[BREAKING] Timnas Indonesia Tekuk Kamboja 4-2 di Piala AFF 2020

Indonesia raih tiga poin babak penyisihan Grup B

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia meraih hasil positif dalam laga perdananya di Piala AFF 2020. Sempat mendapatkan perlawanan sengit, mereka akhirnya mampu mencukur Kamboja 4-2 dalam duel Grup B yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021). 

Shin Tae Yong menurunkan mayoritas pemain muda dalam laga ini. Tak ada satu pun pemain yang masuk starting eleven, berusia di atas 26 tahun. Anak muda macam Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam Bahar, hingga Witan Sulaiman bahkan usianya di bawah 22 tahun.

Keputusan tersebut ternyata tepat. Para pemain muda itu tampil cukup percaya diri berbaur dengan seniornya seperti Evan Dimas dan Irfan Jaya. Mereka tampil agresif dengan terus menekan dan tak memberi kesempatan Kamboja berkembang sejak laga dimulai. 

Laga baru berjalan empat menit, Timnas Indonesia langsung unggul lewat Irianto. Bermula dari Evan Dimas yang dengan apik mengirimkan umpan matang ke dalam kotak 12 pas dari sepak pojok. Bola tersebut berhasil disambut tandukan Irianto yang menghujam gawang Chul Kim Huy. 

Unggul satu gol membuat Timnas Indonesia tampil lebih menekan. Mereka terus menguasai bola dan menciptakan berbagai ancaman ke gawang Kamboja. Hasilnya berbuah manis, karena Evan Dimas mampu membuat timnya unggul dua gol pada menit 17.

Kamboja kesulitan meladeni permainan Timnas Indonesia. Hal itu semakin memudahkan Ezra Walian dan kolega untuk terus menyerang. Tim besutan Keisuke Honda pun lebih fokus bertahan untuk tak kembali kebobolan.

Hanya saja, Timnas Indonesia lagi-lagi bisa memperlebar keunggulan pada menit 33. Irianto mampu menciptakan brace dalam pertandingan ini. Tak beda jauh dengan gol pertamanya, ia kembali memanfaatkan umpan dari sepak pojok untuk membobol gawang Chul. Bedanya, Pratama Arhan yang menciptakan assist.

Timnas Indonesia pun menurunkan tempo permainan di sisa babak pertama. Hal itu membuat Kamboja perlahan bisa membuat serangan. Mereka pun berhasil memperkecil kedudukan menjadi 3-1 pada menit 37 melalui sundulan Yue Safy. Ia berhasil menceploskan bola usai memanfaatkan sepak pojok dari koleganya.

Kedua tim terus berusaha mengubah keadaan di waktu yang tersisa. Namun, tak ada gol yang berhasil diciptakan. Sehingga, Timnas Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 atas Kamboja.

Usai turun minum, Timnas Indonesia melakukan beberapa perubahan. Setelah Edo Febriansyah masuk sebelum jeda babak pertama, Victor Igbonefo dan Ramai Rumakiek dimasukkan Shin mengganti Irianto dan Irfan Jaya. Hal itu dilakukan untuk mengubah jalannya pertandingan.

Hasilnya ternyata berbuah positif. Timnas Indonesia tampil lebih bertenaga pada babak kedua. Mereka kembali menekan pertahanan Kamboja dan menciptakan beberapa peluang emas. 

Timnas Indonesia pun bisa kembali mencetak gol pada menit 54. Umpan matang Ricky Kambuaya ke sisi kanan kotak penalti Kamboja, mampu disambut Rumakiek yang berdiri bebas. Sempat melakukan cutting inside, pemain Persipura itu mengakhirinya dengan sepakan keras yang tak bisa dibendung Chul.

Unggul 4-1 ternyata membuat Timnas Indonesia kembali lengah. Syahrul Fadil kembali harus memungut bola dari gawangnya dua kali. Kali ini lewat sepakan bebas dari Prak Meni Udom yang berbelok usai mengenai pagar hidup skuad Garuda.

Shin kembali melakukan perubahan saat laga menyisakan 20 menit lagi. Kali ini, Syahrian Abimanyu masuk untuk menggantikan Evan Dimas. Hanya saja, hingga waktu memasuki menit 80 perubahan itu belum berbuah hasil. Kedudukan masih belum berubah untuk keunggulan Timnas Indonesia 4-2.

Memasuki menit 83, Kushedya Hari Yudo masuk menggantikan Ezra untuk menambah daya dobrak Timnas Indonesia. Perlahan serangan mereka kembali meningkat pada sisa waktu di babak kedua. Beberapa peluang emas mampu diciptakan walau masih belum ada yang bisa dikonversi menjadi gol.

Timnas Indonesia terus menekan Kamboja untuk bisa menambah keunggulan dalam laga ini. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, mereka gagal menceploskan bola. Walhasil, pertandingan kali ini pun berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia.

Kemenangan pertama di babak penyisihan Grup B ini membuat Timnas Indonesia mampu meraup tiga poin. Hanya saja, kemasukan dua gol sedikit merugikan tim besutan Shin Tae Yong, karena hal itu sangat berpengaruh pada persaingan di akhir babak penyisihan Piala AFF 2020.

Baca Juga: 3 Pemain Kamboja yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia

Topik:

  • Rochmanudin
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya