Klasemen SEA Games 2021: Indonesia Merangsek ke Posisi 2

Kontingen Indonesia sudah meraup 13 emas

Jakarta, IDN Times - Indonesia merangsek ke peringkat dua klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2021 Vietnam. Mereka berhasil menggeser posisi Malaysia yang sebelumnya mengoleksi 13 medali emas hingga hari ketiga ajang multievent ini. 

Hingga Sabtu (14/5/2022) pukul 18.00 WIB, kontingen Indonesia total sudah meraup 32 medali dengan rincian, 13 emas, 15 perak dan empat perunggu. Mereka unggul delapan perak dari Malaysia yang berada di peringkat tiga.

Sementara, Vietnam masih kokoh di puncak klasemen dengan catatan 33 emas, 20 perak, dan 28 perunggu.

1. Dayung sumbang 4 emas di SEA Games 2021 hari Sabtu

Klasemen SEA Games 2021: Indonesia Merangsek ke Posisi 2Podium cabor dayung di SEA Games 2021 (dok. NOC Indonesia)

Cabang olahraga dayung lagi-lagi memberikan kontribusi maksimal dalam meraih medali di SEA Games hari ini. Tak tanggung-tanggung, empat emas berhasil disabet dalam beberapa nomor.

Denri M Al Ghiffari/Ferdiansyah berhasil menyumbangkan satu emas nomor men's pair. Emas kedua dayung diraih Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan yang menang di nomor men's lightweight pair. 

Baca Juga: Fantastis! Dayung Sumbang 4 Emas Bagi Indonesia di SEA Games Hari Ini

2. Wushu juga sumbang dua emas

Klasemen SEA Games 2021: Indonesia Merangsek ke Posisi 2Instagram.com/edgarmarvelo

Selain mereka, Ihram juga mampu menggondol emas di nomor men’s lightweight single sculls. Dan, emas keempat diraih Edwin Ginanjar Rudiana/Sulpianto/Rifqi Harits Taufiqurahman yang terjun di nomor men's quadruple sculls.

Selain dayung, dua emas lainnya dihasilkan dari cabang olahraga wushu di SEA Games kali ini. Seraf Naro Siregar menyumbangkan emas di nomor men’s taolu daoshu+gunshu dan Alisya Mellynar yang mentas di nomor women's taolu taijiquan.

Sementara, sebanyak enam medali perak juga diraih di pertandingan SEA Games pada Sabtu ini. Perak itu diraih Inge Prasetyo (triathlon-women's individual triathlon), Chelsea Corputty/Syiva Lisdiana/Aisah Nabila (Rowing-women's lightweight coxless four), Nicholas (wushu-men's taolu taijijian).

3. Total ada 6 emas, 6 perak, dan dua perunggu diraih atlet Indonesia

Klasemen SEA Games 2021: Indonesia Merangsek ke Posisi 2Upacara pembukaan SEA Games 2021 (YouTube.com/Entertainment - Mediacorp)

Lalu ada juga Edgar Xavier Marvelo (wushu-men's taolu daoshu +gunshu), Harris Horatius (wushu-men's taolu nanquan), Mutiara Rahma Putri/Melani Putri (rowing-women's lightweight double sculls) yang meraih medali perak.

Lalu dua medali perunggu juga berhasil dipersembahkan atlet-atlet Indonesia. Ronald Setiawan Bintang meraupnya di cabang olahraga triathlon-men's individual triathlon dan Sunardi Muliawan di cabor jujitsu-men's U 62kg-GI. 

Indonesia pun masih punya potensi meraih emas di SEA Games cabang olahraga lainnya. Masih banyak atlet-atlet yang belum unjuk gigi di ajang yang digelar di Vietnam ini.

Baca Juga: SEA Games 2021: Kisah Pilu Atlet Vietnam, Raih Emas Saat Ayah Wafat  

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya