Duh! Marc Marquez Dipastikan Absen Lagi di MotoGP Austria 

Marc Marquez masih butuh waktu pemulihan akibat cedera

Jakarta, IDN Times - Pembalap Tim Respol Honda, Marc Marquez, dipastikan tak bisa tampil dalam seri keempat MotoGP Austria 2020 yang bakal digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu 16 Agustus 2020.

Dia butuh waktu tambahan untuk memulihkan cedera, lantaran kembali menjalani operasi kedua. Sehingga, posisinya sementara bakal dignti oleh pembalap lainnya.

"Stefan Bradl bakal mengisi satu posisi pembalap Repsol Honda Team di Motorrad Grand Prix von Osterreich, karena juara dunia Marc Marquez tengah melakukan pemulihan pascaoperasi," tulis pernyataan dalam laman resmi HRC.

1. Baby Allien mengalami cedera akibat crash di MotoGP Spanyol 2020

Duh! Marc Marquez Dipastikan Absen Lagi di MotoGP Austria Motor March Marquez hancur saat kecelakaan. (autosport.com)

FYI, Marquez terjatuh saat balapan tinggal menyisakan tiga putaran di MotoGP Spanyol. Saat itu Marquez tergelincir pada tikungan ketiga saat berusaha mengejar dua pembalap, termasuk Fabio Quartararo. Alih-alih menyalip, Marquez malah terjatuh dan gagal finis.

Walhasil, pembalap yang dijuluki Baby Allien itu harus menjalani operasi setelah mengalami kecelakaan saat balapan di ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Jerez, pada 19 Juli lalu. Dia menderita cedera di beberapa bagian, termasuk patah tulang lengan atasnya.

"Marquez mengalami benturan keras di lengan atas saat kecelakaan. Saat ini tenaga medis tengah melakukan X-Ray dan memberikan penghilang rasa sakit kepadanya (Marquez)," kata Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig dikutip Crash kala itu.

2. Marc Marquez masih nirpoin dalam ajang MotoGP 2020

Duh! Marc Marquez Dipastikan Absen Lagi di MotoGP Austria motogp.com

Marquez sendiri sebetulnya sempat mencoba untuk memaksakan diri tampil pada babak kualifikasi 25 Juli 2020 kemarin pada seri kedua MotoGP Andalusia. Hanya saja, kondisinya masih belum fit lantaran baru menjalani operasi pada 21 Juli 2020.

Meski batal tampil membalap, pembalap asal Spanyol itu menerimanya dengan lapang dada. Menurut dia, bukan maksud untuk memaksakan diri tampil pada babak kualifikasi kemarin, dia hanya ingin mencoba batas kemampuannya sejauh mana.

Absen di dua seri itu membuat Marquez belum bisa meraih sebiji poin pun di ajang MotoGP 2020. Semenjak mengalami crash, dia belum sempat kembali lagi memulai balapan. Sehingga, perolehan poinnya masih tertinggal jauh dari Fabio Quartararo (FRA Petronas Yamaha) yang sudah menjadi juara di dua seri awal atau Brad Binder (Red Bull KTM Factory) yang mengejutkan saat juara di seri ketiga.

3. Cedera membuat Marquez diprediksi bakal absen sampai September 2020

Duh! Marc Marquez Dipastikan Absen Lagi di MotoGP Austria motogp.com

Diprediksi, Marc Marquez akan absen dari seluruh seri yang bakal digelar pada Agustus 2020 ini. Dengan demikian, selain di MotoGP Ceko dan MotoGP Austria, dia juga bakal melepas balapan di MotoGP Styria 2020.

Dia kemungkinan baru memulai balapan lagi ke sirkuit pada September mendatang. Sehingga jika mengikuti kemungkinan tersebut, dirinya baru akan kembali saat seri keenam MotoGP San Marino dihelat di Sirkuit Misano pada pekan kedua September 2020.

Namun demikian, proses pemulihan Marc Marquez juga bisa jadi berjalan lebih cepat dari prediksi tersebut. Yang pasti, HRC baru mengumumkan jika pembalap asal Spanyol itu bakal absen di MotoGP Austria 2020.

Baca Juga: Cetak Rekor di MotoGP, Brad Binder Malah Keder

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya