Comscore Tracker

KONI Sebut Venue di PON Papua Sudah Siap, Kekurangan Segera Selesai

Media Center di Kabupaten Jayapura dinilai sangat baik

Jakarta, IDN Times - Komite Olahraga Nasional (KONI) berharap, seluruh venue pertandingan yang bakal digunakan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, bisa 100 persen selesai jelang pembukaan ajang tersebut pada 2 Oktober 2021.  

Sekretaris Jenderal KONI, TB Adi Lukman, mengatakan sebetulnya mayoritas venue pertandingan sudah hampir selesai. Menurut dia, jika ada kekurangan-kekurangan yang masih terlihat, itu bakal segera dirampungkan sebelum ajang ini resmi dibuka. 

"Saya rasa, tak ada isu-isu lagi tentang kekurangan venue menjelang pertandingan. Semua bisa diselesaikan dengan baik, setiap venue nantinya sudah bisa ditonton maksimal 25 persen dari kapasitas tempat duduk yang ada," kata Adi dalam rilis resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Sabtu (25/9/2021). 

Baca Juga: PON Papua Diharapkan Jadi Tempat Mekarnya Talenta Baru

1. Media Center di Kabupaten Jayapura setara dengan Medcen Asian Games

KONI Sebut Venue di PON Papua Sudah Siap, Kekurangan Segera SelesaiPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Untuk melihat kesiapan Papua sebagi tuan rumah, KONI melakukan kunjungan ke beberapa venue pertandingan dan fasilitas pendukung lainnya. Mereka pun mengapresiasi fasilitas Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua klaster Papua di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Kunjungan ke lokasi tersebut dilakukan TB Adi dan Waketum KONI Chris John, Sekjen KONI TB Adi Lukman, serta Kadinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griafon. Mereka sepakat, media center yang disediakan dinilai sangat baik.

"Media center ini sangat berkelas, bagus, dan tidak kalah dengan Media Center Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta. Saya sangat mengapresiasi," ujar TB Adi. 

2. Media center diharapkan bisa mendukung pemberian informasi soal pelaksanaan PON

KONI Sebut Venue di PON Papua Sudah Siap, Kekurangan Segera SelesaiPekerja bersiap memasang fasilitas penerangan di kawasan Venue PON XX Papua, Kampung Harapan, Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Adi berharap, keberadaan media center tersebut dapat mendukung kesuksesan PON Papua. Menurut dia, dukungan media center bermanfaat untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat terkait pelaksanaan ajang olahraga nasional bergengsi tersebut. 

Walhasil, ia ingin KONI, PB PON, dan Kominfo bisa bersinergi untuk menyukseskan ajang ini, baik secara prestasi, penyelenggaraan, maupun administrasi. 

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyiapkan layanan jaringan telekomunikasi dan fasilitas media center untuk penyelenggaraan PON XX Papua. 

Sejak 19 September 2021, Kementerian Kominfo dan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura memfasilitasi keberadaan media center PON XX Papua 2021 Klaster Kabupaten Jayapura. 

3. Banyak fasilitas pendukung yang disediakan di media center

KONI Sebut Venue di PON Papua Sudah Siap, Kekurangan Segera SelesaiSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Fungsi Media Center Kominfo PON XX Klaster Kabupaten Jayapura untuk mendukung media center yang ada di PB PON, dalam hal pemberitaan PON XX Papua 2021, khususnya di klaster Kabupaten Jayapura. 

Untuk fasilitas yang tersedia di media center tersebut, terdapat working area yang ditunjang sinyal wifi dengan daya tampung 75 orang dan komputer 10 unit. 

Bagi para jurnalis dan tamu yang berkunjung di media center juga dapat menikmati layanan pijat refleksi. Ruangan lain yang tak kalah pentingnya adalah ruang press conference dengan kapasitas 30 orang dengan fasilitas streaming.

Selain itu, di setiap sudut ruangan media center juga disediakan tayangan TV yang langsung menayangkan beberapa pertandingan dari venue

Di samping Klaster Kabupaten Jayapura, Kominfo juga menyediakan media center PON XX Papua di Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

Baca Juga: Menhub Tinjau Infrastruktur di Jayapura-Merauke Jelang PON XX Papua

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya