Gegara Terjatuh di Jerez, Marquez Gagal Finis dan Harus Jalani Operasi

Marquez menderita cedera patah tulang tangan bagian atas

Jakarta, IDN Times - Pembalap dari Tim Repsol Honda, Marc Marquez, harus menjalani operasi setelah mengalami kecelakaan saat balapan di ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020). 

Kini pembalap yang dijuluki Baby Allien ini tengah dalam perawatan. Dia menderita cedera di beberapa bagian, termasuk patah tulang lengan atasnya.

"Marquez mengalami benturan keras di lengan atas saat kecelakaan. Saat ini tenaga medis tengah melakukan X-Ray dan memberikan penghilang rasa sakit kepadanya (Marquez)," kata Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig dikutip Crash.

1. Marquez akan melakukan operasi di Barcelona

Hal serupa pun diungkapkan oleh timnya Honda. Marquez dikabarkan mengalami fraktur humerus sehingga butuh perawatan intensif. Walhasil, kemungkinan dirinya untuk tampil di MotoGP Andalusia pada 27 Juli 2020 sangat kecil.

Dia membutuhkan waktu untuk melakukan pemulihan sebelum kembali tampil di ajang balap paling bergengsi di dunia ini.

Dia bakal ke Barcelona untuk menjalani operasi, karena mengalami patah tulang. Sejauh ini belum tahu berapa lama juara MotoGP musim lalu itu bisa pulih kembali. Yang pasti tim Repsol Honda bakal terus mengabarkan perkembangan kondisi Marquez pascaoperasi," tulis keterangan resmi Honda.

2. Marquez terjatuh saat balapan tinggal menyisakan tiga putaran

Gegara Terjatuh di Jerez, Marquez Gagal Finis dan Harus Jalani Operasitwitter.com/MotoGP/

Marquez sendiri sebetulnya memulai balap dengan baik. Bahkan, pembalap Spanyol itu cukup agresif saat berduel dengan Maverick Vinales. Walhasil, dirinya sempat melebar ke luar lintasan dan harus tercecer ke posisi 16.

Namun, perlahan tapi pasti, Marquez mampu melewati lawan-lawannya kembali setiap lap demi lap. Dia berhasil merangkak ke posisi ketiga saat balapan menyisakan empat lap.

Nasib nahas justru menghampirinya saat balapan tinggal menyisakan tiga putaran. Marquez tergelincir pada tikungan ketiga saat berusaha mengejar dua pembalap di depannya, termasuk Fabio Quartararo, yang tampil paling cepat dalam balapan kali ini.

3. Quartararo jadi yang tercepat di MotoGP Spanyol

Gegara Terjatuh di Jerez, Marquez Gagal Finis dan Harus Jalani Operasiinstagram.com/fabioquartararo20

Quartararo sendiri berhasil mengamankan posisi pertama usai bersaing keras sejak balap dimulai. Bahkan, sebelumnya dia harus tercecer ke posisi empat setelah gagal memanfaatkan pole position di awal lomba. Beruntung dia bisa menunjukkan kecepatan yang konsisten sampai akhirnya kembali mengambil alih posisi pertama.

Hasil ini membuat Fabio Quartararo berhasil menduduki peringkat satu sementara MotoGP 2020 dengan torehan 25 poin. Diikuti Maverick Vinales Vinales (20) dan Andrea Dovizioso (16).

Selanjutnya, seri kedua MotoGP Andalusia digelar pada Minggu (26/7).

Baca Juga: Juara di Jerez, Quartararo Dedikasikan Kemenangan Buat Korban COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya