Jelang F1 Powerboat Championship, Persiapan Terus Digeber

Danau Toba dinilai sebagai sirkuit yang unik

Jakarta, IDN Times - Gelaran bergengsi balapan Formula 1 (F1) Powerboat bakal dihelat pada 25-26 Februari 2023. Segala persiapan juga terus dilakukan, termasuk soal venue hingga sponsor untuk mendukung kesuksesan ajang ini.

Dijadwalkan, ajang Kopiko F1 Powerboat World Championship (H2O) bakal dihelat di Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara. Ajang bergengsi ini rencananya bakal diikuti lebih dari 30 negara untuk bersaing sebagai peserta.

Para pembalap nantinya bakal melahap sirkuit selama 40 menit untuk menentukan yang tercepat. Ajang ini merupakan program yang ada di bawah naungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). 

1. Danau Toba sajikan rute yang unik

Jelang F1 Powerboat Championship, Persiapan Terus DigeberKejuaraan Dunia Perahu Motor (Power Boat) Formula 1 (F1) atau F1 H2O 2023 akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara. (dok. YouTube InJourney)

Bukan tanpa alasan kenapa Danau Toba didapuk sebagai venue F1 Powerboat World Championship. Terlebih, rute yang ditawarkan danau vulkanik terbesar dunia yang sudah diakui sebagai UNESCO Global Geopark ini, menawarkan rute dan landscape yang unik. 

“Para peserta kejuaraan dan pengunjung akan disajikan dengan rute yang unik dan pemandangan Danau Toba yang luar biasa dan tentunya adrenalin tinggi selama perlombaan powerboat berlangsung. Rute unik ini disebabkan oleh lanskap Danau Toba yang merupakan danau vulkanik,” tulis rilis resminya.

Baca Juga: 7 Fakta Seputar F1 Powerboat yang Akan Digelar di Danau Toba

2. Persiapan venue terus dilakukan

Jelang F1 Powerboat Championship, Persiapan Terus DigeberPowerboat F1H2O Championship (instagram.com/f1powerboat)

Sementara, Direktur Marketing dan Experience InJourney Maya Watono mengatakan, rute gelaran F1 Pwerboat World Championship terus digeber agar siap digunakan dalam ajang yang berlangsung kurang-lebih tiga pekan lagi.

“Kami sudah melakukan homoglasi, panjangnya yakni 2,2 kilometer. Bentuknya terunik di dunia karena geografis Danau Toba sebagai danau vukanik. Kami akan bagikan rinciannya sekitar awal Februari,” kata Maya dikutip ANTARA.

Sejauh ini,  Experience InJourney bersama Kementerian PUPR juga sedang melakukan pembuatan tribune dengan kapasitas 2.100 tempat duduk. Tak hanya itu, ada juga pembanguan public viewing di Bukit Pahoda dengan kapasitas sampai 1.500 orang.

3. F1 Powerboat World Championship momentum mendorong industri pariwisata Indonesia

Jelang F1 Powerboat Championship, Persiapan Terus DigeberKejuaraan Dunia Perahu Motor (Power Boat) Formula 1 (F1) atau F1 H2O 2023 akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara. (dok. YouTube InJourney)

Sementara, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, menyebut gelaran F1 Powerboat World Championship jadi momentum mendorong industri pariwisata Indonesia. Tak pelak, mereka menjalin kerja sama dengan beberapa sponsor untuk ikut membantu mempromosikan dan menyukseskan ajang ini.

Beberapa perusahaan itu adalah PT Wilmar, PT Sinar Mas, Asosiasi Semen Indonesia, PT Musim Mas, PT Parna Raya, hingga PT Mayora Indah yang digandeng untuk jadi official titling hingga ajang ini dinamai Kopiko F1 Powerboat World Championship. 

“Sebagai produk lokal yang telah Go International, dukungan Kopiko di kompetisi internasional sebagai sponsor utama semakin memperkuat posisi sebagai Kopi Nomor 1 di Dunia,” tulis pernyataan mereka.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Nonton F1 Powerboat di Danau Toba

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya