[BREAKING] Hendra/Ahsan Gagal Persembahkan Perunggu di Olimpiade Tokyo

Hendra/Ahsan dan Aaron/Chia tampil saling menekan #Tokyo2020

Jakarta, IDN Times - Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
gagal meraih medali perunggu di cabang olahraga bulu tangkis ganda putra Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan gaek ini berhasil dikalahkan ganda asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, tiga set dengan skor 17-21, 21-17, 21-14 dalam duel di Musashino Forest Arena, Sabtu (31/7/2021).

Di awal-awal set pertama ini, Hendra/Ahsan dan Aaron/Chia tampil saling menekan. Walau tempo permainan berjalan biasa saja, kedua kubu tidak ada yang mengendurkan serangan. Hendra/Ahsan masih bermain sama kuat dengan pasangan Malaysia itu 8-8.
Setelah itu, momentum berbalik ke Chia/Soh. Keduanya mampu membuat pukulan-pukulan mematikan yang sulit dikembalikan pasangan Indonesia yang dijuluki The Daddies. Hasilnya, Chia/Soh mampu unggul 11-9 saat interval set pertama.

Hendra/Ahsan mencoba bangkit perlahan. Mereka mulai bisa kembali mengimbangi permainan Chia/Soh. Poin demi poin berhasil diraup keduanya pada waktu krusial. Mereka bahkan bisa melakukan comeback dengan keunggulan 13-15.

Hal itu membuat Hendra/Ahsan berada di atas angin. Mereka semakin menguasai jalannya pertandingan. Walau Chia/Soh, berhasil mengejar ketertinggalan, The Daddies masih tak terbendung dan berhasil mengakhiri set pertama dengan kemenangan 17-21.
Memasuki set kedua, Chia/Soh tampil sangat agresif. Mereka seperti mau mengamankan set kedua ini dengan kemenangan agar bisa memperpanjang pertandingan. Mereka pun unggul 5-3 pada awal set kedua.

Bukan The Daddies jika tak menunjukkan ketenangan. Mereka lagi-lagi bisa membalikan keunggulan menjadi 6-8. Hendra/Ahsan bahkan bisa menutup interval set kedua dengan skor 7-11.

Pasangan asal Negeri Jiran perlahan bisa mengembalikan ritme permainannya. Mereka berhasil memanfaatkan kecepatan dan pukulan-pukulan kerasnya untuk mendulang poin. Hal itu membuahkan hasil, karena Chia/Soh berhasil menyamakan kedudukan 16-16.
Chia/Soh justru bisa berbalik unggul pada poin-poin krusial set kedua. Sementara, Hendra/Ahsan beberapa kali melakukan kesalahan elementer yang membuat pasangan Malaysia bisa menambah poin. Mereka pun harus mengakui keunggulan Chia/Soh pada set kedua ini dengan skor 21-17.

Memasuki set penentu, Chia/Soh tetap memeragakan permainan cepat. Mereka nampaknya sengaja melakukan itu untuk bisa mendulang poin. Hasilnya cukup baik, Chia/Soh berhasil membuat Hendra/Ahsan sulit mengembangkan permainan. Sehingga pasangan Malaysia itu berhasil unggul jauh 8-4.

Hendra/Ahsan semakin kesulitan untuk menambah perolehan poin. Chia/Soh terus memberikan tekanan sampai interval set ketiga berhasil diselesaikan dengan keunggulan telak 11-6, tapi Hendra/Ahsan terus mengejar hingga kedudukan berubah 13-10 untuk keunggulan Chia/Soh.

Pasangan Malaysia ini benar-benar tak memberikan kesempatan Hendra/Ahsan mendapatkan poin. Sebaliknya, mereka terus melakukan smash-smash keras yang sulit dibendung The Daddies hingga unggul 18-12. Mereka pun dengan mudah menyelesaikan set penentu ini dengan kemenangan 21-14.

Kekalahan ini memastikan sektor ganda putra gagal menyumbangkan medali perunggu untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, Bulu tangkis dipastikan bisa menambah medali emas atau perak bagi Indonesia, karena Greysia Polii/Apriyani Rahayu bakal bermain dalam pertandingan final di sektor ganda putri.

Baca Juga: Bikin Jepang Keok, 5 Fakta Ahsan/Hendra Tembus Semi Final Olimpiade

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya