Comscore Tracker

Harmoni Khas Nusantara Tutup Kemeriahan PON XX Papua

Noah menutup upacara penutupan PON

Jayapura, IDN Times - Penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 berlangsung dengan sangat meriah. Ciri khas nusantara yang sangat kental tergambar megah dalam upacara yang digelar di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021).

Harmonisasi antardaerah begitu tergambar. Terlebih, ada tarian khas Aceh dan Sumatera Utara yang juga meramaikan kegiatan tersebut. Maklum, keduanya didapuk menjadi tuan rumah PON XXI yang berlangsung pada 2024.

Beragam hiburan juga begitu memanjakan penonton yang memadati Stadion Lukas Enembe. Terlebih, artis-artis lokal yang menyanyikan lagu favorit para penonton yang mayoritas diisi warga Papua.

1. Ma'ruf Amin sangat salut dengan gelaran PON di Papua

Harmoni Khas Nusantara Tutup Kemeriahan PON XX PapuaKemeriahan upacara penutupan PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada Jumat (15/10/2021). (IDN Times/Tata Firza).

Usai beberapa penampilan musik dari artis lokal, komika asal Papua, Yewen juga sempat menghibur para penonton. Tak sedikit yang tertawa lepas, karena monolog lucu yang diungkapkan Yewen di atas panggung.

Setelah itu, acara dengan khidmat dibuka Gubernur Lukas Enembe dan Wakil Presiden, Ma’ruf Amin. Keduanya sangat puas dengan gelaran PON yang bisa berjalan dengan baik hingga akhir.

“Selamat kepada masyarakat Papua, mereka tak hanya sejajar, tapi lebih unggul dalam beberapa hal (bukti PON bisa berlangsung dengan sangat baik), justru mereka lebih unggul dalam beberapa aspek,” kata Ma’ruf Amin.

Baca Juga: Potret Kemeriahan Acara Penutupan PON Papua 2021

2. Upacara penurunan bendera PON berlangsung khidmat

Harmoni Khas Nusantara Tutup Kemeriahan PON XX PapuaKemeriahan upacara penutupan PON XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada Jumat (15/10/2021). (IDN Times/Tata Firza).

Upacara penurunan bendera PON pun berlangsung khidmat. Gubernur Papua Lukas Enembe kemudian mengembalikan bendera PON kepada Ketua Umum KONI, Marciano Norman. Lalu, ia memberikannya kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan Gubernur Sumut, Edi Rahmayadi.

Selanjutnya, ditampilkan tarian harmoni nusantara yang merepresentasikan budaya dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Papua. 

Usai itu beberapa artis lokal dan nasional pun berkolaborasi menyanyikan tembang terbaik. Pekik dari para penonton pun begitu riuh saat artis-artis, seperti Rafi Ahmad, Saikoji, Iwa K, hingga Yura Yunita bergantian mentas di penutupan PON XX Papua.

3. Antusiasme masyarakat Papua menonton pertunjukan spektakuler

Harmoni Khas Nusantara Tutup Kemeriahan PON XX PapuaSejumlah penari mementaskan tari saman pada penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Salah satu penonton yang datang langsung ke penutupan PON, yakni Nevy Mogelea, mengaku takjub dengan pertunjukan yang dilihatnya. Ia menilai, penutupan PON XX sangat layak jadi puncak ajang olahraga bergengsi di Tanah Air.

“Lihat tarian tradisional, artis lokal dan nasional, aroma khas nusantara dengan mewahnya lampu-lampu, plus kembang api, itu sangat mengagumkan. Bisa dibilang, ini jadi pesta paling megah yang pernah dilangsungkan di Jayapura,” kata Nevy kepada IDN Times, usai acara berlangsung.

4. Upacara penutupan jadi akhir rangkaian PON XX Papua

Harmoni Khas Nusantara Tutup Kemeriahan PON XX PapuaPenampilan grup musik Noah pada penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Upacara penutupan di Stadion Lukas Enembe ditutup band Noah dengan beberapa tembang terbaiknya, disertai letupan kembang api dan sorak-sorai penonton yang sangat ramai. 

Semua penonton menikmati acara di bangkunya masing-masing hingga rampung.

PON XX Papua 2021 yang berlangsung sejak 22 September 2021 , kini sudah benar-benar selesai. Ajang tersebut secara resmi ditutup Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Baca Juga: [BREAKING] Pujian Selangit Wapres Ma'ruf Amin Atas PON XX Papua 2021

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya