Comscore Tracker

Fakta-fakta Menarik NBA Musim 2021/2022

Pemain naturalisasi Indonesia bermain di NBA?

Jakarta, IDN Times - NBA musim 2021/2022 memang belum dimulai, tapi geliat kompetisi bola basket paling populer di dunia ini sudah terasa sejak off season. Mulai dari perpindahan pemain hingga pergantian pelatih, dilakukan mayoritas tim-tim yang bakal mentas musim ini. 

Berbeda dengan musim sebelumnya, NBA edisi kali ini bakal kembali menggunakan format babak reguler dengan memainkan 82 laga, dengan babak play-off yang dibuka dengan play-in turnamen pada pertengahan April 2022.

Sebelumnya, NBA sendiri sudah merilis jadwal pertandingan babak reguler musim ini. Mereka mengangkat tema perayaan ulang tahun ke-75. Selain menampilkan logo khusus, NBA juga bakal mengumumkan 75 pemain terbaik dalam sejarah kompetisi yang dinamakan “NBA 75”.

Beberapa bulan menuju musim baru, berikut adalah fakta menarik yang terjadi dalam off season musim ini yang dihimpun dari rilis resmi NBA.

1. Geliat transfer LA Laker, Miami Heat, hingga Chicago Bulls

Fakta-fakta Menarik NBA Musim 2021/2022Russell Westbrook diperkanalkan jadi pemain baru LA Lakers. (nba.com).

Los Angeles Lakers, menjadi salah satu tim yang sangat gencar mendatangkan pemain baru. Selain kejutan Russell Westbrook, LA Lakers juga berhasil mengamankan Dwight Howard, Trevor Ariza dan Carmelo Anthony. Mereka bakal jadi kekuatan baru yang bakal melengkapi Lebron James dkk.

Sebetulnya bukan hanya LA Lakers, beberapa tim, salah satunya Miami Heat, juga begitu agresif mendatangkan kekuatan baru jelang musim ini bergulir. Point Guard andalan Toronto Raptors, Kyle Lowry, dan Power Forward Milwaukee Bucks,  P J Tucker, berhasil didatangkan musim ini.

Sementara, mantan tim legenda NBA, yakni Michael Jordan, yakni Chicago Bulls, mendatangkan tiga pemain baru. Mereka adalah Poin Guard New Orland Pelicans, Lonzo Ball, PG LA Lakers, Alex Caruso, dan Small Forward San Antonio Spurs, DeMar Derozan.

Baca Juga: Keistimewaan LA Lakers di NBA

2. Beberapa pelatih ikut menyebrang ke tim pesaing

Fakta-fakta Menarik NBA Musim 2021/2022Jason Kidd jadi pelatih baru Dallas Mavericks di NBA musim 2021/2022. (bleacherreport.net).

Tak hanya perpindahan pemain saja yang merimaikan off season NBA kali ini. Beberapa tim kedapatan melakukan pergantian personel manajemen hingga pelatihnya. Salah satunya dilakukan Boston Celtics. 

Mereka mempromosikan pelatih Brad Stevens menjadi President of Basketball Operations menggantikan Danny Ainge yang keluar di akhir musim lalu. Posisinya di kursi pelatih diganti Mantan asisten pelatih Brooklyn Nets, Ime Udoka. 

Yang cukup menarik, eks PG yang menjadi legenda Dallas Maverick, Jason Kidd, bakal kembali ke tim yang dahulu pernah dibawa menjadi juara NBA 2011. Kali ini,  datang ke Dallas sebagai pelatih menggantikan Rick Carlisle.

Sementara, Carlisle yang sudah menukangi Mavericks selama lebih dari satu dekade ini, dipastikan menyeberang ke Indiana Pacers untuk menjadi suksesor Naye Bjorkgren.

3. Pemain yang sedang menjalani naturalisasi di Indonesia bermain di NBA

Fakta-fakta Menarik NBA Musim 2021/2022Pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi di Indonesia, Maques Bolden bakal bermain untuk Cleveland Cavaliers di NBA musim 2021/2022. (balldurham.com).

Terlepas dari maraknya perpindahan pemain dan pelatih, yang paling menyita pencinta bola basket Indonesia adalah sosok Maques Bolden. Pemain yang kini tengah menjalani proses naturalisasi di Indonesia ini, tengah ditunggu aksinya bersama Cleveland Cavaliers.

Didatangkan sejak awal musim lalu tanpa melalui NBA Draft 2019, pemain berposisi Center ini, sempat bermain lebih dulu di NBA G-League bersama Cleveland Charge. 

Kini, nama Bolden tentu kembali jadi perhatian. Walau tak pernah merasakan sekalipun tampil dalam pertandingan reguler NBA, kemampuannya tak bisa disepelekan. Terlebih, ia adalah pemain jebolan tim bola basket Duke University.

Sebagaimana diketahui, Duke University merupakan tim yang acap kali mengorbitkan pemain-pemain hebat, sebut saja Kyrie Irving, Jayson Tatum, dan Brandon Ingram. 

Bolden merupakan pemain yang seangkatan dan pernah bermain bersama dengan Zion Williamson dan R J Barrett selama medio 2017-2019 di Duke University.

Baca Juga: 10 Pebasket Aktif dengan Rating Tertinggi di Game NBA 2K22

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya