Comscore Tracker

Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di Istana

Indonesia raih emas lagi di Paralimpiade setelah 41 tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo, memberikan apresiasi kepada kontingen Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Ia pun memberikan selamat dan ucapan terima kasih langsung kepada atlet melalui panggilan video pada Minggu (5/9/2021).

"Saya mewakili seluruh masyarakat Indonesia, mengucapkan selamat untuk medali emas cabang para bulu tangkis ganda putri dan ganda campuran (di Paralimpide),” kata Jokowi kepada para pemain yang mendapatkan medali di cabang olahraga tersebut.

Baca Juga: Jokowi: Tak Ada yang Bisa Hentikan Leani di Paralimpiade Tokyo

1. Jokowi senang Indonesia bisa meraih emas lagi di Paralimpiade usai menunggu 41 tahun

Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di IstanaAtlet Para Badminton Indonesia Leani Ratri Oktila (bwfbadminton.coml)

Jokowi begitu bersyukur, para atlet yang bertanding sudah memberikan yang terbaik untuk tanah air. Sehingga, mereka bisa meraih prestasi tertinggi untuk Indonesia dengan membawa pulang medali emas, yang sudah tak pernah dirasakan kontingen Indonesia dalam beberapa puluh tahun terakhirnya.

"Ini kabar yang sangat, sangat menggembirakan. Sangat membanggakan kita semuanya. Setelah 41 tahun, akhirnya kita bisa mendapatkan kembali medali emas di Paralimpiade. Dan langsung dua emas,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

2. Jokowi sebut atlet para bulu tangkis bermain sangat bagus di final

Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di IstanaPasangan ganda campuran para badminton Indonesia, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila (Instagram.com/oktila_lr)

Jokowi sendiri mengatakan dirinya mengikuti perkembangan atlet-atletnya yang bertanding di ajang empat tahunan tersebut, termasuk dalam final para bulu tangkis ganda putri dan ganda campuran. Ia merasa para pemain menunjukkan perjuangan snagat luar biasa dalam pertandingan.

"Saya tak bisa banyak berkomentar. Ini luar biasa sekali, penampilan yang sangat baik ditunjukkan mereka (ganda putri) kemarin dan hari ini (ganda campuran),” beber Jokowi.

“Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih. Saya tunggu semuanya di Istana,” lanjut dia.

Baca Juga: Momen Baper Atlet Paralimpiade Dilamar Kekasih di Lapangan

3. Jokowi tunggu atlet-atlet di Istana

Jokowi ke Atlet Paralimpiade RI: Saya Tunggu Semuanya di IstanaTangkapan layar saat Jokowi melakukan video call dengan atlet dan official yang bertanding di Paralimpiade 2020 Tokyo. (IDN Times/Ilyas Mujib).

Indonesia sendiri tampil cukup baik di ajang Paralimpiade kali ini. Menurunkan wakilnya di tujuh cabang olahraga, beberapa di antaranya berhasil menyumbangkan medali bagi tanah air, masing-masing dari atletik, tenis meja, powerlifting, hingga para bulu tangkis.

Atletik mampu menumbangkan perunggu lewat Sapto Yoga Purnomo di nomor lari jarak pendek putra. Satu perunggu lainnya dihasilkan pasangan ganda putra, Suryo Nugroho dan Fredy Setiawan di cabang olahraga tenis meja.

Sedangkan, cabang olahraga angkat beban mampu menyumbangkan satu perak lewat Ni Nengah Widiasih. 

para bulu tangkis jadi cabang olahraga yang paling banyak mendulang medali untuk Indonesia di Paralimpiade 2020 Tokyo. Selain emas dari Leani Ratri/Khalimatus dan Hary/Leani Ratri, satu perak dipersembahkan Leani Ratri dan Dheva Anrimusthi. Sedangkan, Suryo Nugroho dan Fredy Setiawan masing-masing  berhasil menyumbangkan perrunggu.

Baca Juga: Tunggal Putra RI Sumbang 2 Medali Paralimpiade Tokyo

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya