Dapat Rekomendasi dari BOPI, Liga 1 2020 Dipastikan Bisa Digelar

Liga 1 2020 bakal mulai digelar pada 29 Februari 2020

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Liga 1 2020 dipastikan bakal digelar sesuai rencana pada 29 Februari 2020. Hal itu dipastikan usai Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) resmi menyerahkan izin rekomendasi kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru.

Rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 tersebut diserahkan langsung oleh Ketua umum BOPI Richard Sam Bera kepada Dirut PT LIB Cucu Sumantri, pada Jumat (21/2).

Dalam penyerahan rekomendasi tersebut, juga dilakukan penandatanganan fakta integritas yang melibatkan pihak operator, klub, dan asosiasi pemain sepak bola profesional Indonesia, dihadiri perwakilan komunitas suporter Liga 1.

“Kami berharap, penyelenggaraan Liga 1 musim 2020 lebih baik, karena berkaca pada musim kompetisi lalu penyelenggaraannya juga sudah lebih baik daripada musim sebelumnya,” kata Richard dalam rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Sepak Bola Liga 1 dan Liga 2 Kamis Ini

1. BOPI ingin kompetisi yang digelar PT Liga Indonesia Baru berjalan profesional

Dapat Rekomendasi dari BOPI, Liga 1 2020 Dipastikan Bisa DigelarANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Terkait apa saja yang diverifikasi, Richard menguraikan jika faktor-faktor dasar yang jadi acuan masih sama, seperti badan hukum klub, perpajakan, kontrak pemain, KITAS untuk pemain dan pelatih asing, serta izin pemakaian stadion.

“Kami menekankan agar pengelolaan liga harus profesional, dengan mengutamakan aspek bisnis mendatangkan keuntungan,” ujar mantan atlet renang nasional yang membela Indonesia pada tiga ajang Olimpiade ini.

Pergelaran Liga 1 2019 juga mendapat apresiasi dari BOPI lantaran berjalan cukup baik dan lancar, terlebih tak ada lagi korban yang meregang nyawa di stadion. Tapi, masih ada catatan, lantaran kerusuhan masih acap kali terjadi di beberapa pertandingan.

“Kita ingat musim lalu, sehari setelah rekomendasi diberikan, kick-off Liga 1 digelar, langsung ada kerusuhan pada partai pembuka antara PSS melawan Arema di Stadion Maguwoharjo, Sleman,” kata Richard.

2. Pemain diminta jaga profesionalisme di lapangan

Dapat Rekomendasi dari BOPI, Liga 1 2020 Dipastikan Bisa DigelarPemain PSM Rizki Pellu. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Richard mengingatkan kepada PT LIB, sebagai operator kompetisi mereka harus bisa meningkatkan aspek profesionalitas dengan memerhatikan pengelolaan manajemen dan kewajiban klub.

“Harus dipastikan agar saat kompetisi berakhir pada November nanti, tidak ada tunggakan gaji,” ujar dia.

Tak hanya kepada PT LIB saja, Richard juga mengingatkan kepada pemain yang tampil agar bersikap profesional di lapangan, menjunjung tinggi sportivitas, fairplay, dan bisa menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi anak muda untuk menginspirasi.

“Pemain sepak bola kita harus membuktikan bahwa menjadi pesepakbola profesional Indonesia itu merupakan profesi mulia nan membanggakan,” jelasnya.

3. BOPI minta suporter kedepankan nilai toleransi dan sportivitas

Dapat Rekomendasi dari BOPI, Liga 1 2020 Dipastikan Bisa DigelarIDN Times/Galih Persiana

Sementara, catatan bagi para suporter, Richard menekankan, pendukung klub sepak bola merupakan bagian integral dari liga. Suporter harus menjadi aset serta menjadi nilai tambah bagi liga sehingga cita-cita menjadikan liga 2020 terbaik sepanjang sejarah bisa tercapai.

“Karena itu, suporter harap mengedepankan nilai toleransi sportivitas dan memberikan respek kepada suporter lain, klub, dan lingkungan sekitar. Hilangkan rasa kebencian berlebihan,” beber pria 46 tahun tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Cucu Sumantri mengapresiasi BOPI atas proses verifikasi yang dilakukan oleh BOPI dan untuk mewujudkan kualitas kompetisi lebih baik.

“Semoga persoalan tunggakan gaji pemain di tengah musim kompetisi tidak terulang lagi. Kami pun berharap hubungan lebih intens dengan BOPI, tak hanya saat proses penerbitan rekomendasi seperti ini,” ujar mantan Pembina PSDS Deli Serdang ini.

Baca Juga: Disambangi LIB, BOPI: Kasus Gaji Kalteng Putra Jangan Terulang Lagi!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya