Comscore Tracker

Ingin Tampil di FIBA World Cup 2023, Indonesia Bakal Bawa Pelatih Top

Rajko Toroman direkomendasikan untuk melatih Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia bakal menjadi tuan rumah bersama di turnamen basket antar negara tertinggi di dunia, yakni FIBA World Cup 2023 mendampingi Jepang dan Filipina. Hanya saja, Timnas Indonesia tak serta-merta bakal tampil sebagai peserta dalam ajang tersebut.

Sebab, FIBA memberikan syarat kepada tim nasional Indonesia untuk segera mengejar ketertinggalan dari kontestan di FIBA World Cup agar kekuatannya tak timpang. Hal itulah yang membuat FIBA dan Perbasi membuat rencana jangka panjang untuk mengembangkan Timnas Indonesia sampai 2021, sampai dinilai layak masuk Piala Dunia.

Baca Juga: Jadi Kampiun di ASEAN Basketball League, BTN CLS Knights Diguyur Bonus

2. Indonesia bakal menjalankan action plan 2021 demi wujudkan impian tampil di FIBA World Cup

Ingin Tampil di FIBA World Cup 2023, Indonesia Bakal Bawa Pelatih TopInstagram/@perbasi.ina

Dalam tiga tahun tersebut, Timnas Basket Indonesia akan melakukan pelbagai program agar dinilai layak dan pantas untuk bisa mengembangkan basket Tanah Air. Caranya, dengan mendatangkan pelatih berkualitas internasional.

“Kami mendapat usulan kandidat pelatih asal Serbia, Coach Rajko Toroman, untuk menangani Timnas Putra Indonesia," kata Sekjen PP Perbasi sekaligus penanggung jawab action plan 2021, Budisatrio Djiwandono, dalam rilis yang diterima IDN Times.

2. Indonesia isyaratkan untuk membawa Rajko Toroman

Ingin Tampil di FIBA World Cup 2023, Indonesia Bakal Bawa Pelatih Topsports.inquirer.net

Jika melihat CV sang pelatih, Toroman tentu bisa dibilang bukan pelatih abal-abal. Ia tercatat pernah menangani Timnas Yugoslavia sebagai asisten pelatih, dan pelatih kepala Timnas Indonesia U-22 negara yang sama dilatihnya itu.

Setelah merasa cukup mengambil pengalaman dari negaranya, Toroman memutuskan untuk hijrah dengan melanglang buana ke beberapa tim Eropa hingga Asia, seperti Timnas Filipina atau dua negara asal Timur Tengah, macam Iran dan Yordania.

3. Toromon sempat membawa banyak prestasi saat menukangi tim-tim sebelumnya

Ingin Tampil di FIBA World Cup 2023, Indonesia Bakal Bawa Pelatih Toptiebreakertimes.com

Bersama Coach Toroman, Timnas Iran berlaga di Olimpiade Beijing 2008 dan mengantar Filipina menjadi semifinalis FIBA Asia 2011. Pelatih yang pernah terlibat dalam NBA Summer ini juga membawa klub AL Manama menjadi juara Liga Bahrain.

Erick Thohir, anggota FIBA Central Board yang juga Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mendukung usaha percepatan peningkatan prestasi tersebut.

“Perubahan demi perbaikan dan peningkatan prestasi salah satunya adalah dengan menggunakan pelatih asing berprestasi,” kata Erick.

4. Erick Tohir berjanji carikan sponsor untuk Timnas Indonesia

Ingin Tampil di FIBA World Cup 2023, Indonesia Bakal Bawa Pelatih TopErick Tohir (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Erick berjanji akan memberikan dukungan kepada Tim Merah Putih dalam berjuang di FIBA Asia 2021 Qualifier.

“Untuk memperkuat dukungan, saya dan PP Perbasi akan bersama-sama mencari sponsor dan media partner untuk tim nasional bola basket Indonesia,” ujar Erick, kandidat IOC member.

“Selain untuk SEA Games 2019 yang akan berlangsung di Manila, Filipina pada Desember mendatang, juga kualifikasi FIBA Asia 2021 bisa menjadi ajang pemanasan bagi Indonesia yang akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang,” ujar Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 di Pilpres 2019 itu.

Baca Juga: Temui FIBA, Indonesia Mantap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 

Topic:

  • Sunariyah

Just For You