Comscore Tracker

Karsten Warholm Pecahkan Rekor Dunia Lari Gawang 400 Meter

Warholm sumbang medali emas untuk Norwegia di Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Cabang olahraga atletik kembali mencatatkan rekor dunia di Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini, atlet Norwegia, Karsten Warholm menjadi manusia tercepat pada nomor lari gawang 400 meter putra.

Mentas di final lari gawang 400 meter, Warholm berhasil finish paling depan meninggalkan para pesaingnya di negara lain. Ia mencatatkan waktu 45,94 detik dalam perlombaan yang digelar di Stadion Nasional Tokyo, Selasa (3/78/2021) pagi.

Baca Juga: Para Jagoan Atletik Terbaik Indonesia yang Diorbitkan Bob Hasan

1. Sudah lewati rekor Olimpiade yang sebelumnya dipecahkan Kevin Young

Karsten Warholm Pecahkan Rekor Dunia Lari Gawang 400 MeterKarsten Warholm pecahkan rekor dunia di cabang olahraga atletik nomor lari gawang Olimpiade Tokyo 2020. (westport-news.com).

Sprinter Amerika Serikat, Rai Benjamin menguntit Warholm di posisi kedua dengan catatan waktu 46,17 detik. Sedangkan, wakil Brasil, Alison Santos (perunggu), ada diperingkat tiga dengan waktu 46,72 detik.

Hasil tersebut membuat Warholm dipastikan meraih medali emas Olimpiade edisi kali ini. Sementara, medali perak otomatis diterima Benjamin dan perunggu digondol Santos. 

Catatan waktu Warholm ini juga memastikannya melewati capaian sprinter Amerika Serikat, Kevin Young di Olimpiade nomor lari gawang 400 meter. Sebelumnya Young memegang rekor Olimpiade dengan catatan waktu 46,78 detik saat mentas di ajang empat tahunan edisi 1992.

Baca Juga: Gagal Tembus Semifinal Olimpiade, Zohri: Ada Masalah Starting Blok

2. Tak bisa dikejar sprinter Amerika Serikat

Karsten Warholm Pecahkan Rekor Dunia Lari Gawang 400 MeterKarsten Warholm pecahkan rekor dunia di cabang olahraga atletik nomor lari gawang Olimpiade Tokyo 2020. (s.rfi.fr).

Saat memulai aksinya, Warholm memang langsung mengeluarkan kekuatannya sejak keluar dari starting block. Ia begitu percaya diri lari dengan kencang dan sudah menunjukkan kecepatannya lebih baik dari lawan-lawannya. Tak satupun bisa mengejarnya hingga 100 meter melakukan sprint.

Perlahan, Rai Benjamin mulai bisa mengejarnya. Ia begitu agresif melewati tiap rintangan gawang yang ada. Namun, kecepatan Warholm memang sulit dikejar. Hingga garis finih, Rai Benjamin masih tertinggal. Namun, catatannya adalah yang terbaik yang pernah dilakukan sepanjang karier berlarinya.

Warholm yang belum mengetahui dirinya kembali memecahkan rekor, sempat terkejut setelah melihat catatan waktunya. Ia pun tak mampu membendung emosi kebahagiaannya dengan merobek seragam yang dikenakan dalam lari gawang nomor 400 meter itu.

3. Catatan rekor Warholm yang bakal sulit dipecahkan

Karsten Warholm Pecahkan Rekor Dunia Lari Gawang 400 MeterKarsten Warholm pecahkan rekor dunia di cabang olahraga atletik nomor lari gawang Olimpiade Tokyo 2020. (japantimes.com).

Sprinter berusia 25 tahun ini dengan demikian bisa melewati catatan waktu terbaiknya saat tampil di babak semifinal 1 Agustus 2021. Ia sebelumnya mampu memecahkan rekor dunia lari gawang 400 meter dengan raihan waktu 46,70 detik. 

Kini, ia berhasil memperbaharui rekor dunia lari gawang 400 meter. Tak tanggung-tanggung, ia memperbaiki kecepatannya dengan selisih waktu 0,76 detik dalam Olimpiade Tokyo 2020. Catatan itu nampaknya bakal sulit dilampaui atlet lainnya hingga beberapa waktu ke depan.

Baca Juga: Atletik Indonesia Dikepung Kekurangan Fasilitas dan Popularitas

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya