Kapten Persija U-16 Raih Perunggu di SEA Games Lewat Cabor Muay Thai!

Uchida Sudirman bisa berprestasi dalam tiga olahraga berbeda

Jakarta, IDN Times - Pemain muda Persija, Muhammad Uchida Sudirman, mampu mengharumkan nama bangsa pada ajang SEA Games 2019.

Uniknya, bukan lewat sepak bola, melalui cabor muay thai kapten tim Persija U-16 meraih medali perunggu di Subic Exhebition and Convention Center, Subic, Filipina, Rabu (4/12).

“Alhamdulliah semua karena Allah SWT. Semoga suatu saat bisa kembali mungkin dalam cabang olahraga berbeda dan mendapat medali emas,” kata Uchida yang tampil pada nomor Waikrui Mai, bersama rekannya Lorens Walun, dikutip dari laman resmi Persija.

1. Uchida baru memulai olahraga muay thai saat 2015 lalu

Kapten Persija U-16 Raih Perunggu di SEA Games Lewat Cabor Muay Thai!Pemain Persija U-16, Muhammad Uchida Sudirman. twitter/@Persija_Jkt

Uchida sendiri memang belum lama menggeluti olahraga tersebut. Sejak umur 13 tahun, pemain kelahiran Jakarta itu mulai menggeluti muay thai. Namun, potensi yang ia tunjukkan ternyata membawanya bisa meraih prestasi hingga sampai saat ini.

"Sebenarnya saya jadi atlet muay thai sejak tahun 2015, namun semenjak punya kontrak profesional sama Persija jadi saya lebih fokus ke bola,” ujar dia melanjutkan.

Baca Juga: Catat! Jadwal Main Kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Hari Ini

2. Uchida juga sempat berprestasi saat menggeluti Wushu

Kapten Persija U-16 Raih Perunggu di SEA Games Lewat Cabor Muay Thai!theculturetrip.com

Prestasi dalam olahraga yang berbeda ternyata sudah pernah ditorehkan oleh Uchida dalam beberapa tahun ke belakang. Saat usianya baru menginjak delapan tahun, ia pernah meraih perunggu pada kejuaraan dunia wushu junior 2010 di Beijing.

Uchida sendiri memang selalu dekat dengan olahraga sejak kecil. Maklum, ia dibesarkan dari keluarga atlet. Ayahnya, Sudirman Kadir Nur tercatat pernah aktif dalam olahraga karate.

3. Uchida sebut sepak bola dan muay thai olahraga yang mengandalkan full body contact

Kapten Persija U-16 Raih Perunggu di SEA Games Lewat Cabor Muay Thai!Pemain Persija U-16, Muhammad Uchida Sudirman. pssi.org

Lebih jauh, pemain yang membela Persija U-16 dan U-18 yang berlaga di Liga Elite Pro Akademi U-16 dan U-18 ini mengaku tidak mengalami kendala ketika menggeluti cabang olahraga yang berbeda. Menurut dia, kedua cabang olahraga ini dinilai mantan atlet karate ini juga memiliki kesamaan.

“Keduanya sama-sama olahraga full body contact. Sama persis dengan sepak bola. Jadi dua olahraga ini punya keterikatan dan sangat menunjang saya dalam menekuni keduanya,” kata Uchida, yang membagi waktu latihan bersama Persija dan muay thai untuk persiapan SEA Games 2019 ini.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: [LINIMASA] Keping Medali yang Dimenangkan Indonesia di SEA Games 2019!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya