Hasil MotoGP Ceko: Kejutan Dibuat Binder, Quartararo Gagal Naik Podium

Quartararo pertama kali gagal podium di MotoGP 2020

Jakarta, IDN Times - Pembalap Red Bull KTM Factory, Brad Binder secara mengejutkan menjadi yang tercepat dalam seri ketiga MotoGP Ceko 2020 yang digelar di Sirkuit Brno, Minggu (9/8/2020).

Pembalap asal Afrika Selatan itu membuat rekor menjadi orang pertama dari negaranya yang mampu menjadi juara MotoGP. Binder berhasil tampil sangat baik menyelesaikan lap demi lap dengan kecepatan konsisten.

Padahal, pada awal lomba dia harus memulai balap di row ketiga, karena berada di posisi tujuh.

Memulai start di pole position, pembalap Reale Avintia Ducati, Johann Zarco malah turun ke posisi keempat. Sedangkan, pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, merangsek ke posisi pertama sampai balapan berjalan tiga putaran.

Jalannya balapan memang berlangsung ketat, tapi tak ada perubahan posisi hingga lomba tersebut memasuki lap keenam. Semua pembalap masih tampil hati-hati dan coba mengamankan posisinya masing-masing.

Memasuki, lap ketujuh, Zarco posisinya kembali merosot. Namun, hal itu tak membuatnya goyah. Dia malah tampil lebih agresif untuk bisa kembali ke posisi ketiga besar.

Kesabarannya itu berbuah hasil, masuk putaran ke-11 Zarco merangsek ke posisi ketiga. Dia menempel ketat, Morbidelli yang ada di posisi pertama dan pembalap Red Bull KTM Factory, Brad Binder yang ada di posisi kedua.

Beberapa putaran berselang, Binder mampu menggeser posisi Morbidelli di atas lintasan. Sedangkan, posisi ketiga masih diisi Zarco dan pembalap paling mengejutkan musim ini, yakni Fabio Quartararo (Petronas Yamaha).

Sang legenda, Valentino Rossi yang memulai balap di posisi 10 perlahan mulai merangsek ke posisi atas. Dia mampu menempati posisi keenam saat balapan tinggal menyisakan enam putaran lagi.

Memasuki dua lap terakhir, aksi saling kejar terus berlangsung. Tapi, tak ada perubahan signifikan yang terjadi di posisi tiga besar. Binder secara mengejutkan mampu menjadi juara di MotoGP Ceko, dan Rossi mampu finish di posisi kelima.

Sementara, Fabio Quartararo untuk pertama kalinya gagal naik podium di MotoGP musim ini. Dia harus puas mengakhiri balapan di peringkat kesembilan, setelah di dua lap terakhir terus disalip pembalap lain.

Baca Juga: MotoGP Ceko: Johann Zarco Rebut Pole Position, Rossi Urutan ke-10

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya