Comscore Tracker

Kalah dari Kento Momota, Anthony Ginting Nirgelar di Tahun 2019

Tunggal putra tak pernah meraih gelar sejak Superseries 2008

Jakarta, IDN Times - Anthony Sinisuka Ginting gagal menjadi juara dalam ajang BWF World Tour Final 2019 usai menyerah di tangan wakil Jepang Kento Momota melalui perjuangan keras hingga rubber set dengan skor 17-21, 21-17, dan 21-14 dalam laga yang digelar di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Minggu (15/12).

Hasil itu sekaligus membuat Anthony Ginting gagal menorehkan sejarah sebagai pebulu tangkis pertama Indonesia di nomor tunggal putra yang jadi kampiun sejak era Superseries Finals pertama kali digelar 2008 silam.

Pad set pertama, pemuda asal Cimahi tersebut tampil cukup tenang. Ia mampu memberikan serangan-serangan berbahaya ke lawannya. Hal itu membuat Kento Momota kesulitan sepanjang set sehingga akhirnya gim pertama berhasil diselesaikan Anthony Ginting dengan skor 17-21.

Memasuki set kedua, Kento Momota perlahan bangkit dan mula meninggalkan Anthony Ginting 9-5. Namun, Anthony Ginting tak panik, ia perlahan terus memperkecil skor hingga bisa menyamakan kedudukan menjadi 9-9. Hal itu membuatnya tampil di atas angin sehingga mampu berbalik unggul menjadi 9-11. Aksi saling susul poin pun akhirnya dimenangkan Kento Momota pada set kedua dengan skor 21-17.

Pada set penentu, pertandingan berjalan lebih menegangkan. Maklum, kedua pemain tak pernah terpaut poin yang cukup jauh sampai 5-4. Anthony Ginting mulai bisa meninggalkan jauh Kento Momota hingga jeda set ketiga yakni 5-12. Namun, jarak skor kembali menipis jadi 11-12.

Pemain berusia 23 tahun itu balik ditekan oleh Kento Momota hingga tertinggal 18-14 dalam poin poin penentuan. Ginting sebetulnya berusaha untuk bengkit kembali mengejar poin tertinggal. Namun, hal itu sia-sia lantaran ia harus mengakui keunggulan Kento Momota dengan skor 21-14.

Hasil ini membuat Anthony Ginting gagal memutus rekor minor yang diraih nomor tunggal putra Indonesia. Terlebih, pebulu tangkis Indonesia juga sulit masuk final di nomor tersebut sejak era Supereries Finals hingga World Tour Finals bergulir.

Terakhir, hanya Tommy Sugiarto yang berhasil meraih prestasi yang sama dengan Anthony Ginting, yaitu mencapai final pada edisi 2013. Namun, saat itu Tommy harus puas jadi runner up karena kalah dengan skor 10-21, 12-21 dari legenda asal Malaysia, Lee Chong Wei.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hajar Chen Long, Anthony Ginting Lolos ke Final BWF Finals 2019!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You