisa unggul pada set ini dengan skor 19-17. Mereka pun tampil lebih agresif usai bisa unggul pada set kedua.

Gersik Petrokimia terus coba mengejar ketertinggalan. Mediol Yoku beberapa kali berhasil menambah poin untuk timnya. Hanya saja, keperkasaan spike Verovic membuat keunggulan Bandung BJB Tandamata sulit terbendung. Mereka pun kembali memenangkan set kedua dengan skor 25-19.

Memasuki set penentuan, Bandung BJB Tandamata tampil lebih lepas. Sedangkan, preassure begitu dirasakan para pemain Gersik Petrokimia. Hal itu membuat BJB Tandamata bisa meraup poin demi poin dengan mudah hingga bisa unggul jauh 5-1 atas lawannya di awal set ketiga.

Gersik Petrokimia perlahan bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Mereka terus menekan BJB Tandamata hingga bisa memperkecil margin poin menjadi 9-7. Kondisi itu terus dimanfaatkan dengan baik hingga mereka berhasil menyamakan kedudukan 10-10.

Gersik Petrokimia mampu membalikan keadaan dengan unggul menjadi 12-13. Namun, perolehan poin mereka tak bertahan lama, karena quick smash Wilda Siti Nurfadhila membuat Bandung BJB Tandamata kembali menyamakan kedudukan menjadi 13-13.

Momentum bagus sempat berpihak pada Gersik Petrokimia yang sempat unggul 15-14. Meskipun BJB Tandamata sempat mengejar poin hingga bisa berbalik unggul jadi 18-17, Gersik Petrokimia tampil lebih ganas hingga bisa mempertahankan keunggulan 20-21.

Kejar-kejaran poin sempat terjadi usai itu. Namun, Gersik Petrokimia mampu menguasai duel kali ini hingga akhir bisa menang pada set ketiga 22-25. Mereka pun berhasil memperpanjang napas hingga duel di lanjutkan ke set keempat.

Pada set keempat Bandung BJB Tandamata dan Gersik Petrokimia berduel sangat ketat. Gersik bahkan sempat unggul tipis di awal set ini. Namun, Bandung Bjb Tandamata bisa menutup interval set ini sebelum technical time out dengan keunggulan 8-6.

Bandung BJB Tandamata semakin unggul jauh atas Gersik Petrokimia. Walau mendapatkan perlawanan sengit, penampilan ciamik yang ditunjukkan kapten tim asal Bandung, Wilda membuat keunggulan timnya tak terbendung jadi 18-13.

Sudah di atas angin, Bandung BJB Tandamata lebih mudah mengumpulkan poin demi poin. Hingga akhirnya, set keempat ini mereka menangkan dengan skor 25-18, sekaligus membawa Bandung BJB Tandamata menjadi kampiun Proliga 2022 dengan mengandaskan Gersik Petrokimia Pupuk Indonesia 3-1.

Baca Juga: Hadapi Partai Final, Bandung bjb Tandamata Siap Main Habis-habisan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya