Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket, Jokowi: Harus Kita Manfaatkan

Indonesia, Jepang, Filipina tuan rumah Piala Dunia Basket

Jakarta, IDN Times - Ajang bergengsi Piala Dunia Basket FIBA 2023 dipastikan bakal digelar di Indonesia. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo beserta jajaran terkait melakukan persiapan sejak dini untuk menyukseskan gelaran internasional tersebut.

"Indonesia, Filipina, dan Jepang terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia FIBA 2023. Ini merupakan kepercayaan dunia internasional kepada negara kita yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya," kata Jokowi, dalam rapat terbatas yang digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, (18/2).

Selain Indonesia, dua negara Asia lainnya, yakni Filipina dan Jepang juga jadi tuan rumah bersama bersama dalam turnamen bola basket paling bergengsi di dunia ini. Tiga negara itu berhasil menang dalam persaingan dengan kandidat lainnya, yakni Argentina dan Uruguay (tuan rumah bersama), Rusia, serta Turki pada Juni 2017.

1. Jokowi ingin segera siapkan organizing committee untuk Piala Dunia Basket 2023

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket, Jokowi: Harus Kita Manfaatkan(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Terkait hal itu, Presiden meminta jajarannya untuk mulai menyiapkan aturan hukum atau regulasi sebagai dasar bagi penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 mendatang di Indonesia. Selain itu, anggaran persiapan dan penyelenggaraan juga harus dialokasikan sejak jauh hari.

"Juga segera disiapkan dan bentuk organizing committee (OC)-nya yang menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif mulai dari perencanaan, penganggaran, kegiatan pra-event termasuk keamanan dan pengamanan, kesehatan, dan lain-lainnya. Juga di dalamnya dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia, memperkenalkan pariwisata, dan lain-lain," ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

2. Indonesia punya fasilitas yang cukup baik untuk digunakan Piala Dunia Basket 2023

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket, Jokowi: Harus Kita ManfaatkanHall Basket di Kompleks Olahraga Gelora bung Karno Jakarta. gbk.id

Lebih jauh, Presiden juga ingin memastikan bahwa loka penyelenggaraan ajang empat tahunan tersebut di Indonesia dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh FIBA, termasuk fasilitas-fasilitas pendukung bagi publik selama penyelenggaraan berlangsung.

Namun, jika menilik hal tersebut, fasilitas nampaknya tak akan jadi masalah bagi Indonesia. Maklum, mereka memiliki sarana olahraga termasuk Hall Basket bertaraf internasional yang cukup baik dan pernah digunakan di ajang Asian games 2018, tepatnya di area Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno.

3. Jokowi ingin timnas basket yang kuat untuk tampil di Piala Dunia 2023

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket, Jokowi: Harus Kita ManfaatkanPara pemain memberikan tepuk tangan kepada penonton usai beruji coba. IDN Times/Doni Hermawan

Tentu Jokowi tak ingin hanya melihat kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia saja. Tak kalah penting, tim nasional bola basket Indonesia juga dimintanya untuk segera disiapkan agar dapat berkompetisi dengan tim-tim nasional lainnya di masa mendatang.

"Saya juga minta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka Piala Dunia basket 2023 yang akan datang," tutup Jokowi.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya