Comscore Tracker

Impian Jawa Barat Terwujud di PON Papua

Ridwan Kamil sambangi Stadion Lukas Enembe

Jayapura, IDN Times - Ambisi Jawa Barat mempertahankan gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXX/2021 akhirnya terwujud. Kepastiannya bahkan sudah diketahui sehari sebelum penutupan pesta olahraga empat tahunan ini pada Jumat (15/10/2021) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.

Perolehan medali emas Jabar sudah mencapai 133 atau hampir mencapai 20 persen dari total medali emas yang diperebutkan di PON Papua. Perolehan ini memang lebih sedikit dibandingkan pada ajang serupa 2016 silam. Walhasil, kejar-kejaran berlanjut sampai akhir.

Raihan emas terbanyak Jawa Barat tak lepas dari aksi impresif atlet-atlet di cabang olahraga dayung. Bagaimana tidak, mereka berhasil menyumbangkan 36 medali, dengan rincian 20 emas, sembilan, perak, dan tujuh perunggu.

1. Terima kasih atas kemenangan yang dihasilkan

Impian Jawa Barat Terwujud di PON PapuaFinal cabang olahraga dayung (rowing) PON XX Papua 2020 yang memperebutkan tujuh emas dalam pertandingan yang digelar di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Kamis (7/10/2021). (IDN Times/Tata Firza).

Hal itu pun membuat Gubernur, Jabar, Ridwan Kamil, semringah. Dia bahkan langsung hadir ke Jayapura untuk bisa menyampaikan kabar gembira atas kesuksesan daerahnya menjadi juara bertahan.

"Saya datang ke sini untuk bilang jika hari ini merupakan kemenangan Jabar sebagai juara umum PON lagi. Raihan medali kami, sudah tak mungkin terkejar kontingen lainnya. Masyarakat mengucapkan terima kasih atas perjuangan para atlet di lapangan,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil di Media Center Kabupaten Jayapura.

Baca Juga: [BREAKING] PON Papua 2021 Resmi Ditutup, Jawa Barat Juara Umum

2. Tagline Jabar Kahiji bisa diwujudkan

Impian Jawa Barat Terwujud di PON PapuaAtlet Pencak Silat DIY, Firdana WP (paling kiri) meraih perak di PON XX Papua 2021 (B PON XX PAPUA/Tatan Agus Rustandi)

Meski menilai masih terlalu dini menyebutkan Jabar akan kembali berbicara banyak pada PON 2024, Ridwan Kamil optimistis, capaian impresif ini bakal bisa kembali dicapai oleh para atlet. Terlebih, pembinaan yang dilakukan Jabar dimulai dengan sangat serius.

Kesuksesan ini tentu jadi pembuktian jika Jabar dipenuhi talenta-talenta berbakat yang masih muda. Berbeda dengan kesuksesan mereka di PON sebelumnya, saat menjadi tuan rumah ajang empat tahunan itu, tagar Jabar Kahiji sempat jadi cibiran semua orang.

3. Persiapan kontingen dengan baik untuk menjaga kemampuan

Impian Jawa Barat Terwujud di PON PapuaPertandingan hari pertama cabang olahraga bulu tangkis PON XX Papua di GOG Waringin, Distrik Abepura, Jayapura, Selasa (5/10/2021). (IDN Times/Ilyas Mujib).

Berbagai persiapan matang memang dilakukan Jabar menuju PON ini. Selain beberapa uji coba, mereka juga menggelar pemusatan latihan untuk mematangkan tim. Selain itu, pembinaan yang konsisten juga memudahkan Jabar punya bank data terbaik.

"Resep Jabar jadi juara umum itu adalah pembinaan konsisten dan mencari atlet bertalenta. Ada kompetisi PPLP yang bisa dimanfaatkan sebagai pencetak atlet muda di Indonesia," ujar RK.

Baca Juga: Ridwan Kamil Belum Bisa Pastikan Besaran Bonus Atlet PON Papua

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya