[BREAKING] MotoGP: Miguel Oliveira Juara, Sejarah Baru Buat KTM! 

Sirkuit Red Bull Ring kembali memakan korban

Jakarta, IDN Times - Sejarah anyar ditorehkan oleh pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira. Pria yang tergabung bersama Red Bull KTM Tech3 berhasil membawa timnya untuk pertama kali juara di ajang MotoGP Styria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (23/8/2020). 

Padahal, Oliveira yang sebelumnya tak masuk dalam persaingan di sirkuit sejak balap dimulai, perlahan bisa merangsek hingga mencatatkan dirinya menjadi pembalap pertama asal Portugal yang berhasil jadi juara di ajang balapan kelas terelite di dunia itu.

Pol Espargaro yang memulai balapan dari pole position malah tak bisa memanfaatkan kesempatan. Dia diusik oleh Joan Mir (Suzuki Ecstar) dan Jack Miller yang ada di belakangnya. Walhasil, dia harus merosot ke posisi empat hingga memasuki lap kelima.

Sementara Joan Mir yang memulai balapan pada tempat kedua berhasil menyodok di posisi pertama. Dia diikuti pembalap Pramac Ducati, Jack Miller dan pembalap asal Jepang yang tampil untuk tim satelit LCR Honda, Takaaki Nakagami yang menempel ketat di belakang.

Lalu sebelum memasuki putaran ke-10 posisi kedua diambil alih Nakagami yang berhasil melewati Jack Miller. Pembalap berusia 28 tahun itu terus memacu motor kencangnya untuk bisa mendekati posisi Joan Mir yang tampil sangat baik dalam memacu motornya.

Saat balapan memasuki putaran ke-16 terjadi sebuah insiden yang hanya melibatkan Maverick Vinales (Monster Yamaha). Tandem Valentino Rossi tersebut terpaksa menjatuhkan diri usai motornya bermasalah pada saat memasuki tikungan, karena menghindari tabrakan dengan pembatas udara.

Walhasil, balapan pun harus dihentikan, karena red flag sudah dikibarkan. Para pembalap pun masuk ke garasinya masing-masing untuk melakukan istirahat.

Balapan pada lap ke-16 pun kembali diulangi dengan posisi start terakhir, di mana Joan Mir, Nakagami, Jack Miller, Pol Espargaro, dan Alex Rins berada di posisi pertama sampai ke lima dalam 15 putaran yang sudah diselesaikan.

Memulai start kedua, Joan Mir kembali memimpin jalannya lomba. Namun, itu tak bertahan lama. Jack Miller yang berada di belakangnya bisa mengambil alih posisi terdepan, diikuti Pol Espargaro di balakangnya.

Pol Espargaro berhasil melewati Joan Mir di posisi kedua saat balapan tinggal menyisakan delapan putaran lagi. Pembalap asal Spanyol itu yang terlihat menurun usai start pasca-red flag dikibarkan. Bahkan dia harus kembali disalip Andrea Dovizioso(Ducati Team) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) hingga merosot ke posisi lima.

Pertarungan sengit terjadi antara Pol Espargaro dan Jack Miller dalam lima putaran terakhir. Keduanya terlibat pertarungan sengit dan melakukan aksi saling susul untuk merebutkan posisi pertama.

Duel keduanya semakin seru saja saat balapan memasuki last lap. Jack Miller berani mengambil risisko untuk menyusul Pol Espargaro. Keduanya pun harus sedikit keluar lintasan, akibat aksinya.

Hal itu dimanfaatkan oleh Miguel Oliveira yang berada tepat di belakangnya. Dia mengambil alih posisi pertama pada tikungan terakhir sehingga berhasil menjadi juara MotoGP Styria 2020.

Baca Juga: MotoGP: Maverick Vinales Menjatuhkan Diri saat Melesat 230 KM/Jam!

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya