Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!

Pertandingan NBA digelar tanpa penonton, tapi bisa streaming

Jakarta, IDN Times - Kompetisi National Basketball Association (NBA) musim 2019/2020 dipastikan bakal kembali berjalan pada Jumat, (31/7/2020). Akibat dari pandemik COVID-19, beberapa perubahan pun diusung agar musim ini bisa diselesaikan.

Tentunya perjalanan kompetisi musim ini bakal jauh lebih berbeda dari yang biasa disaksikan oleh para pencinta bola basket dunia. Namun, hal itu dijamin tak akan mengurangi keseruan dari persaingan tim-tim besar demi merebut tahta NBA.

Berikut adalah fakta-fakta yang perlu kalian tahu:

1. NBA bakal jalankan protokol kesehatan yang ketat

Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!Pemain Houston Rocket, Russell Westbrook. (nba.com)

NBA bekerja sama dengan pakar kesehatan masyarakat, spesialis penyakit menular, dan pemerintah, bertekad membangun protokol kesehatan ketat guna mengatasi dan mencegah risiko terkait virus corona. Kesehatan dan keselamatan pemain, pelatih, wasit, dan staf jadi fokus utama lanjutan NBA kali ini.

Saat ini, tak sedikit yang bertanya mengenai bagaimana NBA melakukan pengecekan/tes kepada para pemainnya. Jawabannya adalah, pemain, pelatih, dan seluruh anggota tim harus melewati tes COVID-19 setiap hari. Untuk itu, selama sisa pertandingan musim 2019-20, tak akan ada penonton yang hadir secara langsung dan hanya keluarga terdekat saja yang diizinkan untuk berkunjung.

2. Ini deretan tim yang bakal mentas di lanjutan NBA 2019/2020

Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!nba.com

Sisa pertandingan NBA musim 2019/2020 akan dilanjutkan dengan diikuti 22 tim, yang terdiri dari 16 tim (delapan tim dari masing-masing wilayah) yang kini menempati posisi play-off dan 6 tim yang tertinggal 6 pertandingan dari unggulan kedelapan di setiap wilayah.

Grup Wilayah Barat
La Lakers, Denver Nuggets, OKC Thunder, Dallas Mavericks, Portland Trail
Blazers, Sacramento Kings, Phoenix Suns, LA Clippers, Utah Jazz, Houston Rockets, Memphis Grizzlies, New Orleans Pelicans, San Antonio Spurs.

Grup Wilayah Timur
Milwaukee Bucks, Boston Celtics, Indiana Pacers, Brooklyn Nets, Washington
Wizards, Toronto Raptors, Miami Heat, Philadelphia 76ers, dan Orlando Magic.

Baca Juga: NBA Manfaatkan HomeCourt untuk Cari Bakat Pemain Basket Terbaik

3. NBA bakal dilanjutkan di ESPN Wide World of Sports Complex, Florida

Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!Dok. NBA

NBA dan Disney sepakat untuk menjadikan ESPN Wide World of Sports Complex, Florida sebagai tempat untuk semua pertandingan selama sisa musim ini. Seluruh pertandingan akan terbagi ke dalam tiga tempat, yakni Arena Field House dan Visa Athletic Center.

Sebayak 22 tim dipastikan mentas di sana, tapi seluruh pertandingan dipastikan digelar tertutup atau tanpa penonton.

Hingga hari ini, seluruh tim yang kembali telah berada di Walt Disney World Resort di Florida dan sedang melangsungkan laga pemanasan sebelum pertandingan yang sesungguhnya dimulai kembali.

4. Timeline lanjutan NBA 2019/2020 dan di mana kita bisa menikmatinya

Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!LeBron James. (NBA.com).

Berikut jadwal pertandingan musim lanjutan NBA yang dapat kamu saksikan di
Vidio.com. (Waktu dan tanggal disesuaikan Waktu Indonesia bagian Barat/WIB)

10-30 Juli - Persiapan dan latihan tim di Orlando
31 Juli - Musim dilanjutkan dengan pertandingan seeding
16-17 Agustus - Pertandingan play-in (jika dibutuhkan)
18 Agustus - Babak play off
1 September - Semifinal wilayah dimulai
16 September - Final wilayah dimulai
1 Oktober - Kemungkinan jadwal pertandingan terakhir NBA Finals

5. Inilah proses berlangsungnya pertandingan lanjutan NBA

Dimulai Besok, Ini Lho 5 Hal soal Lanjutan NBA yang Kamu Perlu Tahu!instagram/lukadoncic

NBA akan kembali dengan 22 tim yang akan bertanding di delapan pertandingan seeding untuk menentukan posisi pertama hingga kedelapan di setiap wilayah dan selanjutnya lolos ke babak play-off.

Jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan (pertandingan musim reguler dan seeding) dalam suatu wilayah unggul empat pertandingan lebih dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama, maka tim dengan persentase kemenangan terbaik kedelapan akan langsung lolos ke babak play-off. Pertandingan play-in tidak akan diperlukan.

Namun, jika tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kedelapan dalam
sebuah wilayah (tim peringkat delapan) unggul empat pertandingan atau kurang dari tim dengan persentase catatan gabungan terbaik kesembilan dalam wilayah sama (tim peringkat sembilan), maka kedua tim akan bermain di dalam mini turnamen guna menentukan tim yang menempati posisi kedelapan dan lolos ke play-off.

Untuk lolos ke babak play off, tim posisi kedelapan perlu mengalahkan tim peringkat sembilan satu kali. Sementara, Tim peringkat sembilan harus mengalahkan tim posisi delapan sebanyak dua pertandingan berturut-turut.

Setelah 16 tim selesai ditentukan, pertandingan play off NBA akan dilanjutkan sesuai format biasa yang didasarkan pada pembagian wilayah dengan empat putaran dan seri best-of-seven.

Baca Juga: NBA Finalisasi Rencana Kompetisi yang Bakal Dimulai Lagi 30 Juli 2020

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya